• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Jenis Makanan Sehat yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Jenis Makanan Sehat yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

7 Jenis Makanan Sehat yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Mei 2022

“Pemilihan asupan makanan untuk ibu hamil tidak bisa sembarangan, sehingga harus memastikan benar-benar makanan sehat yang dikonsumsi. Misalnya daging tanpa lemak, sayur, buah, hingga kacang-kacangan.”

7 Jenis Makanan Sehat yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Trimester pertama kehamilan bisa dibilang merupakan saat-saat yang rentan karena ibu mesti benar-benar menjaga kesehatannya. Mulai dari makanan, aktivitas, hingga pola istirahat harus diperhatikan agar ibu dan janin tetap sehat. Pemilihan asupan makanan pun tidak bisa sembarangan. Sehingga harus memastikan benar-benar makanan sehat untuk ibu hamil yang dikonsumsi.

Asupan makanan yang ideal bagi ibu hamil bukan berdasar pada jumlah porsi, melainkan jumlah kandungannya. Makanan harus mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan. Lantas, apa saja makanan sehat untuk ibu hamil? Simak ulasannya!

Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Berikut ini beberapa jenis makanan yang sering direkomendasikan untuk ibu hamil:

1. Daging dan Protein tanpa Lemak

Daging tanpa lemak (sapi dan ayam) adalah sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik. Daging sapi kaya akan zat besi, kolin, dan vitamin B, yang akan dibutuhkan dalam jumlah yang lebih tinggi selama kehamilan. 

Mungkin akan sulit untuk memenuhi kebutuhan zat besi melalui makanan saja, terutama jika ibu tidak menyukai daging atau vegetarian. Namun bagi bumil yang bisa, makan daging merah tanpa lemak secara teratur dapat membantu meningkatkan jumlah zat besi dari makanan.

2. Ikan

Kandungan protein dan asam lemak omega 3 dalam ikan laut dapat membantu pembentukan dan perkembangan otak janin. Namun perlu diperhatikan, pada beberapa ikan laut yang sudah tercemar merkuri. Ikan jenis ini justru berbahaya bagi kandungan. Sebaiknya ikan pun dikonsumsi secara matang karena ikan mentah berisiko tercemar bakteri dan meningkatkan kadar lemak jenuh.

3. Buah dan Sayuran

Makanan dengan kandungan vitamin C baik untuk dikonsumsi pada trimester pertama. Ini karena vitamin C dapat menambah kekebalan tubuh dan gangguan infeksi. Selain itu, sangat penting juga mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi agar terhindar dari anemia. Jadi sebaiknya ibu hamil perlu perbanyak konsumsi buah dan sayuran hijau setiap hari. 

4. Produk Susu dan Olahannya

Jika tak sanggup mengonsumsi banyak makanan akibat morning sickness, maka susu adalah pilihan yang baik untuk ibu memenuhi gizi yang dibutuhkan. Untuk ibu hamil, usus bermanfaat untuk:

  • Membantu pertumbuhan jaringan baru pada bayi
  • Memperbaiki jaringan yang rusak
  • Pembentukan otot
  • Sebagai transportasi oksigen ke janin. 

Apabila kebutuhan protein dan mineral terpenuhi maka tentu bisa menunjang perkembangan dan pertumbuhan bayi.

5. Telur

Telur adalah sumber protein yang bagus dan penting selama kehamilan. Asam amino yang terkandung dalam telur sangat penting untuk pertumbuhan sel-sel dalam tubuh ibu dan janin. Telur juga mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk kolin yang sebagian besar terkandung dalam kuning telur. Kolin dapat membantu otak dan sumsum tulang belakang bayi berkembang dengan baik. Selain itu juga dapat mencegah cacat lahir tertentu. 

6. Sereal

Sereal adalah  pilihan menu sarapan yang bisa diandalkan oleh ibu hamil yang sering tidak nafsu makan akibat morning sickness. Hal ini karena sereal mengandung mineral, vitamin B, karbohidrat, kalsium yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi janin. Selain itu, energi dan serat dari gandum utuh sudah disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil sehingga aman dikonsumsi. Nah, jangan lupa untuk minta rekomendasi dari dokter mengenai sereal yang cocok untuk ibu, ya.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan (lentil, kacang polong, kacang tanah) adalah sumber protein  yang baik. STak hanya itu, ia juga menjadi sumber zat besi, folat, kalium, dan magnesium yang sangat baik dan penting bagi ibu hamil. Kacang juga merupakan makanan yang baik untuk serat, yang dapat membantu mencegah sembelit dan wasir. 

Itulah jenis makanan sehat untuk ibu hamil. Jika memiliki pertanyaan lainnya seputar kehamilan, ibu bisa tanya dokter di aplikasi Halodoc. Tunggu apalagi? Download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2022. What to Eat When Pregnant: The 12 Best Foods.
Healthline. Diakses pada 2022. 13 Foods to Eat When You’re Pregnant.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Pregnancy: Nutrition.