7 Makanan yang Baik untuk Pengidap Neuritis Optik

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
neuritis optik, radang saraf mata

Halodoc, Jakarta - Pernah mendengar istilah neuritis optik? Penyakit ini menyerang seseorang pada usia 20-40 tahun. Jika penyakit ini sudah dialami, pengidap bisa mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini 5 Penyebab Neuritis Optik

Neuritis Optik, Peradangan pada Saraf Mata

Neuritis optik merupakan peradangan pada saraf mata, ketika saraf kehilangan lapisan pelindung yang disebut myelin. Tanpa adanya lapisan pelindung ini, sinyal visual tidak dapat terkirim dengan baik ke otak. Akibatnya, terjadi gangguan pada penglihatan, seperti pandangan mata kabur atau buram.

Ini Gejala yang Muncul pada Pengidap Neuritis Optik

Penyakit ini biasanya hanya menyerang salah satu mata. Gejala dapat meliputi penglihatan yang menurun, berkurangnya kemampuan mata dalam melihat perbedaan warna, nyeri pada mata ketika bola mata digerakkan, dan ruang pandang yang menyempit karena adanya bayangan pada bagian tepi mata. Dalam kasus yang jarang terjadi, kebutaan bisa saja dialami oleh pengidap kondisi ini.

Gejala umum ditandai dengan nyeri saat mata digerakkan. Kondisi ini jarang terjadi pada dua mata sekaligus. Gejala yang dialami bisa saja bertambah parah hanya dalam hitungan jam atau hari. Nah, gejala akan menuju puncak ketika selama dua minggu rasa sakit yang dialami tidak kunjung membaik.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Diabetes Bisa Sebabkan Neuritis Optik

Makanan yang Baik untuk Pengidap Neuritis Optik

Wortel merupakan makanan yang dikenal penting untuk menjaga kesehatan mata. Namun, jika kamu bosan dengan wortel, terdapat beberapa pilihan makanan lain yang bisa kamu konsumsi, serta berkhasiat menurunkan risiko kerusakan mata.

  • Tomat

Kamu bisa mengonsumsi satu tomat sehari guna membantu menghilangkan masalah penglihatan. Toman sendiri mengandung likopen, senyawa yang berguna dalam melindungi mata dari radiasi UV yang berbahaya. Keberadaan vitamin E dalam tomat juga berguna untuk mencegah kerusakan retina, sehingga membantu mempertahankan penglihatan dengan baik.

  • Buah Apel

Buah satu ini mengandung vitamin C dan A yang berguna dalam meningkatkan penglihatan, serta vitamin B2 yang berguna dalam melindungi mata dari kerusakan radikal bebas.

  • Labu

Kamu bisa mengonsumsi 100 gram labu dalam sehari. 100 gram labu yang dikonsumsi akan setara dengan sekitar 8.513 IU vitamin A. Kandungan ini lebih dari cukup untuk mempertahankan penglihatan mata dengan baik.

  • Sayur Bayam

Sayuran hijau yang satu ini kaya akan antioksidan, yaitu lutein dan zeaxanthin, yang dapat mencegah kerusakan mata, seperti katarak yang sering kali menyerang orang tua.

  • Buah Jeruk

Makan jeruk setiap hari tidak hanya membuat selaput lendir mata dalam kondisi tetap sehat, buah ini juga berguna untuk melindungi mata dari masalah yang berhubungan dengan penglihatan.

  • Buah Pepaya

Buah pepaya mengandung vitamin A dan flavonoid yang berfungsi dalam mencegah kerusakan selaput lendir. Selain itu, buah ini juga mampu melindungi mata dari peradangan.

  • Kacang Pistachio

Jenis kacang yang satu ini tidak hanya akan meredakan rasa lapar jika dikonsumsi, tetapi juga dapat menurunkan risiko degenerasi makula. Kacang ini juga berfungsi untuk mencegah mata mengalami kerusakan radikal bebas yang akan menyebabkan masalah penglihatan.

Baca juga: Bikin Penglihatan Kabur, Kenali 5 Gejala Neuritis Optik

Jika kamu mempunyai masalah dalam menentukan makanan apa yang boleh atau tidak boleh kamu konsumsi, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!