• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Asam Jawa, dari Obati Flu hingga Sembuhkan Luka
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Asam Jawa, dari Obati Flu hingga Sembuhkan Luka

7 Manfaat Asam Jawa, dari Obati Flu hingga Sembuhkan Luka

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 September 2022

“Ada banyak manfaat asam jawa untuk kesehatan tubuh. Seperti misalnya untuk zat anti-kanker, melindungi kesehatan hati, meningkatkan imun, obat flu, dan menyembuhkan luka."

7 Manfaat Asam Jawa, dari Obati Flu hingga Sembuhkan Luka7 Manfaat Asam Jawa, dari Obati Flu hingga Sembuhkan Luka

Halodoc, Jakarta –  Asam jawa adalah salah satu bumbu penyedap masakan yang memberikan cita rasa asam manis pada masakan. Asam jawa juga kerap digunakan sebagai racikan minuman sehat.

Selain untuk kebutuhan rumah tangga, asam jawa juga berkhasiat untuk kesehatan secara keseluruhan. Mulai dari mengobati flu hingga menyembuhkan luka. Yuk simak ulasan selengkapnya mengenai manfaat asam jawa untuk kesehatan di sini!

Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan

Asam jawa kaya akan fitonutrien yang bertindak sebagai antioksidan kuat dan dapat meningkatkan pertahanan kekebalan alami tubuh. Antioksidan juga diperlukan untuk mengurangi dampak inflamasi dari stres oksidatif. Nah, asam jawa ini kaya akan antioksidan sehingga dapat memberikan dampak anti-peradangan untuk tubuh.

Selain itu, berikut ini adalah manfaat lain dari asam jawa!

1. Memiliki Sifat Anti-Kanker

Ekstrak biji asam jawa dapat bermanfaat sebagai penghambat stres oksidatif dan menunda perkembangan karsinoma sel ginjal. Sebab mengandung efek induksi enzim antioksidan, asam jawa sekaligus bekerja sebagai penyumbatan jalur sinyal terkait kanker.

2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Kolesterol

Asam jawa kaya akan polifenol dan flavonoid, di mana sifat asamnya telah terbukti menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL, sehingga menurunkan risiko aterosklerosis. Itulah sebabnya konsumsi asam jawa juga memiliki efek anti-hipertensi, mengurangi tekanan darah diastolik.

3. Melindungi Hati 

Asam jawa juga memberikan efek perlindungan bagi hati, karena mengandung antioksidan yang disebut procyanidins, yang melawan kerusakan akibat radikal bebas pada hati.

4. Memberikan Manfaat Antimikroba Alami

Senyawa alami yang terdapat dalam ekstrak asam jawa berpotensi bertindak sebagai antimikroba alami terhadap mikroorganisme patogen. Secara khusus, senyawa lupeol pada asam jawa memiliki sifat antibakteri.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Efek anti-inflamasi dari ekstrak biji asam jawa memberikan perlindungan potensial dan meningkatkan regulasi gula darah pada buat pengidap diabetes. 

6. Menyembuhkan Flu

Asam jawa kaya akan vitamin dan mineral yang bekerja efektif untuk menyembuhkan flu. Beberapa nutrisi dan fitokimia yang terdapat pada asam jawa adalah vitamin C, vitamin B, tanin, saponin, alkaloid, dan kalsium.

Selain flu, sakit tenggorokan sebagai bagian dari gejala flu juga bisa diatasi dengan asam jawa. Kamu Berkumur dengan segelas air asam jawa dapat membantu menghilangkan sakit tenggorokan.

7. Menyembuhkan Luka

Asam jawa merupakan tanaman dengan banyak khasiat, di mana manfaat lainnya adalah menyembuhkan luka. Menerapkan bubuk biji asam jawa yang dicampur madu pada kulit yang terluka dapat membantu penyembuhan luka lebih cepat. Asam jawa memiliki sifat antimikroba sehingga dapat mencegah infeksi kulit.

Itulah manfaat asam jawa, mulai dari mengobati flu, menyembuhkan luka, sampai manfaat kesehatan lainnya. Ada beberapa cara pengolahan asam jawa untuk pengobatan kesehatan. Salah satunya adalah dengan merebus asam jawa selama 10-15 menit kemudian diminum airnya. Mengonsumsi air rebusan asam jawa ini juga dapat meningkatkan imun tubuh.

Informasi selengkapnya mengenai manfaat asam jawa bisa kamu dapatkan dengan download aplikasi Halodoc. Jika kamu memiliki gangguan kesehatan tertentu dan ingin memeriksakan kondisimu ke dokter, kamu bisa buat janji pemeriksaan rumah sakit lewat Halodoc

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Tamarind.
Bbcgoodfood. Diakses pada 2022. Top 6 health benefits of tamarind.
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Tamarind? A Tropical Fruit with Health Benefits.