• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Khasiat Rutin Mengonsumsi Buah Persik bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Khasiat Rutin Mengonsumsi Buah Persik bagi Kesehatan

7 Khasiat Rutin Mengonsumsi Buah Persik bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 September 2022

“Selain enak, buah persik juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Manfaatnya bagi kesehatan pun cukup banyak.”

7 Khasiat Rutin Mengonsumsi Buah Persik bagi Kesehatan7 Khasiat Rutin Mengonsumsi Buah Persik bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Buah persik adalah salah satu buah yang banyak disukai. Teksturnya lembut, dengan rasa yang manis dan segar. Manfaat buah ini juga sangat banyak, karena kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Mengonsumsi buah ini dapat membuat pencernaanmu lebih lancar, jantung lebih sehat, dan sistem kekebalan lebih kuat. Simak lebih lanjut mengenai manfaat buah ini, yuk!

Manfaat Buah Persik bagi Kesehatan

Seperti buah dan sayuran lainnya, buah persik menawarkan manfaat melalui mikronutrien dan antioksidannya. Berikut ini beberapa manfaatnya bagi kesehatan:

1. Membantu Melawan Peradangan

Buah ini kaya akan antioksidan, terutama vitamin C. Ini adalah antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas, yang dihasilkan dari oksidasi dalam tubuh dan dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, kanker, dan penyakit peradangan kronis lainnya.

Vitamin C juga merupakan salah satu antioksidan yang paling terkenal. Selain sifat antioksidannya, vitamin C membantu meningkatkan kekebalan dan perbaikan sel, termasuk penyembuhan luka dan efek anti-penuaan.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Tertentu

Buah ini juga merupakan sumber serat yang baik. Serat penting untuk kesehatan umum, karena membantu menghilangkan kolesterol dari tubuh, meningkatkan kesehatan usus, meningkatkan rasa kenyang, dan dapat membantu menstabilkan gula darah.

Pola makan tinggi serat dapat membantu mencegah kanker tertentu dan mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Selain itu, makan makanan yang kaya serat dapat membantu kamu tetap kenyang dan mendorong penurunan berat badan. 

3. Membantu Produksi Vitamin A

Buah ini mengandung karotenoid, terutama provitamin A karotenoid alfa karoten dan beta karoten. Tubuh dapat mensintesis ini menjadi vitamin A, yang penting untuk penglihatan normal dan kekebalan tubuh. 

4. Membantu Memerangi Penyakit Terkait Obesitas

Senyawa bioaktif dalam buah ini dapat menghambat diabetes terkait obesitas dan penyakit kardiovaskular. Senyawa yang dimaksud adalah anthocyanin, asam klorogenat, turunan quercetin, dan katekin.

Semuanya adalah senyawa antioksidan yang bekerja secara sinergis untuk mengurangi LDL atau kolesterol jahat, obesitas, dan peradangan yang terkait dengan sindrom metabolik.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalium dapat membantu menyeimbangkan efek dari pola makan tinggi garam. Ini juga dapat menurunkan tekanan darah kamu, sekaligus menurunkan risiko batu ginjal dan pengeroposan tulang. 

Orang dewasa membutuhkan sekitar 4.700 miligram kalium setiap hari, dan jauh lebih baik mendapatkannya dari makanan daripada suplemen. Satu buah persik kecil mengandung 247 miligram kalium, dan satu buah persik ukuran sedang dapat memberi sebanyak 285 miligram.

6. Menjaga Kesehatan Gigi

Meski manis, buah ini dapat membantu menjaga kesehatan gigi karena mengandung fluoride. Mineral ini biasanya ditemukan dalam pasta gigi, tapi juga ada dalam beberapa makanan, termasuk buah persik. Ini membantu menyingkirkan kuman di mulut, yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

7. Sumber Vitamin E

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber vitamin E yang paling terkenal, tetapi buah persik juga mengandung vitamin ini. Vitamin E adalah antioksidan penting bagi banyak sel tubuh. Ini juga menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan membantu memperlebar pembuluh darah agar darah tidak membeku di dalamnya.

Itulah pembahasan mengenai manfaat buah persik bagi kesehatan tubuh. Jangan lupa juga konsumsi variasi makanan bergizi lainnya, ya. Kalau asupan nutrisi kamu dirasa kurang, download Halodoc saja untuk cek kebutuhan vitamin dan suplemen kamu dengan mudah. 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. All the Health Benefits of Eating Peaches.
Nourish by WebMD. Diakses pada 2022. The Health Benefits of Peaches.
Very Well Fit. Diakses pada 2022. Peach Nutrition Facts and Health Benefits.