• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Buah Merah Papua untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Buah Merah Papua untuk Kesehatan

7 Manfaat Buah Merah Papua untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 15 Agustus 2022

“Buah merah Papua terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan. Beberapa manfaat dari konsumsi buah ini secara rutin, yaitu mencegah kanker dan mengatasi radang.”

7 Manfaat Buah Merah Papua untuk Kesehatan7 Manfaat Buah Merah Papua untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Buah merah papua termasuk makanan yang jarang diketahui banyak orang, terutama orang-orang yang tidak berada di wilayah Indonesia Timur. Buah yang berasal dari tanah Papua ini dipercaya memiliki banyak manfaat, termasuk untuk kesehatan tubuh.

Buah ini mengandung berbagai senyawa yang baik untuk kesehatan, seperti anti-oksidan, asam lemak, dan berbagai vitamin, hingga karoten. Kandungan karoten yang tinggi berkat warna merahnya yang pekat.

Manfaat Buah Merah Papua

1. Mencegah Kanker

Antioksidan yang tinggi pada buah merah sangat baik untuk kesehatan. Kandungan tokoferol bisa mencapai 11.000 ppm disertai karoten sebesar 7.000 ppm. Kedua,  antioksidan. 

Nah, tingginya kandungan keduanya baik untuk mengatasi kanker. Sebab, antioksidan ini terbukti efektif melawan radikal bebas, penyebab sel yang dapat berkembang menjadi kanker.

2. Mengatasi Radang

Beberapa penelitian telah membuktikan khasiat buah merah papua untuk kesehatan, salah satunya mengatasi peradangan, terutama radang usus. Buah ini dapat mencegah perkembangan radang usus menjadi kanker usus.

3. Mencegah Hepatitis B

Buah merah kaya akan kandungan asam lemak omega-3 dan omega-9 yang berguna untuk anti-virus. Cara kerjanya adalah menghambat pembentukan membran lipid virus, agar virus tidak dapat berkembang biak.

Maka dari itu, ada banyak orang yang mengonsumsi buah merah Papua, untuk mengobati dan mencegah terjadinya hepatitis B. Buah ini juga dapat mengatasi berbagai virus lainnya.

4. Mengatasi Hipertensi

Zat tokoferol alami pada buah merah Papua mampu melancarkan peredaran darah. Hal ini sangat baik dalam menurunkan tekanan darah tinggi pada pengidap hipertensi. Selain itu, penggumpalan darah juga bisa dihindari, sehingga risiko untuk mengalami stroke lebih rendah.

5. Mengatasi Asam Urat

Kandungan tokoferol dalam buah ini berguna untuk meningkatkan sistem kerja hati. Hal ini berguna dalam proses penyembuhan asam urat. Maka dari itu, seseorang yang mengidap penyakit asam urat, direkomendasikan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin.

6. Menghindari Osteoporosis

Buah merah mengandung kalsium yang tinggi, bahkan berbagai mineral lainnya yang baik untuk tulang. Kandungan tersebut dapat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan menghindari risiko osteoporosis. Maka dari itu, konsumsi buah ini sangat baik untuk menjaga kebutuhan kalsium, sehingga tulang tetap bugar.

7. Mencegah Penyakit Mata

Buah merah Papua kaya akan kandungan beta-karoten, yang sangat baik dalam menjaga kebutuhan vitamin A. Sebab, ada berbagai jenis penyakit mata yang disebabkan kekurangan konsumsi vitamin ini. Zat ini juga diserap dan diolah oleh tubuh menjadi vitamin A. Agar fungsi mata tetap terjaga, pastikan konsumsi buah ini secara rutin.

Nah, itulah beberapa manfaat dari buah merah Papua untuk kesehatan yang perlu diketahui. Cobalah untuk mengonsumsi makanan ini secara rutin, sehingga berbagai manfaat yang disebutkan benar-benar dirasakan.

Jika ingin tahu lebih jauh tentang manfaat lainnya dari buah merah, cobalah untuk bertanya langsung pada ahlinya. Dengan menggunakan fitur tanya dokter dari Halodoc, interaksi dengan ahli medis bisa dilakukan melalui smartphone. Maka dari itu, segera download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan kemudahan ini!

Referensi:
Dr Health Benefits. Diakses pada 2022. Super Health Benefits of Buah Merah.
Health Benefits Times. Diakses pada 2022. Health benefits of Red fruit (Buah Merah).