• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Olahraga Jumping Jack untuk Tubuh

7 Manfaat Olahraga Jumping Jack untuk Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
7 Manfaat Olahraga Jumping Jack untuk Tubuh

“Jumping jack termasuk dalam olahraga aerobik, karena melibatkan seluruh anggota tubuh. Meskipun olahraga ini terlihat sederhana, yaitu hanya dengan melompat, tapi banyak manfaat kesehatan yang bisa dirasakan. Jika ingin memiliki tulang dan otot yang kuat, menurunkan berat badan, dan menghilangkan stres, maka jumping jack bisa menjadi jenis olahraga yang bisa kamu pilih.”

Halodoc, Jakarta – Jumping jack adalah olahraga yang melibatkan seluruh tubuh. Olahraga ini terbilang efisien dan bisa dilakukan hampir di mana saja. Jumping jack merupakan bagian olahraga plyometrics atau latihan lompat. Plyometrics adalah kombinasi olahraga aerobik dan latihan resistensi. Olahraga ini berfungsi untuk melatih jantung, paru-paru, dan otot secara bersamaan. 

Secara khusus, jumping jack berfungsi untuk bokong, paha depan, fleksor pinggul, dan juga melibatkan otot perut dan bahu. Olahraga ini sebenarnya dimaksudkan untuk membantu orang berlari lebih cepat dan melompat lebih tinggi. Hal itu karena plyometrics bekerja dengan meregangkan otot secara cepat (fase eksentrik) dan memperpendek otot (fase konsentris). 

Lantas, apa saja sih manfaat olahraga jumping jack bagi kesehatan tubuh? Berikut ulasan selengkapnya. 

Baca juga: 7 Manfaat Senam Zumba untuk Kesehatan

Manfaat Melakukan Olahraga Jumping Jack

Jumping jack bisa menjadi olahraga alternatif pengganti treadmill atau sepeda stasioner. Semua olahraga tersebut memiliki manfaat yang sama, yaitu membantu meningkatkan detak jantung. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat dirasakan setelah melakukan jumping jack.

  1. Baik untuk Kesehatan Tulang

Jumping jack adalah latihan beban tubuh yang bagus untuk kesehatan tulang. Olahraga ini membantu tulang lebih kuat dan padat. Selain itu, jumping jack bisa mencegah hilangnya massa tulang dan meningkatkan kekuatan tulang pada orang yang berisiko osteoporosis.

 Menjadikan jumping jack sebagai rutinitas olahraga selama beberapa bulan, akan membantu tubuh jadi lebih sehat. Bahkan, jika dilakukan dalam bentuk yang lebih ringan.

  1. Bisa Menurunkan Berat Badan

Melakukan jumping jack selama kurang lebih 30 menit, bisa membakar sebanyak 186 kalori untuk seseorang yang memiliki berat badan 70 kg. Dengan begitu, jumping jack bisa secara efektif dimasukkan dalam program penurunan berat badan. 

  1. Olahraga yang Melibatkan Seluruh Tubuh

Jumping jack membantu meningkatkan suhu tubuh dan kapasitas aerobik. Itulah alasannya mengapa jumping jack biasanya dilakukan sebagai bagian dari pemanasan atau olahraga kardio. Dengan terlibatnya seluruh anggota tubuh, akan membantu menurunkan berat badan serta mengencangkan tubuh. 

Baca juga: Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari

  1. Mengurangi Stres

Kebanyakan olahraga aerobik memiliki manfaat tambahan untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Begitu juga dengan jumping jack. Olahraga ini melepaskan hormon kebahagiaan atau endorfin, yang mengurangi stres dan rasa sakit. 

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Jumping jack meningkatkan detak jantung dengan cepat. Hal ini penting, karena detak jantung dapat menunjukkan apakah kamu berolahraga dengan benar atau terlalu banyak tekanan. Olahraga yang meningkatkan detak jantung, tentu baik untuk jantung. Baik dengan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi atau intensitas rendah, jumping jack dapat membantu menggerakkan detak jantung di zona optimal.

  1. Bermanfaat untuk Kardiovaskular

Olahraga seperti jumping jack perlu dimasukkan dalam rutinitas olahraga setiap minggu. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan, setidaknya 150 menit (selama satu minggu) aktivitas fisik aerobik dengan intensitas sedang, baik untuk kesehatan kardiovaskular. Olahraga aerobik membantu mengurangi tekanan darah dan kadar lipid. Selain itu, olahraga jenis ini juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. 

Baca juga: Olahraga Pagi atau Malam, Mana yang Lebih Baik?

  1. Membangun Kekuatan Otot

Jumping jack dapat membantu membangun kekuatan otot secara efektif. Contohnya betis, pinggul, otot inti, perut, otot punggung bawah dan bahu. Inilah alasannya mengapa olahraga jumping jack termasuk dalam olahraga interval intensitas tinggi. 

Itulah yang perlu diketahui mengenai olahraga jumping jack. Mungkin masih banyak manfaat lain dari olahraga ini. Atau ada beberapa olahraga yang memiliki manfaat sama dengan jumping jack. Jika tertarik melakukannya, tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc apakah olahraga ini cocok dengan kebutuhan dan kondisi kesehatanmu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Benefits of Jumping Jacks and How to Do Them
Insider. Diakses pada 2021. 3 major health benefits of jumping jacks and how to do them properly
Doctor NDTV. Diakses pada 2021. 7 Health Benefits Of Jumping Jacks You Never Knew