• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Makanan Sehat untuk Mencegah Kanker Darah

7 Makanan Sehat untuk Mencegah Kanker Darah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
7 Makanan Sehat untuk Mencegah Kanker Darah

Pola makan sehat merupakan bagian penting dari hidup sehat yang bisa membantu mencegah berbagai macam penyakit, termasuk kanker. Beberapa makanan sehat tertentu dipercaya memiliki kandungan anti-kanker, sehingga bisa mengurangi risiko kamu mengalami kanker darah. Beberapa makanan tersebut, antara lain buah-buahan, sayuran hijau, daging, dan telur.

Halodoc, Jakarta – Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan memiliki pola makan yang sehat. Dengan pola makan sehat yang dikombinasikan dengan gaya hidup sehat, kamu bisa mencegah berbagai macam penyakit termasuk yang serius sekalipun, seperti penyakit kanker.

Kanker sudah dikenal sebagai penyakit yang mematikan dan memiliki banyak jenis. Salah satunya adalah kanker darah. Kanker darah yang dikenal juga sebagai kanker hematologi adalah kanker yang memengaruhi produksi dan juga fungsi sel darah. 

Umumnya, kanker darah berawal dari gangguan kesehatan yang dialami pada bagian sumsum tulang. Kondisi ini disebabkan karena darah diproduksi pada bagian sumsum tulang. Kanker darah merupakan penyakit yang dapat dialami oleh siapa saja, tetapi kamu dapat mencegahnya dengan menghindari faktor yang menjadi penyebab kanker darah. Berikut ulasannya.

Baca juga: Tangkal Hoax, Kenali 5 Fakta Penyakit Kanker Darah Leukemia

Makanan untuk Mencegah Kanker Darah

Para peneliti menemukan bahwa makanan tertentu bisa mencegah kanker, sehingga bisa kamu masukkan ke dalam menu makanan sehari-hari sebagai upaya untuk menghindari penyakit mematikan tersebut. Meskipun tidak menjamin bisa mencegah kanker darah, tetapi beberapa makanan berikut ini setidaknya bisa membantu mengurangi risiko kamu mengalaminya:

1. Alpukat

Tidak hanya untuk ibu hamil, buah alpukat sangat baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja karena banyak manfaat yang akan dirasakan. Salah satunya kamu dapat terhindar dari penyakit kanker darah. Kandungan lipid pada alpukat dapat melawan sel induk tanpa merusak sel yang sehat.

2. Daging Ayam

Pengidap kanker darah perlu mendapatkan asupan protein yang cukup banyak. Salah satu makanan yang memenuhi kebutuhan protein di dalam tubuh adalah daging ayam. Sebaiknya olah daging ayam dengan proses pengolahan yang sehat.

3. Wortel

Wortel menjadi sayuran yang mampu mencegah penyakit kanker darah. Tidak hanya kanker darah, sayuran wortel juga membantu untuk menurunkan risiko penyakit kanker prostat maupun gangguan pada bagian pencernaan.

4. Jeruk

Buah jeruk terkenal dengan kandungan antioksidan dan vitamin C yang begitu tinggi. Vitamin C dan antioksidan memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh dan mampu melawan risiko kanker darah. 

Baca juga: 6 Kondisi yang Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Darah

5. Telur

Tidak hanya dari daging ayam, pengidap kanker darah juga bisa mendapatkan asupan protein yang cukup dari makanan seperti telur. Protein tinggi yang terkandung di dalam telur mampu mencegah penyakit kanker darah. 

6. Buah Beri

Buah lainnya yang juga bermanfaat sebagai penangkal kanker adalah buah beri. Buah yang punya rasa masam yang menyegarkan ini mengandung antioksidan yang kuat. Ini artinya mereka bisa menghentikan proses alami dalam tubuh yang bisa menciptakan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kamu. Senyawa dalam buah beri juga bisa membantu mencegah sel-sel kanker tumbuh atau menyebar. Jadi, untuk mencegah kanker darah, sering-seringlah mengonsumsi blueberry, blackberry, maupun stroberi sehari-hari.

7. Sayuran Berdaun Hijau

Kamu juga dianjurkan untuk menambahkan sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan selada, ke dalam menu makanan kamu sehari-hari untuk mencegah kanker darah. Makanan tinggi serat tersebut kaya akan antioksidan beta-karoten dan lutein yang baik. Nutrisi tersebut juga bisa kamu temukan dalam sayuran, seperti sawi dan kale. Menurut American Institute for Cancer Research, beberapa penelitian laboratorium menemukan bahwa bahan kimia dalam sayuran berdaun hijau bisa membatasi pertumbuhan beberapa jenis sel kanker.

Baca juga: 3 Cara Mencegah Leukemia Limfoblastik Akut

Itulah beberapa makanan sehat yang bermanfaat untuk mencegah kanker darah. Bila kamu memiliki risiko kanker darah dan sering mengeluh lemas, lelah, anemia dan penurunan berat badan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Pasalnya, gejala-gejala tersebut bisa menjadi pertanda kanker darah. 

Sekarang, berobat ke dokter sudah lebih mudah kok dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Tinggal buat janji saja di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 13 Foods That Could Lower Your Risk of Cancer
American Society of Hematology. Diakses pada 2021. Blood Cancers
Everyday Health. Diakses pada 2021. The Anti-Cancer Diet: Foods That Prevent Cancer.