• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Ucapan Kata Terima Kasih Bagi Kesehatan Mental

7 Manfaat Ucapan Kata Terima Kasih Bagi Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
7 Manfaat Ucapan Kata Terima Kasih Bagi Kesehatan Mental

“Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), terima kasih berarti bersyukur. Dengan kata lain, mengucapkan terima kasih menjadi cara tepat untuk bersyukur setelah melalui berbagai hal. Terima kasih juga kerap dilontarkan sebagai bentuk menghargai bantuan yang diterima. Lantas, adakah manfaat ucapan terima kasih itu sendiri?”

Halodoc, Jakarta – Terima asih bukan hanya sekedar menghargai, atau membalas budi atas kebaikan orang lain. Maknanya lebih dari itu. Pasalnya, kebiasaan baik ini juga dapat berdampak pada kesehatan fisik maupun mental. Beberapa manfaat ucapan terima kasih memang belum banyak diketahui orang. Berikut ini beberapa manfaat tersebut:

Baca juga: Uring-uringan Jelang Senin, Ini 5 Cara Mengatasi Lunaediesophobia

1. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Orang yang sering mengucapkan terima kasih merupakan sosok optimis. Perilaku tersebut dinilai mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, kebiasaan yang sering dianggap remeh ini dapat membuat jantung menjadi lebih sehat, menurunkan tekanan darah, serta menurunkan produksi hormon kortisol yang menjadi penyebab stres.

2. Meningkatkan Kualitas Hubungan

Manfaat ucapan terima kasih selanjutnya adalah meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan. Pasangan yang saling berterima kasih, dinilai memiliki hubungan lebih kuat. Pasalnya, kebiasaan ini akan membuat masing-masing merasa lebih nyaman dan dihargai. 

3. Meningkatkan Produktivitas Seseorang

Jika kamu adalah atasan, rutin mengucapkan terima kasih pada karyawan mampu meningkatkan produktivitas mereka, lo. Ucapan yang terlihat sepele membuat karyawan merasa dihargai atas kerja kerasnya. Kebiasaan baik ini akan membuat seseorang termotivasi untuk bekerja lebih giat.

4. Meningkatkan Harga Diri Seseorang

Seperti penjelasan sebelumnya, terima kasih menjadi salah satu cara sederhana untuk bersyukur. Dengan menjadi orang yang penuh syukur, hal tersebut dapat meningkatkan self esteem atau membuat kamu lebih menghargai diri sendiri. Hal tersebut dapat mencegah kamu memiliki rasa iri hati atas keberhasilan orang lain.

Baca juga: Inilah Dampak Menopause Bagi Relasi Ibu dan Anak

5. Meningkatkan Kualitas Hidup

Terima kasih bukan hanya menunjang kualitas hidup diri sendiri saja, tetapi juga orang lain. Diri sendiri juga terasa lebih percaya diri. Selain percaya diri, orang yang sering mengucapkan terima kasih dinilai lebih sabar, serta memiliki kemampuan dalam membuat keputusan. Bisa dibilang, hidup orang yang sering berterima kasih terasa lebih berarti.

6. Mencegah Depresi

Manfaat ucapan terima kasih selanjutnya adalah mencegah depresi. Ucapan tersebut dapat menurunkan kadar stres dan depresi dalam tubuh. Seseorang yang mendapat ucapan terima kasih juga merasa memiliki banyak dukungan dari orang lain.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan kualitas tidur menjadi manfaat ucapan terima kasih yang terakhir. Untuk mendapatkan manfaat ini, cobalah lakukan sebelum tidur. Diawali dengan mengucapkan terimakasih pada diri sendiri karena sudah berhasil bertahan sejauh ini, dan kuat menghadapi berbagai cobaan hidup. Melakukan hal ini sebelum tidur dapat memicu perasaan tenang, sehingga tidur pun menjadi lebih nyenyak.

Baca juga: Ketahui 7 Makanan yang Mampu Mengusir Bad Mood

Itulah beberapa manfaat ucapan terima kasih. Jadi, biasakan untuk berterima kasih kepada siapapun, termasuk saat kamu dalam kondisi terburuk dalam hidup. Jika belum terbiasa, terima kasih dapat kamu utarakan setelah mendapatkan pertolongan-pertolongan kecil yang diberikan orang-orang terdekat. 

Nah, jika kamu mengalami gangguan kesehatan tertentu, silahkan diskusikan hal tersebut dengan dokter di aplikasi Halodoc. Download di sini jika kamu belum memiliki aplikasinya, ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Health Harvard. Diakses pada 2021. Giving thanks can make you happier.

Huff Post. Diakses pada 2021. The Benefits Of Gratitude: Why Saying Thank You Matters.

Everyday Health. Diakses pada 2021. Teaching Kids the Importance of Gratitude.

Psychology Today. Diakses pada 2021. 7 Scientifically Proven Benefits of Gratitude.

Halodoc. Diakses pada 2021. 9 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental.