• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Introspeksi Diri yang Baik bagi Kesehatan Mental
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Introspeksi Diri yang Baik bagi Kesehatan Mental

7 Manfaat Introspeksi Diri yang Baik bagi Kesehatan Mental

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 Agustus 2022

“Introspeksi diri adalah cara berpikir di mana seseorang mengamati dan merenungkan berbagai aspek diri dan keberadaan diri. Introspeksi diri bermanfaat untuk kesehatan mental dan kesejahteraan diri.”

7 Manfaat Introspeksi Diri yang Baik bagi Kesehatan Mental7 Manfaat Introspeksi Diri yang Baik bagi Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta – Introspeksi diri atau mengenal diri sendiri merupakan hal yang bisa menakutkan dan menyenangkan. Introspeksi diri memungkinkan kamu membuka jendela untuk memahami dan menerima diri sendiri, yang berdampak baik pada hidupmu. 

Bisa dibilang, introspeksi diri adalah cara berpikir di mana seseorang mengamati dan merenungkan berbagai aspek diri, serta keberadaan diri untuk mendapatkan wawasan tentang kehidupan dan tujuan diri. Cara ini digunakan agar seseorang merasa terhubung dengan diri mereka sendiri, memperjelas pilihan hidup, dan mendapatkan perspektif tentang tantangan hidup.

Manfaat Introspeksi Diri untuk Kesehatan Mental

Dengan melakukan introspeksi diri, kamu dapat meluangkan waktu untuk bersyukur atas pengalaman dan situasi saat ini. Hal tersebut secara tidak langsung bermanfaat untuk kesehatan mental dan kesejahteraan diri. Praktik introspeksi diri dapat bermanfaat bagi manusia di berbagai bidang. Berikut manfaat introspeksi diri yang dapat dirasakan:

  1. Meningkatkan Hubungan dengan Sesama Manusia

Introspeksi diri akan membuatmu dapat mengambil perspektif yang berbeda dalam interaksi sosial. Untuk interaksi sosial yang efektif, seseorang harus memahami bahwa seseorang terpisah dari orang lain, dan bahwa orang lain memiliki kebutuhan dan pemikiran yang berbeda. 

Peningkatan introspeksi diri juga akan meningkatkan respon empati terhadap penderitaan orang lain. Selanjutnya juga akan meningkatkan hubungan dan koneksi dengan manusia lain. 

  1. Meningkatkan Kemampuan Mengatur Diri

Ketika seseorang memahami perilaku norma sosial yang diharapkan, hal tersebut biasanya diyakini sebagai standar dalam masyarakat umum. Orang merasa malu ketika standar sosial tidak terpenuhi. Dengan introspeksi diri, kamu dapat menahan impuls antisosial dan meningkatkan tanggung jawab pribadi untuk memenuhi standar sosial.

  1. Meningkatkan Kreativitas dalam Mencapai Sesuatu

Orang yang sangat kreatif sering kali melalui proses panjang dalam membuat rencananya. Agar suatu rencana atau pencapaian dapat terwujud dengan baik, seseorang akan menjadi sangat kreatif dalam merefleksikan pekerjaan. Dengan begitu penyesuaian dan perbaikan dalam pekerjaan dapat terjadi, sehingga pencapaian terwujud.

  1. Meningkatkan Harga Diri dan Kebanggaan pada Diri Sendiri

Meningkatkan harga diri dan rasa bangga pada diri sendiri merupakan manfaat introspeksi diri selanjutnya. Perlu diwaspadai, melihat diri sendiri sebagai seseorang yang gagal dalam standar sosial dapat memberikan pengaruh negatif. 

Sebaliknya, melihat diri sendiri sebagai seseorang yang punya harga diri dan kebanggaan diri yang tinggi, dapat memberikan pengaruh positif. Pengaruh positif tersebut pada akhirnya akan menghasilkan kesuksesan. Orang yang memiliki harga diri cenderung memahami tanggung jawabnya untuk bekerja menuju kesuksesan.

  1. Mengurangi Kecemasan

Salah satu manfaat dari introspeksi diri adalah mengurangi kecemasan. Menyadari pikiran dan tindakan yang berhubungan dengan respons emosional terhadap dunia di sekitar, memungkinkan otak untuk menciptakan pemikiran yang akurat. 

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Seseorang yang sadar akan kekuatan dan kelemahannya, dapat menilai diri sendiri terhadap kehidupan sehari-hari dengan lebih baik. Dengan menciptakan batasan dan pertumbuhan yang berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan,  dapat menciptakan lebih banyak peluang untuk meningkatkan kepercayaan diri. Terutama kepercayaan diri dalam keterampilan untuk berkembang.

  1. Meningkatkan Kebahagian

Ketika kamu meluangkan waktu untuk melihat ke dalam diri sendiri, dan mendefinisikan arti kebahagiaan, maka kamu akan meluangkan waktu untuk secara sengaja mengejar kebahagiaan sesuai definisimu.

Perlu dipahami, kebahagian merupakan suatu keadaan yang subjektif. Oleh karena itu diperlukan introspeksi agar suatu keadaan yang tinggi dapat dicapai.

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat introspeksi diri pada kesehatan mental. Nah, bagi kamu yang memiliki masalah terkait kesehatan mental, bisa kok tanyakan pada psikolog melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
RxWiki. Diakses pada 2022. The Power of Reflection and 3 Ways to Practice It
Healthline. Diakses pada 2022. Here’s How Self-Reflection Can Strengthen Your Emotional Intelligence
Psychology Today. Diakses pada 2022. What Is Self-Reflection and Why It Matters For Wellness
Positive Psychology. Diakses pada 2022. Top 11 Benefits of Self-Awareness According to Science