• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Makanan yang Efektif Menurunkan Darah Tinggi

7 Makanan yang Efektif Menurunkan Darah Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
7 Makanan yang Efektif Menurunkan Darah Tinggi

Halodoc, Jakarta - Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah salah satu penyakit yang diam-diam dapat berakibat fatal bagi tubuh. Sayangnya, kebanyakan orang dengan hipertensi tidak menyadari kalau dirinya mengidap penyakit tersebut. Kok bisa?

Umumnya, tekanan darah tinggi memang tidak menimbulkan gejala atau keluhan. Itulah alasan mengapa penyakit ini juga disebut sebagai “silent killer”. Maka dari itu, tekanan darah harus diukur secara berkala untuk mengetahui ada tidaknya masalah hipertensi dalam tubuh. 

Hati-hati, tekanan darah tinggi bisa menimbulkan sederet komplikasi mengerikan bagi tubuh. Sebut saja, seperti hilangnya penglihatan, penyakit ginjal, stroke, aneurisma otak, serangan jantung, hingga gagal jantung

Nah, untungnya terdapat beberapa makanan yang membantu menurunkan darah tinggi. Mau tahu apa saja? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Baca juga: Tekanan Darah Tinggi Memengaruhi Kemampuan Berpikir?

1. Peterseli

Peterseli atau parsley (Petroselinum crispum) adalah makanan penurun darah tinggi. Makanan ini mengandung vitamin C dan karotenoid yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Mau bukti? Menurut penelitian berjudul “Carotenoids: potential allies of cardiovascular health?”, antioksidan karotenoid mengurangi tekanan darah dan kolesterol LDL (jahat), sehingga dapat menurunkan risiko terserang penyakit jantung. 

2. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini memiliki banyak keistimewaan bagi kesehatan tubuh, salah satunya menurunkan tekanan darah tinggi. Bawang putih mengandung senyawa sulfur, seperti allicin, yang membantu meningkatkan aliran darah dan melemaskan pembuluh darah. Senyawa ini yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi.



3. Pisang

Pisang mengandung banyak potasium atau kalium yang bermanfaat bagi pengidap tekanan darah tinggi. Kalium ini bisa menyeimbangkan jumlah dan melawan efek buruk dari sodium (garam) dalam tubuh, sehingga mampu mengontrol tekanan darah. 

Baca juga: Ini 8 Makanan yang Membuat Hipertensi Kambuh

4. Buah Citrus

Buah citrus seperti jeruk bali, jeruk, dan lemon, mungkin memiliki efek yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Buah ini sarat dengan vitamin, mineral, dan berbagai senyawa tanaman yang membantu menjaga kesehatan jantung, dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Menurut studi yang melibatkan 101 wanita di Jepang, asupan jus lemon (setiap hari) yang dikombinasikan dengan berjalan kaki, secara signifikan berkorelasi dengan turunnya tekanan darah sistolik. Hal ini diduga akibat efek asam sitrat dan kandungan flavonoid lemon yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Basil

Selain empat hal di atas, basil merupakan salah satu makanan yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Basil kaya akan eugenol, yaitu antioksidan nabati yang mampu menurunkan tekanan darah.

Eugenol membantu mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami (natural calcium channel blocker). Penghambat saluran kalsium ini mencegah pergerakan kalsium ke dalam sel jantung dan arteri, dan memungkinkan pembuluh darah untuk rileks.

6. Jahe

Jahe membantu mengontrol tekanan darah. Menurut penelitian pada hewan, jahe terbukti meningkatkan sirkulasi darah dan mengendurkan otot-otot di sekitar pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Namun, hubungan jahe dan hipertensi atau tekanan darah tinggi masih membutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia.

7. Biji Rami

Biji rami juga masuk ke dalam makanan yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian membuktikan bahwa biji rami kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. 

Baca juga: 3 Tips Olahraga untuk Pengidap Hipertensi

Sebuah tinjauan studi menyarankan untuk mengonsumsi 30-50 gram biji utuh atau giling per hari selama lebih dari 12 minggu, untuk mendapatkan manfaat terbaik.

Biji rami melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular aterosklerotik, dengan mengurangi kolesterol serum, meningkatkan toleransi glukosa, dan bertindak sebagai antioksidan.

Nah, bagaimana tertarik untuk mencoba makanan-makanan di atas yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi? 

Bagi kamu yang memiliki masalah hipertensi atau keluhan lainnya, bisa kok memeriksakan diri ke rumah sakit pilihan. Sebelumnya, buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit.

Referensi:
WHO. Diakses pada 2021. Hypertension - Key facts.
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Herbs That May Help Lower High Blood Pressure
Healthline. Diakses pada 2021. The 17 Best Foods for High Blood Pressure
Kementerian Kesehatan RI. Diakses pada 2021. Hipertensi Penyakit Paling Banyak Diidap Masyarakat
US National Library of Medicine National Institutes of Health - PubMed. Diakses pada 2021. Carotenoids: potential allies of cardiovascular health?