• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Penyebab Gula Darah Rendah yang Perlu Diwaspadai

7 Penyebab Gula Darah Rendah yang Perlu Diwaspadai

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
7 Penyebab Gula Darah Rendah yang Perlu Diwaspadai

Halodoc, Jakarta – Kadar gula darah yang rendah atau hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula dalam darah (glukosa) turun terlalu rendah. Kondisi ini biasanya terjadi pada pengidap diabetes yang mengonsumsi obat untuk meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.

Namun, obat-obatan tertentu dan berbagai kondisi lainnya juga bisa menyebabkan gula darah rendah pada orang yang tidak memiliki diabetes. Hipoglikemia juga bisa menjadi pertanda dari kondisi kesehatan yang lebih serius. Sebaiknya jangan sepelekan kondisi ini. Ketahui penyebab kadar gula darah rendah berikut ini.

Memahami Regulasi Gula Darah

Gula darah atau glukosa adalah sumber energi penting bagi tubuh manusia. Glukosa berasal dari makanan berkarbohidrat, seperti nasi, kentang, roti, sereal, buah, sayuran, dan susu. 

Setelah kamu mengonsumsi makanan tersebut, glukosa diserap ke dalam aliran darah, lalu menuju ke sel-sel tubuh kamu. Hormon yang disebut insulin yang dibuat di pankreas akan membantu sel untuk menggunakan glukosa sebagai energi.

Bila kamu mengonsumsi glukosa lebih banyak dari yang kamu butuhkan, maka tubuh akan menyimpannya di hati dan otot, atau mengubahnya menjadi lemak, sehingga bisa digunakan untuk energi saat dibutuhkan nanti. Tanpa glukosa yang cukup, tubuh tidak bisa menjalankan fungsi normalnya.

Bagi kebanyakan orang, kadar gula darah puasa 70 miligram per desiliter (mg/dL) atau di bawahnya sudah bisa dianggap sebagai hipoglikemia. Namun, kadar gula darah normal pada tiap orang mungkin berbeda. Bicarakan pada dokter mengenai kadar gula darah kamu. Kondisi kadar gula yang rendah perlu ditangani untuk mencegah gejala yang lebih serius berkembang.

Baca juga: Ketahui Batas Kadar Gula Normal bagi Tubuh

Waspada Penyebab Gula Darah Rendah 

Gula darah rendah bisa terjadi karena beberapa penyebab. Biasanya, kondisi itu merupakan efek samping dari pengobatan diabetes. Namun, orang yang tidak mengidap diabetes pun juga bisa mengalami gula darah rendah. Berikut ini penyebab gula darah rendah yang perlu diwaspadai:

1.Pengobatan Diabetes

Bila kamu mengidap diabetes, tubuh kamu mungkin tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup (diabetes tipe 1) atau tubuh mungkin tidak bisa menggunakan insulin dengan baik (diabetes tipe 2). Akibatnya, glukosa cenderung menumpuk di aliran darah dan bisa mencapai kadar yang sangat tinggi. 

Cara mengatasi kondisi tersebut dengan menggunakan insulin atau obat lain untuk menurunkan kadar gula darah rendah. Namun, menggunakan terlalu banyak insulin atau obat diabetes lainnya bisa menyebabkan kadar gula darah turun terlalu rendah, sehingga akhirnya menyebabkan hipoglikemia. Pengidap diabetes juga bisa mengalami hipoglikemia bila makan lebih sedikit dari biasanya setelah minum obat diabetes, atau bila berolahraga lebih keras dari biasanya.

2.Obat-obatan Tertentu

Mengonsumsi obat diabetes oral orang lain secara tidak sengaja bisa menyebabkan gula darah rendah. Selain itu, obat-obatan lain juga bisa menyebabkan hipoglikemia, terutama pada anak-anak atau pada pengidap gagal ginjal. Salah satu contoh obat tersebut adalah kina (Qualaquin) yang digunakan untuk mengobati penyakit malaria.

3.Konsumsi Alkohol Berlebihan

Minum banyak alkohol tanpa mengonsumsi makanan bisa menghalangi organ hati melepaskan glukosa yang tersimpan ke dalam aliran darah, sehingga menyebabkan hipoglikemia.

4.Beberapa Penyakit Kritis

Penyakit hati yang parah, seperti hepatitis atau sirosis parah adalah penyebab gula darah rendah yang perlu diwaspadai. Gangguan ginjal juga bisa menghalangi tubuh untuk mengeluarkan obat dengan benar, sehingga bisa membuat kadar gula darah menjadi rendah karena penumpukan obat tersebut.

5.Kelaparan dalam Waktu Lama

Berpuasa, melakukan diet atau memiliki gangguan makan seperti anoreksia nervosa bisa membuat tubuh kelaparan dalam waktu lama. Kondisi tersebut memicu menurunnya kadar gula darah karena zat yang dibutuhkan untuk membuat glukosa menjadi terlalu sedikit.

6.Produksi Insulin Berlebih

Tumor pankreas langka juga menjadi penyebab gula darah rendah yang perlu diwaspadai, karena penyakit tersebut bisa menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak insulin.

Tumor lain juga bisa menghasilkan terlalu banyak produksi zat seperti insulin. Pembesaran sel-sel pankreas yang memproduksi insulin bisa mengakibatkan pelepasan insulin yang berlebihan, sehingga menyebabkan hipoglikemia.

7.Kekurangan Hormon

Kelainan kelenjar adrenal dan tumor hipofisis tertentu bisa menyebabkan kekurangan hormon utama yang mengatur produksi glukosa. Anak-anak dapat mengalami hipoglikemia jika mereka memiliki terlalu sedikit hormon pertumbuhan.

Baca juga: Inilah Tanda-tanda Kalau Kamu Kelebihan Gula Darah

Itulah penyebab gula darah yang perlu kamu waspadai. Namun, jangan khawatir. Gula darah rendah biasanya bisa diatasi dengan cara meningkatkan kembali gula darah dengan mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula atau dengan obat-obatan. 

Baca juga: Cara Simpel Mengendalikan Gula Darah

Kamu bisa beli obat yang kamu butuhkan lewat aplikasi Halodoc. Jadi, kamu tidak perlu repot keluar rumah, cukup pesan saja lewat aplikasi. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Hypoglycemia.
Healthline. Diakses pada 2021. Low Blood Sugar (Hypoglycemia)