• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Gerakan Pendinginan Setelah Berolahraga
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Gerakan Pendinginan Setelah Berolahraga

7 Gerakan Pendinginan Setelah Berolahraga

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 04 Juli 2022

“Gerakan pendingin setelah olahraga sebaiknya dilakukan 5 sampai 10 menit guna merelaksasi tubuh. Ini dapat dilakukan dengan gerakan berjalan santai, duduk membungkuk dan peregangan tubuh”

7 Gerakan Pendinginan Setelah Berolahraga

Halodoc, Jakarta – Gerakan pendingin setelah olahraga dibutuhkan.  Sebab, saat berolahraga peningkatan detak jantung meningkat. Berhenti bergerak tiba-tiba setelah berolahraga dapat menyebabkan pusing, bahkan pingsan. 

Pendinginan juga berfungsi mempercepat pemulihan setelah berolahraga. Kegiatan ini juga dapat menurunkan intensitas rasa sakit. Lakukan saja selama 5 sampai 10 menit. Akhiri pendinginan dengan peregangan agar tubuh kembali rileks.

Manfaat Gerakan Pendingin Setelah Olahraga

Pendinginan bukan hanya mempercepat proses pemulihan saja. Ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti:

1. Menurunkan Detak Jantung

Berolahraga menyebabkan detak jantung meningkat. Gerakan pendingin dapat mengembalikan detak jantung normal secara bertahap.

Kamu dapat melakukan gerakan secara perlahan dan bertahap selama beberapa menit. Ini dapat membantu tubuh mencegah pusing dan pingsan tiba-tiba.

2. Memperlambat Pernapasan

Peningkatan detak jantung berbanding lurus dengan cepatnya laju pernapasan. Kondisi ini dikenal dengan istilah ‘ngos-ngosan’.

Jika hal tersebut kamu alami, ini adalah tanda bahwa tubuh bekerja keras dalam membakar kalori. Melakukan pendinginan dapat membantu ritme napas kembali normal seperti sebelum memulai berolahraga.

3. Mencegah Cedera

Pendinginan setelah berolahraga dapat membantu mencegah cedera seperti robekan otot. Ini juga dapat mempercepat pemulihan otot setelah latihan angkat beban.

4. Menghilangkan Stres dan Relaksasi

Berolahraga dapat menunjang kesehatan fisik dan kognitif seseorang. Saat pendinginan, tubuh mulai memasuki suasana relaks. 

Kemudian, otak mulai melepaskan dopamin dan serotonin. Keduanya adalah hormon yang memicu perasaan senang.

Gerakan Pendingin Setelah Olahraga

Gerakan ini dilakukan dalam intensitas lebih rendah dari olahraga. Dengan gerakan lambat, kamu bisa mengambil napas dalam-dalam.

Gerakannya dapat dilakukan dengan:

1. Jogging Ringan atau Berjalan Santai 

Gerakan ini dapat dilakukan setelah olahraga lari. Lakukan jogging ringan selama 3 sampai 5 menit. Kemudian, ikuti dengan berjalan santai selama 3 sampai 5 menit.

2. Peregangan Tubuh Bagian Atas

Dari posisi berdiri atau duduk, rekatkan jari-jari dari kedua tangan dan luruskan tangan ke atas kepala. Gerakan ini bertujuan untuk mempertahankan bentuk tulang belakang agar tetap lurus.

3. Duduk Membungkuk ke Depan

Posisikan tubuh duduk di matras dengan kaki lurus ke depan. Bungkukkan badan ke depan dengan tangan lurus ke kaku. Tahan posisi hingga 1 menit.

4. Pose Lutut ke Dada

Posisikan tubuh berbaring telentang dengan kaki kiri ditekuk hingga mencapai dada. Tahan posisi selama 1 menit. Lakukan secara bergantian dengan sisi kaki lainnya.

5. Pose Kupu-Kupu Berbaring

Posisikan tubuh berbaring dengan menekuk kaki ke arah samping. Kemudian gabungkan kedua telapak kaki. Letakkan tangan di samping tubuh atau di atas kepala. Tahan posisi ini hingga 5 menit.

6. Membungkuk ke Depan dari Kepala ke Lutut

Lakukan gerakan sambil duduk. Luruskan kaki kanan ke depan, dengan kaki kiri ditekuk ke atas paha kanan.

Bungkukkan badan dengan kedua tangan lurus ke depan. Tahan posisi ini hingga 1 menit. Ulangi pada sisi kaki yang berlawanan.

7. Berdiri Membungkuk ke Depan

Lakukan gerakan dari posisi berdiri. Kemudian, bungkukkan badan ke depan. Lemaskan tangan hingga mencapai lantai.

Tangan posisi selama 30 detik. Kemudian kembali ke posisi semula. 

Itulah beberapa gerakan pendingin setelah olahraga. Kamu bisa tanya dokter jika menemukan cedera atau gangguan kesehatan saat melakukannya.

Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. 16 Cooldown Exercises You Can Do After Any Workout.
Very Well Fit. Diakses pada 2022. The Benefits of a Cool Down After Exercise.