• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Hal yang Harus Diperhatikan Usai Anjing Melahirkan

7 Hal yang Harus Diperhatikan Usai Anjing Melahirkan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
7 Hal yang Harus Diperhatikan Usai Anjing Melahirkan

Halodoc, Jakarta - Apakah anjing kesayanganmu kini hendak melahirkan? Memiliki anak anjing yang baru lahir kelihatannya memang menyenangkan. Hewan mungil ini bisa terlihat begitu menggemaskan dan membuat suasana di rumah semakin menyenangkan.

Namun, ada satu hal yang harus kamu ketahui, merawat anak anjing tidak semudah yang dibayangkan. Di samping itu, anjing yang baru melahirkan juga memerlukan perawatan ekstra agar dirinya tetap sehat. Singkat cerita, banyak hal yang mesti diperhatikan usai anjing melahirkan. 

Nah, berikut ini panduan cara merawat anak anjing dan induknya yang baru melahirkan. 

Baca juga: Begini Cara Mencegah Flu pada Anak Anjing Peliharaan

1. Dekati Anak Anjing dengan Hati-Hati

Ada satu hal yang perlu diingat mengenai cara merawat anak anjing di minggu pertama. Meskipun kamu mungkin ingin terus-menerus membelai dan menggendong anak anjing, penting untuk tidak terlalu banyak campur tangan pada minggu pertama atau kedua kehidupan mereka. Pasalnya, mereka sangat rentan terhadap penyakit, serta dapat membuat induk dan anaknya stres.

Berhati-hatilah saat mendekati anak anjing. Setelah induk anjing melahirkan, mereka mungkin menunjukkan agresi kepada manusia. Mereka juga bisa menunjukkan sifat agresif pada hewan peliharaan di rumah lainnya jika merasa terancam.

2. Sediakan Lingkungan yang Bersih

Menyediakan lingkungan yang bersih adalah cara merawat anak anjing yang tidak boleh dilupakan. Anak anjing yang baru lahir akan menghabiskan beberapa minggu pertamanya di dalam kotak atau kandang tempat mereka dilahirkan. Oleh sebab itu, kamu harus menyiapkan tempat tersebut dengan keadaan yang bersih dan aman.

Selain itu, tempat tersebut harus menyediakan cukup ruang bagi induknya untuk berbaring dengan nyaman tanpa mengganggu kenyamanan anak-anaknya. Pastikan kandang atau kotak tersebut memberikan akses yang mudah untuk induk anjing keluar-masuk tanpa mengganggu anak-anaknya. 

3. Pastikan Hangat

Menurut American Kennel Club (AKC), anak anjing yang baru lahir tidak dapat mengatur suhu tubuhnya dan harus dilindungi dari angin atau udara dingin. Meskipun anak anjing akan meringkuk dengan induknya untuk kehangatan, sebaiknya gunakan lampu pemanas selama bulan pertama kehidupannya.

Lampu harus ditempatkan cukup tinggi di atas kotak untuk mencegah risiko cedera pada induk atau anak-anaknya. Pastikan ada sudut yang lebih sejuk yang dapat dilalui anak-anak anjing jika mereka terlalu panas. Selama lima hari pertama, suhu di dalam kandang harus dijaga sekitar 29,4 - 32,2 derajat Celcius.

Baca juga: 4 Cara agar Anjing Tidak Sakit Setelah Diajak Jalan-Jalan

4. Perhatikan Asupan Nutrisinya

Setelan anjing melahirkan, pemilik harus memperhatikan asupan nutrisi untuk induk dan anak-anaknya. Selama beberapa minggu pertama, anak anjing hanya mengandalkan induknya untuk kebutuhan nutrisinya.

Meskipun induk mungkin kurang aktif selama waktu ini, menyusui menghabiskan banyak energinya dan kebutuhan kalori hariannya akan lebih tinggi dari biasanya.

Untuk memastikan induk dan anak anjing menerima nutrisi yang cukup selama tahap menyusui, induk harus diberi makan beberapa porsi makanan anak anjing yang berkualitas sepanjang hari.

5. Mulailah Menyapih pada 3-4 Minggu Usia

Setelah anak anjing berusia 3 hingga 4 minggu, kamu dapat memulai proses penyapihan dengan memberinya akses ke makanan anak anjing. Kamu juga bisa mencampurkan makanan anjing kering dengan air atau makanan anak anjing kalengan agar lebih mudah dikonsumsi.

6. Mulailah Mensosialisasikan Anak Anjing

Pada tahapan ini, jika induk anjing mengizinkannya, kamu bisa membuat anak anjing terbiasa dengan kehadiran dirimu atau anggota keluarga lainnya di rumah. Mensosialisasikannya sejak usia dini membantu memastikan bahwa mereka cocok dengan orang-orang di rumah.

Baca juga: Alergi Lingkungan Bisa Picu Bulu Anjing Peliharaan Rontok

7. Beri Ruang dan Ajak Bermain

Saat anak anjing bertambah besar dan semakin ‘ribut’, induk anjing biasanya menginginkan lebih banyak waktu untuk bermain, tidur, berolahraga, atau bersosialisasi dengan anggota keluarga di rumah. Berikan anjing kesayanganmu ruang untuk menjauh dari anak anjing, namun pastikan dia sering kembali untuk memeriksanya.

Mau tahu lebih jauh cara merawat induk anjing yang baru melahirkan serta anaknya? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc

Selain itu, kamu juga bisa membeli obat atau vitamin untuk mengatasi keluhan kesehatan melalui aplikasi Halodoc, sehingga tidak perlu repot keluar rumah. Sangat praktis, bukan? 



Referensi:
The People's Dispensary for Sick Animals. Diakses pada 2021. Whelping - a guide to your dog giving birth
Pet MD. Diakses pada 2020. Dog Pregnancy, Birth, and Puppy Care: The Complete Guide
Hills Pet. Diakses pada 2020. Newborn Puppy Care: 5 Things You Need to Know