• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Obat Diare Anak dari Bahan Alami yang Aman Dikonsumsi

7 Obat Diare Anak dari Bahan Alami yang Aman Dikonsumsi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
7 Obat Diare Anak dari Bahan Alami yang Aman Dikonsumsi

“Diare umumnya bisa ditangani dengan cara pengobatan rumahan. Bahan alami yang aman dikonsumsi saat diare ada berbagai jenis, mulai dari probiotik, konsumsi air hangat, rebusan jahe, bubuk kayu putih, atau juga rebusan cengkeh. Permen mint atau rebusan daun mint juga bisa jadi pilihan aman untuk penanganan diare baik pada anak maupun orang dewasa.”

Halodoc, Jakarta – Diare adalah kondisi yang sangat tidak nyaman. Diare membuat kamu harus bolak-balik ke kamar mandi. Belum lagi sensasi perut mulas dan anus terasa terbakar karena buang air terus. 

Kebanyakan orang bisa menangani situasi ini dengan istirahat dan pengobatan rumahan, tetapi untuk kondisi yang parah memerlukan bantuan dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Terkait dengan pengobatan rumahan, bahan alami seperti apa yang aman dikonsumsi untuk obat diare, terutama buat anak? 

Baca juga: Diare Menyerang, Obati dengan 6 Cara Ini

1. Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang bermanfaat bagi sistem pencernaan, karena probiotik mendukung kerja usus dan membantu melawan infeksi. Probiotik bisa diperoleh dari makanan berfermentasi seperti yoghurt. Dalam sebuah penelitian disebutkan mengonsumsi probiotik dapat mempersingkat durasi pemulihan dari diare. Makan probiotik juga relatif aman  karena tanpa efek samping. 

2. Air Putih Hangat

Tubuh membutuhkan air untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman secara efisien. Diare membuat dehidrasi, sehingga membuat pencernaan lebih sulit dan bekerja kurang efektif. Kamu perlu mengganti jumlah asupan air yang berkurang karena diare dengan minum air putih. Alangkah lebih baik bila air putih yang kamu minum dalam kondisi hangat, sehingga membantu menghangatkan perutmu.

Baca juga: Antara Air Hangat dan Air Dingin, Mana yang Lebih Sehat?

3. Jahe

Jahe adalah obat alami yang umum untuk sakit perut dan gangguan pencernaan. Jahe mengandung bahan kimia yang disebut gingerol dan shogaol yang dapat membantu mempercepat kontraksi perut. Ini dapat memindahkan makanan yang menyebabkan gangguan pencernaan melalui perut lebih cepat.

Kandungan alami pada jahe juga dapat membantu mengurangi mual, muntah, dan diare. Orang dengan sakit perut dapat mencoba menambahkan jahe ke makanan mereka atau meminumnya sebagai teh.

4. Mint

Selain menghilangkan bau napas, menthol pada mint dapat mencegah muntah saat diare, mengurangi kejang otot di usus, serta menghilangkan rasa sakit. Mengisap permen mint juga bisa menjadi cara lain untuk membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan mulas karena diare. Mengisap permen mint juga bisa jadi pilihan bahan alami untuk obat diare yang aman dikonsumsi buat anak.

5. Kombinasi Jeruk Nipis, Soda Kue, dan Air

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mencampurkan air jeruk nipis ke dalam air dengan sejumput soda kue dapat membantu meredakan berbagai keluhan pencernaan. Campuran ini menghasilkan asam karbonat, yang dapat membantu mengurangi gas dan gangguan pencernaan. 

Ini juga dapat meningkatkan sekresi hati dan mobilitas usus. Keasaman dan nutrisi lain dalam air jeruk nipis atau lemon dapat membantu mencerna dan menyerap lemak dan alkohol sekaligus menetralkan asam empedu dan mengurangi keasaman di perut.

Baca juga: 6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

6. Kayu Manis

Kayu manis mengandung beberapa antioksidan yang dapat membantu memperlancar pencernaan dan mengurangi risiko iritasi dan kerusakan pada saluran pencernaan. Beberapa antioksidan dalam kayu manis adalah eugenol, sinamaldehida, linalool, dan kamper.

Zat-zat pada kayu manis ini dapat membantu mengurangi gas, kembung, kram, dan sendawa. Selain itu, juga dapat membantu menetralkan keasaman lambung untuk mengurangi mulas dan gangguan pencernaan.

Kalau kamu sedang sakit perut, cobalah menambahkan 1 sendok teh bubuk kayu manis berkualitas baik, atau satu inci batang kayu manis, ke dalam makanan. Kamu juga bisa mencampur kayu manis dengan air mendidih untuk membuat teh. Lakukan dua sampai tiga kali sehari untuk membantu meredakan gangguan pencernaan.

7. Cengkeh

Cengkeh mengandung zat yang dapat membantu mengurangi gas di perut dan meningkatkan sekresi lambung. Cengkeh juga dapat mempercepat pencernaan yang lambat serta mengurangi tekanan dan kram. Bila kamu sedang mengalami sakit perut, coba campurkan 1 atau 2 sendok teh bubuk cengkeh dengan 1 sendok teh madu ke dalam air mendidih lalu minum sebelum tidur. 

Itulah informasi mengenai bahan alami yang aman dikonsumsi saat diare. Ini tidak hanya digunakan untuk anak tapi juga efektif buat orang dewasa. Kalau kondisi diaremu cukup parah, tanyakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjutnya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 5 Methods for Getting Rid of Diarrhea Fast.
Medical News Today. Diakses pada 2021. How to treat diarrhea at home.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Home and natural remedies for upset stomach.