• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Kelompok Orang yang Rentan Mengalami Batu Ginjal

7 Kelompok Orang yang Rentan Mengalami Batu Ginjal

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
7 Kelompok Orang yang Rentan Mengalami Batu Ginjal

Ada beberapa orang yang rentan mengalami batu ginjal. Faktanya, kondisi ini tidak dapat disepelekan. Jika dibiarkan tanpa penanganan, kondisi ini bisa membahayakan fungsi organ tubuh lainnya. Penyakit ini sering terjadi pada orang yang jarang minum air.

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu, urine yang dihasilkan oleh ginjal mengandung banyak mineral dan garam terlarut. Ketika urine memiliki kadar mineral dan garam yang tinggi, batu ginjal bisa terbentuk.

Penyakit batu ginjal diketahui paling sering terjadi pada orang yang malas atau jarang minum air. Selain itu, masih ada beberapa faktor lainnya yang juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena batu ginjal, lho.

Nah, dengan mengetahui faktor-faktor risiko tersebut, kamu bisa mewaspadai penyakit ini dan mencari cara untuk mencegahnya.

Penyebab Batu Ginjal

Batu ginjal jarang disebabkan oleh satu penyebab yang pasti. Namun, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko kamu untuk mengalaminya.

Penyakit yang satu ini terbentuk ketika urine mengandung lebih banyak zat pembentuk kristal, seperti kalsium, oksalat dan asam urat, daripada yang bisa diencerkan oleh cairan dalam urine.

Pada saat yang sama, urine mungkin juga kekurangan zat yang mencegah kristal saling menempel, sehingga menciptakan kondisi yang ideal untuk pembentukan batu ginjal.

Baca juga: Awas, Ini 4 Gejala dari Batu Ginjal

Siapa Saja yang Rentan Mengalami Penyakit Ini?

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami batu ginjal. Berikut adalah kelompok orang yang perlu mewaspadai penyakit tersebut:

  1. Punya Riwayat Keluarga atau Riwayat Pribadi

Bila ada anggota keluarga atau kerabat yang mengidap batu ginjal, kemungkinan kamu mengalami penyakit tersebut juga lebih besar. Selain itu, orang yang sudah memiliki satu atau lebih batu juga berisiko lebih tinggi terkena batu ginjal lainnya.

  1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah penyebab batu ginjal yang paling umum, sekaligus yang paling mudah untuk disembuhkan. Batu ginjal bisa terbentuk ketika urine mengandung lebih banyak zat pembentuk kristal daripada yang bisa diencerkan oleh cairan dalam urine kamu. Itulah mengapa orang yang tidak minum cukup air setiap hari rentan terkena penyakit ini.

Bukan hanya orang yang jarang minum saja, orang yang tinggal di iklim panas dan kering, serta mereka yang lebih banyak berkeringat juga berisiko lebih tinggi memiliki batu ginjal daripada yang lain.

  1. Menjalani Pola Makan Tertentu

Mengonsumsi makanan yang tinggi protein, natrium (garam) dan gula bisa meningkatkan risiko beberapa jenis batu ginjal. Hal ini terutama berlaku pada pola makan tinggi natrium. Orang yang sering mengonsumsi makanan asin atau kaya garam berisiko tinggi terkena penyakit ini. Sebab, garam yang tinggi meningkatkan jumlah kalsium yang harus disaring ginjal.

Baca juga: 6 Bahaya Sering Mengonsumsi Makanan Asin

  1. Mengalami Kegemukan atau Obesitas

Hal itu karena indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi, ukuran pinggang yang besar, dan penambahan berat badan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko batu ginjal.

  1. Mengidap Penyakit Pencernaan atau Menjalani Operasi

Orang yang mengidap penyakit radang usus atau diare kronis, dan orang yang pernah menjalani bypass lambung lebih rentan mengidap batu ginjal.

Hal itu karena penyakit pencernaan dan operasi bisa menyebabkan perubahan dalam proses pencernaan yang memengaruhi penyerapan kalsium dan air, sehingga meningkatkan jumlah zat pembentuk batu dalam urine.

  1. Mengidap Kondisi Medis Lainnya

Kondisi medis, seperti asidosis tubulus ginjal, sistinuria, hiperparatiroidisme, dan infeksi saluran kemih berulang juga bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami batu ginjal.

  1. Mengonsumsi Suplemen dan Obat-obatan Tertentu

Orang yang mengonsumsi vitamin C, suplemen makanan, obat pencahar (bila digunakan secara berlebihan), antasida berbasis kalsium, dan obat-obatan tertentu yang digunakan untuk mengobati migrain atau depresi juga lebih rentan terkena penyakit ginjal ini.

Baca juga: 6 Cara Mencegah Batu Ginjal

Itulah kelompok orang yang rentan mengalami batu ginjal. Bila kamu termasuk dalam salah satu kelompok tersebut, sebaiknya mulai lakukan langkah-langkah untuk mencegah batu ginjal.

Jadi, apabila kamu mengalami gejala-gejala, seperti rasa nyeri di perut bagian bawah, rasa nyeri saat buang air kecil, dan urine berwarna merah atau coklat, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Kamu juga bisa membicarakan gejala-gejala yang kamu alami tersebut pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter tepercaya bisa memberikan saran kesehatan yang tepat. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Kidney stones