• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Masalah Kesehatan Anak yang Ditangani Dokter Pediatri

7 Masalah Kesehatan Anak yang Ditangani Dokter Pediatri

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
7 Masalah Kesehatan Anak yang Ditangani Dokter Pediatri

“Ada berbagai masalah kesehatan pada anak yang bisa ditangani oleh dokter pediatri. Mulai dari cedera atau luka pada anak, gangguan pada gigi anak, alergi, gangguan makan, gangguan tumbuh kembang, hingga saat anak mengalami demam tinggi. Penanganan tepat tentunya membuat kondisi anak menjadi lebih cepat pulih.”

Halodoc, Jakarta – Tentunya ada rasa khawatir yang dialami orangtua ketika anaknya mengalami gangguan kesehatan atau tumbuh kembang. Salah satu cara yang bisa dilakukan orangtua adalah mengunjungi dokter anak atau yang dikenal juga sebagai pediatri. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan sesuai dengan keluhan kesehatan atau kondisi anak.

Baca juga: Lindungi Kesehatan Anak dengan 7 Tips Ini

Ada berbagai masalah kesehatan anak yang dapat ditangani oleh dokter pediatri. Biasanya, orangtua perlu menyesuaikan kebutuhan pemeriksaan dengan kondisi kesehatan anak untuk memilih dokter pediatri. Tidak ada salahnya, simak beberapa masalah kesehatan anak yang dapat ditangani oleh dokter pediatri.

Masalah Kesehatan Anak yang Dapat Ditangani Dokter Pediatri

Dokter pediatri merupakan salah satu dokter yang bertugas untuk membantu menjaga kesehatan anak, baik secara pertumbuhan maupun perkembangan anak. Dokter pediatri juga dapat memberikan berbagai anjuran dan saran untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan fisik pada anak.

Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui beberapa masalah kesehatan anak yang dapat ditangani oleh dokter pediatri:

  1. Cedera atau luka. Saat anak mengalami kondisi cedera atau luka yang cukup parah, segera kunjungi dokter anak untuk mencegah gangguan kesehatan lebih buruk dan mengatasi masalah yang dialami.
  2. Gangguan kesehatan gigi. Bukan hanya orang dewasa, nyatanya medis pun memiliki dokter gigi yang diperuntukkan bagi anak-anak. Ibu bisa mengajak anak secara rutin mengunjungi dokter gigi anak untuk merawat dan menjaga kesehatan gigi.
  3. Alergi. Jika anak memiliki gangguan kesehatan, seperti asma atau mengalami beberapa kondisi alergi akibat alergen maupun iritan yang sudah diketahui, tidak ada salahnya mengajak anak rutin mengunjungi dokter pediatri agar kondisi ini dapat diatasi dan diberikan pengobatan yang tepat guna menghindari kondisi yang memburuk.
  4. Gangguan makan. Saat anak mengalami gangguan makan, ibu juga bisa mengunjungi dokter pediatri sebagai penanganan pertama. Pemeriksaan yang dilakukan dapat membuat dokter pediatri mengetahui adanya tanda-tanda gangguan perilaku maupun fisik pada anak.
  5. Demam tinggi. Demam menjadi salah satu tanda bahwa tubuh sedang mengalami gangguan kesehatan. Jika anak mengalami demam tinggi yang tak kunjung reda, sebaiknya segera kunjungi dokter pediatri pada rumah sakit terdekat agar dilakukan pemeriksaan dan gangguan kesehatan yang dialami oleh anak dapat mereda.
  6. Pemberian vaksin. Dokter pediatri juga bisa memberikan vaksin sesuai dengan usia dan kebutuhan anak. Pemberian vaksin menjadi salah satu pencegahan gangguan kesehatan yang cukup optimal pada anak.
  7. Gangguan tumbuh kembang. Dokter pediatri juga dapat memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai dengan usia dn tahapannya. Tentunya, jika anak mengalami gangguan tumbuh kembang, dokter pediatri pun dapat melakukan pemeriksaan lebih jauh terhadap kondisi anak.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Usia 1 – 2 Tahun

Dokter pediatri juga berhak memberikan saran dan resep pengobatan untuk anak-anak. Tentunya, kondisi ini akan disesuaikan dengan kebutuhan anak. Dokter pediatri juga dapat memberikan saran atau masukan untuk mengunjungi dokter spesialis yang dibutuhkan oleh anak untuk menunjang pengobatan gangguan kesehatan yang dialami.

Tips Menjaga Kesehatan Anak

Jangan ragu untuk mengunjungi dokter pediatri terdekat jika anak mengalami beberapa keluhan kesehatan yang mengganggu. Ibu bisa gunakan Halodoc dan cari tahu dokter pediatri yang bisa memberikan pengobatan pada anak. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play.

Nah, sebagai pencegahan, sebaiknya jangan lupa untuk melakukan beberapa tips sederhana berikut agar kondisi kesehatan anak tetap optimal:

  1. Berikan anak pola makan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi serta energi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  2. Rutin ajak anak melakukan olahraga ringan.
  3. Berikan anak porsi buah dan sayur lebih banyak setiap harinya.
  4. Penuhi kebutuhan tidur anak.
  5. Penuhi kebutuhan cairan pada tubuh anak.
  6. Lakukan vaksinasi secara rutin sesuai dengan jadwal.

Baca juga: Ketahui Tes Kesehatan Apa Saja untuk Anak

Itulah beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk menjaga kesehatan anak agar tetap optimal.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. What to Know About Pediatrics.
Healthline Parenthood. Diakses pada 2021. What Is a Pediatricians?
Healthline Parenthood. Diakses pada 2021. Doctor Your Child Needs.
Grow by Web MD. Diakses pada 2021. What Is a Pediatrician?