• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi saat Trimester 1

7 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi saat Trimester 1

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
7 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi saat Trimester 1

Halodoc, Jakarta – Menerapkan pola makan sehat dengan banyak mengonsumsi berbagai macam makanan bergizi merupakan hal penting yang perlu ibu lakukan sejak trimester 1 kehamilan. Tujuannya adalah agar bayi di dalam kandungan bisa mendapatkan nutrisi baik yang dibutuhkannya untuk bertumbuh dan berkembang secara optimal.

Namun, morning sickness, menurunnya nafsu makan, dan kelelahan mungkin akan membuat ibu merasa enggan untuk makan selama hamil trimester 1. Perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh ibu saat hamil bisa menyebabkan rasa mual. Hormon progesteron juga bisa memicu ketidaknyamanan pencernaan, termasuk sembelit dan refluks asam.

Bila ibu merasa enggan atau sulit untuk makan, tidak perlu memaksakan diri untuk makan sepiring penuh setiap waktu makan. Namun, fokuslah pada makanan yang baik di trimester 1 ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dasar ibu dan Si Kecil dalam kandungan.

Nutrisi yang Penting di Trimester 1

Memenuhi kebutuhan nutrisi perlu ibu lakukan sepanjang masa kehamilan, namun pada trimester 1, fokuslah pada beberapa nutrisi berikut:

  • Asam Folat

Ini adalah mikronutrien paling penting dalam kebutuhan nutrisi di trimester 1 dan merupakan nutrisi prenatal secara umum. Hal itu karena asam folat berperan penting dalam mencegah cacat tabung saraf. Ibu hamil dianjurkan untuk mendapatkan 600 mikrogram asam folat setiap harinya.

  • Protein

Nutrisi ini penting untuk perkembangan otot ibu dan bayi ibu, serta mendukung pertumbuhan jaringan rahim. Usahakan untuk mendapatkan sekitar 75 gram protein per hari.

  • Kalsium

Kalsium penting untuk pertumbuhan gigi dan tulang bayi. Si Kecil yang sedang bertumbuh di dalam perut ibu akan mengambil kalsium dari simpanan tubuh ibu, sehingga terlalu sedikit mengonsumsi kalsium bisa menyebabkan tulang ibu menjadi rapuh (osteoporosis) di kemudian hari. Karena itu, dapatkan 1000 miligram kalsium setiap hari.

  • Zat Besi

Zat besi semakin penting karena suplai darah ibu meningkat untuk memenuhi kebutuhan bayi yang sedang bertumbuh. Rekomendasi asupan zat besi untuk ibu hamil per hari adalah 27 miligram.

  • Vitamin C

Nutrisi baik ini bisa membantu meningkatkan perkembangan tulang dan jaringan pada bayi yang sedang bertumbuh dan meningkatkan penyerapan zat besi. Ibu hamil harus mengonsumsi 85 miligram vitamin C per hari.

Baca juga: Bahaya Kekurangan Vitamin C saat Hamil

  • Kalium

Nutrisi ini bekerja sama dengan natrium untuk membantu tubuh ibu menjaga keseimbangan cairan yang tepat dan juga mengatur tekanan darah. Usahakan mengonsumsi 29.000 miligram kalium per hari melalui vitamin prenatal dan berbagai makanan sehat.

  • DHA

Asam lemak omega-3 utama, DHA bisa ibu temukan pada ikan rendah merkuri, seperti ikan teri, herring, dan sarden. Ibu mungkin merasa terlalu mual untuk mengonsumsi makanan laut saat hamil trimester 1. Jadi, pastikan ibu mengonsumsi DHA melalui vitamin prenatal.

Baca juga: 7 Tips Pilih Suplemen Tambahan untuk Ibu Hamil

Makanan yang Baik di Trimester 1

Para ahli gizi merekomendasikan beberapa jenis makanan yang baik di trimester 1 berikut, karena mereka kaya akan vitamin, mineral dan makronutrien yang dibutuhkan tubuh ibu dan bayi yang sedang berkembang:

1.Daging Tanpa Lemak

Merupakan sumber zat besi dan protein yang baik, daging tanpa lemak yang dimasak dengan matang, seperti sirloin, kalkun, dan ayam bisa memberikan semua asam amino yang dibutuhkan bayi dalam kandungan sebagai bahan untuk menyusun sel.

2.Yogurt

Kalsium dan protein yang terkandung dalam satu cangkir yogurt bisa mendukung struktur tulang Si Kecil.

3.Edamame

Kacang yang berasal dari Jepang ini dikemas dengan protein nabati dan beberapa kalsium, zat besi, dan folat.

4.Kale

Sayuran berdaun hijau gelap ini menawarkan kombinasi nutrisi yang sangat baik, meliputi serat, kalsium, folat, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

5.Pisang

Selain cocok dikonsumsi saat perut sedang terasa mual, pisang juga merupakan salah satu sumber makanan kalium terbaik.

6.Kacang dan Lentil

Zat besi, folat, protein, dan serat, semuanya terkandung di dalam makanan yang kecil tapi bernutrisi ini.

7.Teh Jahe

Mengonsumsi jahe, baik dicampurkan ke dalam teh atau dikunyah langsung bisa membantu ibu mengatasi mual saat hamil trimester 1. 

Baca juga: Adakah Makanan yang Harus Dihindari saat Hamil Trimester Pertama?

Itulah makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat hamil trimester 1. Bila ibu mengalami morning sickness yang cukup parah hingga tidak bisa mendapatkan asupan nutrisi yang baik, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter kandungan untuk mendapatkan perawatan. Langsung saja buat janji di rumah sakit pilihan ibu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
What to Expect. Diakses pada 2021. What to Eat in the First Trimester.