• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Minuman Sehat yang Baik untuk Pengidap Asam Lambung

7 Minuman Sehat yang Baik untuk Pengidap Asam Lambung

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
7 Minuman Sehat yang Baik untuk Pengidap Asam Lambung

“Banyak orang mengira jika ia terkena serangan jantung saat gejala penyakit asam lambung muncul. Penyakit ini memang tidak mematikan seperti serangan jantung, tetapi perlu ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi yang membahayakan.”

Halodoc, Jakarta – Bagi pengidap asam lambung, mereka perlu melakukan langkah pencegahan untuk menghindari kekambuhan gejala. Salah satu cara tepat yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi minuman sehat. Minuman sehat ini bukan hanya mampu mencegah, tetapi juga mengatasi asam lambung saat sedang kambuh. Jangan sampai salah pilih minuman, karena justru dapat memicu bocornya asam lambung, sehingga mengalir menuju kerongkongan. Berikut ini minuman sehat yang baik dikonsumsi pengidap asam lambung:

Baca juga: GERD Bisa Sebabkan Sakit Tenggorokan, Ini Penjelasannya

1. Air Putih

Minuman pertama yang baik dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung adalah air putih. Meski menyehatkan, kamu perlu mengetahui kadar pH air sebelum dikonsumsi. Pasalnya, kebanyakan pH air cenderung netral atau mencapai angka 7, sehingga tidak menutup kemungkinan jika air putih dapat meningkatkan kadar pH dari setiap makanan yang dikonsumsi. 

2. Air Kelapa

Air kelapa menjadi minuman selanjutnya yang mampu mengatasi asam lambung. Jika dikonsumsi tanpa gula tambahan, minuman ini sangat baik bagi pengidap asam lambung. Hal tersebut dikarenakan, air kelapa kaya akan elektrolit seperti kalium yang mampu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh, sehingga gejala asam lambung dapat dikontrol.

3. Susu Nabati

Susu nabati baik dikonsumsi pada pengidap intoleransi laktosa. Susu nabati yang terbuat dari kacang almond memiliki kandungan basa yang dapat membantu menetralkan asam lambung. Selain susu dari kacang almond, kamu juga bisa mengonsumsi susu kedelai.

Baca juga: Posisi Tidur yang Aman saat Asam Lambung Tinggi

4. Susu Rendah Lemak

Susu sapi rendah lemak dan susu skim menjadi salah satu minuman yang mampu mengatasi asam lambung. Susu jenis ini berbeda dengan susu sapi yang tinggi lemak. Tingginya lemak pada susu sapi akan sulit dicerna, sehingga gejala asam lambung pun bisa saja memburuk.

5. Teh Herbal

Teh herbal mampu meningkatkan kinerja pencernaan, sehingga asam lambung pun dapat dicegah. Untuk mengatasi asam lambung, sebaiknya hindari teh spearmint atau teh peppermint. Jangan lupa untuk memilih jenis teh yang bebas dari kandungan kafein, seperti teh chamomile dan licorice.

6. Jus Buah 

Mengonsumsi jus buah memang dapat mengatasi asam lambung, tetapi tidak disarankan dari buah dengan kandungan asam yang tinggi, seperti kelompok buat citrus atau apel. Buah yang aman dikonsumsi pengidap asam lambung, yaitu pisang, pepaya, bit, semangka, juga pir.

7. Wedang Jahe

Jahe mampu menghambat asam dan menekan bakteri Helicobacter Pylori yang memicu munculnya gejala asam lambung. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin.

Baca juga: Apa Saja Ciri Ciri Asam Lambung Naik?

Itulah beragam jenis minuman sehat untuk mencegah dan mengatasi asam lambung saat gejala kambuh. Jika menginginkan proses penyembuhan yang lebih cepat, kamu bisa membeli obat menggunakan fitur “toko kesehatan” di aplikasi Halodoc. Jangan lupa untuk membaca label kemasan sebelum digunakan, ya. Pastikan untuk mengonsumsi dalam dosis yang tepat agar terasa manfaatnya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What to Drink for Acid Reflux.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What to drink if you have acid reflux.
Prevention. Diakses pada 2021. 10 Best Foods And Drinks To Fight Your Acid Reflux.