• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Senam Zumba untuk Kesehatan

7 Manfaat Senam Zumba untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Salah satu hal yang membuat orang malas berolahraga adalah anggapan kalau olahraga adalah suatu kewajiban. Inilah yang mengakibatkan datangnya kejenuhan ketika berolahraga. Padahal, olahraga yang dibarengi dengan iringan musik memberikan hasil yang lebih maksimal untuk kesehatan tubuh, lho! Salah satu olahraga yang bisa dicoba adalah zumba. 

Studi yang dipublikasikan oleh American Journal of Health Behavior mengungkapkan, senam zumba mampu membantu menurunkan berat badan antara 1,5 hingga 2 kilogram untuk wanita pengidap obesitas atau diabetes tipe 2. Tidak hanya itu, olahraga satu ini mampu menghilangkan persentase lemak di dalam tubuh sebesar 1 persen ketika dilakukan sebanyak kali seminggu selama empat bulan.

Baca juga: 4 Manfaat Menonton Film Horor

Manfaat Senam Zumba untuk Kesehatan 

Zumba sebagai salah satu olahraga yang menggunakan musik tidak hanya memiliki manfaat kesehatan, tetapi juga memberikan efek relaksasi yang membuat orang senang untuk melakukannya berulang kali. Sebenarnya, apa saja sih manfaat menjadikan zumba sebagai olahraga rutin untuk kesehatan? 

1. Membakar Kalori dan Lemak

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sport Science & Medicine menemukan, melakukan zumba selama 39 menit mampu membakar kalori sebesar 9,5 kalori per menitnya. Setidaknya, ada sekitar 369 kalori yang terbakar dalam sekali kelas zumba 39 menit tersebut.

American Council on Exercise merekomendasikan untuk membakar setidaknya 300 kalori untuk bisa menurunkan berat badan, dan zumba menjadi satu pilihan yang tepat. 

2. Peningkatan Koordinasi Tubuh

Manfaat zumba untuk kesehatan lainnya ialah peningkatan koordinasi tubuh dengan cara mengingat gerakan yang harus dilakukan saat mendengarkan irama musik tertentu. Latihan ini sangat penting, karena seiring bertambahnya usia akan terjadi penurunan kinerja koordinasi tubuh.

3. Latihan Tubuh yang Maksimal

Zumba juga memberikan latihan pada kinerja tubuh secara keseluruhan. Mulai dari kepala, bahu, mengendurkan otot leher, mengencangkan tubuh bagian atas, mengatur pergerakan pergelangan kaki-tangan, serta mengencangkan otot dan persendian.

Baca juga: Inilah 5 Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel

4. Membangun Ketahanan Tubuh

Musik yang diputar untuk mengiringi gerakan zumba memiliki tempo cepat, sehingga pindah gerakan untuk menyesuaikan dengan iramanya mampu membangun ketahanan tubuh.

Studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Sports Medicine and Physical Fitness menemukan bahwa terjadi penurunan denyut jantung dan tekanan darah sistolik setelah melakukan zumba selama 12 minggu, dan hal ini erat kaitannya dengan peningkatan ketahanan tubuh. 

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Latihan zumba dapat meningkatkan rasa percaya diri melalui latihan rutin dan pengembangan postur tubuh yang lebih baik. Nantinya, terjadi peningkatan rasa percaya diri karena kamu memiliki penampilan yang segar dan bugar.

6. Menghilangkan Stres

Sebagai olahraga yang dilakukan dengan musik, zumba sangat efektif menghilangkan stres. Gerakan yang cepat dapat mendukung pelepasan endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati, memberikan efek bahagia, dan perasaan senang.

Baca juga: 5 Tips Mengecilkan Lengan Secara Alami

7. Manfaat Sosial

Di kelas zumba kamu bisa berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, sehingga dari sisi sosial dapat mengembangkan kepribadian dan mengenal berbagai jenis orang. Aktivitas zumba tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, kamu pun akan lebih mudah memahami perbedaan orang yang satu dengan yang lainnya.

Namun, tetap sesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuhmu ya. Lebih baik tanyakan dulu pada dokter, pakai aplikasi Halodoc supaya chat dengan dokter bisa lebih mudah. Kamu bahkan bisa berobat ke rumah sakit terdekat menggunakan aplikasi Halodoc, lho!

Referensi: 
American Journal of Health Behavior. Diakses pada 2020. Zumba Dance Improves Health in Overweight/Obese or Type 2 Diabetic Women
Journal of Sports Science & Medicine. Diakses pada 2020. Zumba: Is the "Fitness-Party" a Good Workout? 
The Journal of Sports Medicine and Physical Fitness. Diakses pada 2020. Cardiovascular Effects, Body Composition, Quality of Life and Pain after a Zumba Fitness Program in Italian Overweight Women