• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan

7 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 Mei 2022

“Vitamin E menjadi salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada berbagai manfaat vitamin E untuk kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan mata.”

7 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Vitamin adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Namun, sayangnya vitamin tidak diproduksi oleh tubuh secara langsung. Untuk mendapatkan kebutuhan vitamin yang diperlukan, kamu perlu mengonsumsi berbagai makanan sehat dan suplemen.

Ada berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah vitamin E. Memenuhi kebutuhan vitamin E setiap hari membuat kamu bisa merasakan berbagai manfaat vitamin ini untuk kesehatan. Yuk, simak berbagai manfaat vitamin E yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan tubuh berikut ini! 

Manfaat Vitamin E bagi Kesehatan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tubuh tidak dapat memproduksi vitamin sendiri, termasuk vitamin E. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E, kamu perlu mengonsumsi berbagai makanan sehat yang mengandung vitamin E tinggi.

Ada berbagai jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini, seperti ikan salmon, lobster, kacang-kacangan, alpukat, mangga, kiwi, brokoli, hingga bayam menjadi makanan yang mengandung banyak vitamin E.

Tentunya saat kebutuhan vitamin E sudah terpenuhi dengan baik kamu bisa merasakan manfaatnya. Berikut ini manfaat vitamin E untuk kesehatan:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan kolesterol menjadi salah satu pemicu yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebaiknya perbanyak mengonsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin E tinggi karena bisa membantu kamu untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Mencegah Dismenore pada Wanita

Vitamin E memiliki manfaat tersendiri bagi wanita yang tengah menjalani menstruasi. Memenuhi kebutuhan vitamin E mampu menurunkan risiko dismenore saat menstruasi. Dismenore adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan kram perut saat menstruasi.

3.  Meningkatkan Fungsi Paru

Selain rutin berolahraga dan tidak merokok, kamu juga bisa meningkatkan kesehatan dan fungsi paru dengan memenuhi kebutuhan vitamin E. Bahkan, pada bayi dan anak-anak, vitamin E bisa menurunkan terjadinya gejala asma.

4. Menurunkan Risiko Alzheimer

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsian vitamin E mampu menurunkan risiko alzheimer. Bahkan dengan memenuhi kebutuhan vitamin ini, tubuh bisa terhindar dari penyakit alzheimer. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayur yang mengandung vitamin E untuk menjaga kesehatan otak tetap optimal.

5. Mencegah Preeklampsia pada Wanita Hamil

Bukan hanya folat untuk perkembangan bayi dalam kandungan, wanita hamil juga perlu memenuhi kebutuhan vitamin E. Vitamin ini dinilai bisa mencegah terjadinya preeklamsia selama menjalani masa kehamilan. 

6. Mencegah Perkembangan Penyakit Kanker

Vitamin E berperan sebagai antioksidan dalam tubuh yang bisa menangkal berbagai paparan radikal bebas yang memicu gangguan kesehatan, termasuk penyakit kanker. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin E, tubuh lebih optimal dalam mencegah perkembangan sel abnormal dalam tubuh yang memicu penyakit kanker.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Memenuhi kebutuhan vitamin E dinilai mampu mencegah gangguan kesehatan pada mata, seperti degenerasi makula. Kandungan antioksidan pada vitamin E ini membuat kesehatan mata lebih terjaga dengan baik.

Itulah berbagai manfaat vitamin E untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan vitamin E dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat. 

Kamu bisa bertanya langsung pada dokter mengenai dosis vitamin E yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Meskipun jarang terjadi, mengonsumsi vitamin E secara berlebihan memicu efek samping, seperti mual, muntah, nyeri perut, hingga diare.

Tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. 8 Unique Benefits of Vitamin E.
Healthline. Diakses pada 2022. 20 Foods That Are High in Vitamin E.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Vitamin E.
Very Well Fit. Diakses pada 2022. Health Benefits of Vitamin E.