• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Fakta Penting Penyakit Hepatitis B yang Perlu Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Fakta Penting Penyakit Hepatitis B yang Perlu Diketahui

7 Fakta Penting Penyakit Hepatitis B yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 September 2022

“Hepatitis B merupakan penyakit hati yang sudah menyerang banyak orang dan mengakibatkan kematian yang tinggi di seluruh dunia. Mengetahui fakta-fakta penting mengenai hepatitis B penting agar bisa mewaspadai dan mencegahnya.”

7 Fakta Penting Penyakit Hepatitis B yang Perlu Diketahui7 Fakta Penting Penyakit Hepatitis B yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Hepatitis B adalah infeksi hati serius yang umum terjadi di banyak negara. Penyakit ini disebabkan ini disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV) yang sangat menular.

Meskipun kebanyakan pengidap bisa sembuh dari hepatitis B, tapi orang dengan kekebalan yang lemah bisa mengalami infeksi kronis yang berujung pada berbagai komplikasi serius. Itulah mengapa penting untuk mengenal lebih jauh tentang hepatitis B agar kamu bisa mewaspadai penyakit tersebut.

Yuk simak beberapa fakta mengenai hepatitis B yang perlu diketahui di sini!

Fakta Hepatitis B yang Perlu Diketahui

Berikut fakta penting hepatitis B yang perlu diketahui:

1. Sudah Menginfeksi Jutaan Orang di Dunia

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Hepatitis B sudah menyerang sekitar 296 juta orang di seluruh dunia pada tahun 2019, termasuk lebih dari 6 juta anak di bawah usia 5 tahun. Penyakit hati ini tidak boleh diremehkan karena sudah menjadi penyumbang terbesar kematian setiap tahunnya, yaitu sekitar 820.000 kematian per tahun. 

2. Penyebab Utama Kanker Hati

Hepatitis B adalah penyebab utama kanker hati secara global. Sebanyak 25 persen dari infeksi hepatitis B kronis berkembang menjadi kanker hati. Penyakit ini juga menjadi penyebab utama kedua kematian akibat kanker di dunia, di samping penyakit jantung dan kecelakaan lalu lintas.

Selain kanker hati, hepatitis B juga bisa menyebabkan masalah kesehatan serius lainnya, yaitu kerusakan hati, sirosis (jaringan parut pada hati), dan gagal hati.

3. Lebih Menular dari Virus HIV

Tahukah kamu virus hepatitis B 100 kali lebih menular daripada virus HIV? Hal itu karena infeksi hati tersebut sangat mudah menular melalui kontak darah atau cairan tubuh lainnya yang terinfeksi, seperti air mani atau cairan vagina. Setelah terinfeksi virus, sekitar 10 persen orang mengalami infeksi kronis permanen.

4. Tidak Menular Melalui Ciuman

Meskipun virus bisa ditemukan dalam air liur, hepatitis B diyakini tidak menular melalui ciuman atau kontak kasual, seperti berpelukan atau bergandengan tangan. Virus tersebut juga tidak menular melalui percikan liur saat pengidap batuk atau bersin, maupun berbagi peralatan makan. 

Hepatitis B bisa ditularkan melalui cara-cara berikut:

  • Berhubungan seks tanpa kondom.
  • Berbagi jarum suntik.
  • Persalinan.
  • Berbagi anting, pisau cukur, sikat gigi dengan orang yang terinfeksi.
  • Menggunakan jarum yang tidak steril, ketika tato atau tindik.

5. Bisa Dicegah

Kabar baiknya, hepatitis B bisa dicegah dengan vaksinasi. CDC dan American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar semua bayi, anak-anak dan remaja sampai usia 18 tahun menerima vaksin HBV. 

Vaksin tersebut juga direkomendasikan untuk semua orang dewasa yang mungkin berisiko tinggi terkena infeksi. Ingat, hanya butuh 3 suntikan untuk memberi perlindungan seumur hidup.

6. Penularan pada Bayi Baru Lahir Bisa Dicegah dengan Vaksin 

Masih ada harapan bagi wanita yang mengidap hepatitis B yang sedang hamil untuk tidak menularkan virus ke bayi mereka ketika melahirkan nanti. Caranya adalah dengan memberikan vaksin HBV pada bayi segera setelah ia lahir, yaitu dalam waktu 24 jam. Cara tersebut dipercaya bisa mencegah bayi tertular infeksi hati tersebut dari ibunya.

7. Hepatitis B Penyebab Kematian Bayi di Dunia

Tahukah ibu bahwa hepatitis B bertanggung jawab atas kematian banyak bayi di seluruh dunia lebih daripada HIV dan malaria? Penularan virus dari ibu ke bayi menjadi sumber utama infeksi hepatitis kronis di seluruh dunia.

Bila tidak divaksinasi, 9 dari 10 bayi yang terinfeksi hepatitis B saat lahir akan berkembang menjadi infeksi HBV kronis. Itulah mengapa CDC menganjurkan agar dosis pertama vaksin HBV untuk diberikan segera setelah bayi lahir.

Itulah beberapa fakta penting hepatitis B. Selain vaksinasi, memeriksakan kesehatan secara berkala juga penting untuk pencegahan hepatitis B. Terutama bagi orang-orang yang berisiko tinggi terkena penyakit tersebut. Dengan begitu, hepatitis B bisa diketahui lebih awal dan mendapatkan penanganan secepatnya sebelum penyakit berkembang.

Nah, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, kamu bisa buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Fast Facts on Global Hepatitis B.
Med India. Diakses pada 2022. Must Know Top Ten Facts about Hepatitis B Virus (HBV).
Hepatitis B Foundation. Diakses pada 2022. Hepatitis B Fast Facts Everything you need to know in 2 minutes or less!