• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Hobi Bersepeda bagi Kesehatan Wanita

7 Manfaat Hobi Bersepeda bagi Kesehatan Wanita

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
7 Manfaat Hobi Bersepeda bagi Kesehatan Wanita

“Manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. Siapa saja bisa mendapatkan manfaatnya dari olahraga ini, terutama bagi wanita. Rutin bersepeda bisa membantu wanita untuk menjaga berat badan hingga meredakan gejala menstruasi.

Halodoc, Jakarta – Manfaat bersepeda bagi kesehatan bukan lagi hal yang baru dan bisa didapat oleh siapa saja yang melakukan aktivitas ini. Namun, ternyata ada sejumlah manfaat lebih bagi kesehatan wanita. Faktanya, rutin bersepeda bisa melatih hampir seluruh bagian tubuh. Hal inilah yang membuat aktivitas ini bisa sangat menyehatkan. 

Bagi wanita, memang tersedia sangat banyak pilihan jenis olahraga yang bisa dilakukan. Maka dari itu, menyesuaikan diri dan kebutuhan tubuh adalah hal yang penting dalam memilih aktivitas fisik. Jika kamu memilih untuk bersepeda, ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan. Penasaran apa saja? Cari tahu jawabannya di artikel berikut ini! 

Beragam Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Wanita 

Bersepeda adalah aktivitas yang menyenangkan dan menyehatkan. Setidaknya, ada beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan wanita, di antaranya: 

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Berbahaya 

Salah satu manfaat bersepeda adalah menurunkan risiko penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Hal ini berkaitan dengan penurunan faktor risiko penyakit, yaitu obesitas alias kelebihan berat badan. 

  1. Mencegah Obesitas 

Seperti dikatakan sebelumnya, bersepeda bisa membantu mencegah risiko obesitas. Kelebihan berat badan nyatanya berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit. Melakukan olahraga ini secara rutin, terutama dengan intensitas tinggi, bisa membantu membakar dan menurunkan kadar lemak di dalam tubuh, meningkatkan metabolisme, serta membentuk otot. 

  1. Kesehatan Mental Terjaga 

Manfaat selanjutnya dari olahraga ini adalah kesehatan mental yang lebih terjaga. Bersepeda bisa memberi manfaat bagi kesehatan mental wanita, seperti menurunkan stres, depresi, hingga risiko gangguan kecemasan. 

  1. Kehidupan Seks Lebih Baik 

Manfaat bersepeda bagi kesehatan wanita selanjutnya adalah mendukung kehidupan seks yang lebih baik. Pasalnya, olahraga ini bisa menjaga kesehatan organ kardiovaskular yang juga berperan penting dalam hal seksualitas. Bersepeda juga bisa meningkatkan stamina karena tubuh terbiasa dengan hal itu selama berolahraga. 

  1. Meredakan Gejala Menstruasi 

Nyeri haid adalah hal yang tidak asing bagi sebagian wanita. Nah, rutin bersepeda nyatanya bisa membantu meredakan berbagai gejala yang dialami selama haid, termasuk saat memasuki masa menopause. 

  1. Keseimbangan dan Postur tubuh 

Wanita yang hobi bersepeda cenderung memiliki postur tubuh yang lebih baik. Sebab, selama bersepeda kamu akan mencoba untuk menstabilkan posisi tubuh dan menjaga sepeda tetap melaju. Manfaat bersepeda untuk kesehatan wanita nyatanya juga berkaitan dengan peningkatan keseimbangan, menjaga stamina, dan memperbaiki postur tubuh sehingga tampil lebih percaya diri. 

  1. Kekuatan Otot Kaki 

Saat bersepeda, otot kaki akan menjadi bagian yang paling banyak dilatih dan merasakan manfaatnya. Rutin melakukan olahraga ini bisa menambah kekuatan betis, paha, dan bagian kaki lainnya. 

Tips Aman Bersepeda 

Untuk mendapatkan beragam manfaat bersepeda bagi kesehatan wanita di atas, olahraga ini harus dilakukan secara rutin. Biar lebih aman, pastikan untuk selalu menerapkan tips bersepeda yang baik, seperti tetap menjaga jarak antar pesepeda, mengenakan alat pelindung diri, mematuhi rambu-rambu yang ada, serta memilih waktu yang tepat untuk bersepeda. 

Selain bersepeda, menjaga kesehatan tubuh juga bisa diikut dengan konsumsi suplemen khusus setiap hari. Cek kebutuhan suplemen harian di aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa menemukan beragam kebutuhan kesehatan lain hanya dalam satu aplikasi. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim segera ke rumah. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Women Daily Magazine. Diakses pada 2021. 7 Cycling Benefits to Women Health.
Cycling UK. Diakses pada 2021. Why cycling can be especially beneficial for women. 
Healthline. Diakses pada 2021. Cycling Benefits.