• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Fakta tentang Bayi Baru Lahir yang Jarang Diketahui

7 Fakta tentang Bayi Baru Lahir yang Jarang Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
7 Fakta tentang Bayi Baru Lahir yang Jarang Diketahui

“Kelahiran sang buah hati ke dunia tentu menjadi kegembiraan tak tergantikan bagi orangtuanya. Banyak sekali hal-hal menakjubkan tentang Si Kecil yang tentunya akan selalu membuat ibu dan ayah kagum dengan dirinya. Berikut ulasannya.”

Halodoc, Jakarta - Meski baru saja menjadi penghuni baru dunia, bayi sudah memiliki banyak hal unik tentang dirinya untuk kedua orangtuanya. Tak hanya suara tangisnya yang menjadi penanda haus, lapar, ngantuk, atau ada yang keliru pada tubuhnya. Banyak sekali fakta menarik tentang bayi baru lahir yang nyatanya belum diketahui orangtua. 

Misalnya, mata bayi memiliki ukuran mata sekitar 70 persen dari ukuran yang dimiliki oleh orang dewasa. Lalu, mata bayi baru lahir memiliki panjang 16,5 milimeter, sementara mata orang dewasa panjangnya sekitar 24 milimeter. Nah, apa lagi fakta unik lain yang dimiliki oleh bayi baru lahir? 

  • Kotoran Pertama Tidak Berbau

Kotoran pertama bayi baru lahir tidak berbau. Ini dikarenakan bayi belum memiliki bakteri usus yang membuat bau pada kotoran. Selama di dalam perut ibu, bayi juga hanya mengonsumsi cairan dari rahim ibu, sehingga bau kotoran pertamanya sama sekali tidak ada. Nanti setelah bayi menyusui, bakteri akan mulai hidup di dalam ususnya, dan setelah dua atau tiga hari, buang air besar bayi akan menjadi hijau, kuning, dengan bau yang familiar. 

Baca juga: Stres Karena Anak Tantrum, Atasi dengan Cara Ini

  • Bayi Terkadang Berhenti Bernapas

Saat sedang tidur, ternyata ada kemungkinan bayi berhenti bernapas selama 5 sampai 10 detik. Pernapasan tidak teratur ini normal kok, bu. Namun, jika bayi berhenti bernapas untuk waktu yang lebih lama atau wajah dan tubuhnya berubah menjadi biru, ibu perlu waspada. Saat bayi bersemangat atau setelah menangis, mereka mungkin mengambil lebih dari 60 napas dalam satu menit.

Jika ibu mendapati bayi tidak bernapas dalam waktu lama hingga muka dan tubuhnya membiru, segera tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Jika memang dibutuhkan, ibu bisa langsung membuat janji di rumah sakit sehingga pengobatan bisa segera dilakukan. Jadi, pastikan ibu sudah download aplikasi Halodoc, ya!

  • Amandel Bayi Memiliki Pengecap

Meskipun bayi memiliki jumlah sensor rasa yang hampir sama dengan anak-anak dan orang dewasa yang lebih muda, sensor pada bayi yang baru lahir mencakup lebih banyak area, termasuk amandel dan bagian belakang tenggorokan. 

Bayi baru lahir bisa merasakan manis, pahit, dan asam, tetapi tidak asin (sampai sekitar 5 bulan). Ketika bayi mulai mengonsumsi makanan padat, mereka akan cenderung menyukai makanan yang sama yang dikonsumsi ibu saat hamil dan menyusui.

Baca juga: 7 Tips Dasar Merawat Bayi Baru Lahir

  • Menangis Tanpa Air Mata pada Awal Kehidupannya

Bayi mulai menangis sekitar 2–3 minggu, tetapi air mata tidak muncul sampai mereka berusia sekitar satu bulan. Puncak atau kuantitas menangis paling sering terjadi sekitar 46 minggu setelah kelahiran atau ketika usia bayi menginjak 6–8 minggu jika lahirnya cukup bulan. 

  • Bayi Baru Lahir Memiliki Payudara

Bayi baru lahir, baik laki-laki maupun perempuan bisa terlihat memiliki payudara kecil. Ini terbentuk karena bayi menyerap estrogen dari ibu, dan biasanya akan hilang dalam beberapa minggu. Bayi perempuan juga bisa mengalami haid kecil atau keputihan yang berlangsung selama beberapa hari.

Baca juga: Simak 4 Fakta Newborn yang Perlu Ibu Ketahui

  • Lebih Suka Menghadap ke Kanan

Hanya 15 persen bayi baru lahir lebih suka menoleh ke kiri saat berbaring telentang. Sepertinya itu terkait dengan gen, sama seperti bayi yang memiliki lesung pipit. Biasanya ini berlangsung selama beberapa bulan, dan kondisi tersebut juga dapat membantu menjelaskan mengapa lebih banyak orang mengalami kidal.

  • Memiliki Lebih Banyak Sel Otak Tertentu

Meskipun otak bayi akan membesar lebih dari dua kali lipat ukurannya pada tahun pertama kehidupannya, tetapi bayi sudah memiliki sebagian besar sel saraf yang membawa pesan listrik. Banyak dari neuron ini tidak akan tergantikan sampai meninggal. Jadi, orang dewasa memiliki lebih sedikit sel otak tertentu ketimbang bayi.

Bagaimana, banyak sekali bukan keunikan dan fakta menarik pada bayi baru lahir? Siap-siap untuk terus terkejut dengan hal baru yang mereka bawa sepanjang perjalanan pertumbuhan dan perkembangannya, ya! Jangan lupa, terus berikan dampingan dan bimbingan agar sang buah hati lebih cepat belajar. 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2021. 10 Things You Didn't Know About Babies.
Baby and Child. Diakses pada 2021. 8 freaky facts about babies you didn't know before.