• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Fakta Tentang Vulva yang Harus Dipahami oleh Wanita

7 Fakta Tentang Vulva yang Harus Dipahami oleh Wanita

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
7 Fakta Tentang Vulva yang Harus Dipahami oleh Wanita

“Mendengar kata vagina, mungkin wanita sudah sangat mengenal organ intim tersebut. Namun, bagaimana dengan vulva? Hingga kini pun, masih banyak wanita yang keliru dan rancu dengan perbedaan vagina dan vulva. Padahal, kedua bagian dari organ intim tersebut saling berkaitan. “

Halodoc, Jakarta - Tidak sedikit wanita yang masih belum mengenal lebih dalam tentang organ intim kewanitaannya. Padahal, dengan mengetahui segala bagian dan fungsi dari bagian tersebut dapat sangat membantu jika terjadi masalah dan perlu menjelaskan area yang terkena. 

Salah satu bagian kewanitaan yang perlu mendapatkan perhatian khusus pada setiap wanita adalah vulva. Berikut ini fakta vulva menarik yang perlu diketahui oleh wanita.

Baca juga: 9 Ragam Bentuk Bentuk Miss V

Fakta Vulva Menarik yang Perlu Diketahui Wanita

Ada banyak fakta yang dapat kamu ketahui tentang vulva daripada yang diketahui hingga saat ini. Umumnya, kebanyakan wanita menganggap bagian ini hanya sebagai penjaga gerbang dari vagina. Lipatan-lipatan pada area wanita ini adalah salah satu bagian utama dari anatomi wanita, tetapi masih banyak wanita yang terus menganggap vulva tidak penting. Berikut ini fakta vulva yang perlu diketahui:

1. Vulva Berbeda dengan Vagina

Banyak wanita yang menganggap jika vulva sama saja dengan vagina, padahal faktanya tidak begitu. Vulva mencakup semua bagian luar dari alat kelamin wanita, yaitu labia major dan minor, lubang ke vagina dan uretra, klitoris, mons pubis, hingga anus. Jadi, semua hal yang berada di luar bagian kewanitaan termasuk dalam vulva.

2. Berbeda Bentuk, Ukuran dan Warna pada Tiap Wanita

Salah satu bagian intim dari kewanitaan ini berbeda pada setiap wanita dari segala bentuk, ukuran, hingga warna. Tidak ada standar dari vulva pada setiap wanita, tetapi bagian dasarnya biasanya sama. Bahkan, kedua sisi dari satu vulva bisa saja terlihat berbeda satu satu sama lain. 

Salah satu labia mungkin saja lebih besar atau lebih kecil dari yang lain atau mungkin lebih terang bahkan berbentuk berbeda. Maka dari itu, penting untuk setiap wanita tidak membandingkan bagian tersebut, karena tidak ada kategori ideal atau sempurna untuk hal ini.

Baca juga: Perawatan Area Vulva yang Perlu Diketahui

3. Bisa Saja Berubah Setelah Hamil

Setelah mendorong janin untuk keluar dari tubuh, kemungkinan besar bagian intim wanita dapat berbeda dibandingkan sebelumnya, termasuk juga vulva. Faktanya, hormon kehamilan dapat mengubah ukuran dan bentuk vulva, seperti labia menjadi lebih gelap atau membesar dibandingkan sebelumnya. 

Persalinan normal juga dapat meregangkan labia minora, lipatan dalam yang lebih kecil terletak di dalam labia majora. Semua perubahan ini memang normal adanya.

4. Vulva Memastikan Kesehatan Vagina

Ada banyak masalah yang dapat terjadi pada bagian intim, seperti rambut yang tumbuh ke dalam atau benjolan akibat pisau cukur, tetapi hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika vulva mengalami gumpalan, barulah perlu merasa khawatir. 

Faktanya, infeksi menular seksual seperti herpes kelamin dan HPV, dapat menyebabkan luka pada jaringan vulva. Gangguan pada vulva juga dapat menjadi gejala kanker, seperti benjolan, gatal, hingga perubahan pada kulit. Jika kamu mengalami pertumbuhan atau luka baru di bagian vulva, ada baiknya segera memeriksakan diri.

5. Vulva Area yang Sensitif

Fakta vulva selanjutnya adalah, memiliki kulit yang sensitif. Kulit di area tersebut memiliki sifat yang sensitif, sehingga gampang terkena razor burn. Razor burn merupakan peradangan yang menyebabkan rasa perih, terbakar, terasa sensitif dan kulit yang memerah akibat mencukur rambut di area tersebut. Namun, kondisi tersebut dapat dihindari saat mencukur rambut dalam keadaan lembap setelah mandi. 

6. Area Vulva Mudah Dibersihkan

Fakta vulva selanjutnya adalah, tidak memerlukan perawatan khusus. Pada dasarnya, vulva memiliki kemampuan untuk membersihkan areanya sendiri. Bahkan, kebanyakan kasus iritasi dapat terjadi akibat perawatan berlebihan menggunakan sabun beraroma, atau terlalu keras saat melakukan scrub.

7. Terasa Hangat saat Terangsang

Fakta vulva terakhir adalah, akan terasa hangat ketika terkena rangsangan seksual. Hal tersebut terjadi ketika terjadi sentuhan pada klitoris, karena darah akan mengalir deras ke area bibir vagina, sehingga labia minora terlihat sedikit membengkak dan terasa hangat.

Baca juga: Vulva Membengkak, Apa Penyebabnya?

Itulah beberapa fakta tentang vulva yang perlu diketahui oleh setiap wanita. Dengan mengetahui hal ini, diharapkan setiap wanita benar-benar memperhatikan kesehatan bagian intim kewanitaannya. Jika terjadi gangguan kesehatan di area organ intim wanita, kamu disarankan untuk menemui dokter ahli di rumah sakit terdekat untuk mencegah hal-hal berbahaya yang tidak diinginkan.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:
Health. Diakses pada 2021. 7 Things You Probably Didn’t Know About Your Vulva, but Should.
Jean Hailes. Diakses pada 2021. Five things you didn’t know about vaginas & vulvas — Free health article.