• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Sumber Vitamin C yang Baik untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Sumber Vitamin C yang Baik untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

7 Sumber Vitamin C yang Baik untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 September 2022

“Ada banyak pilihan sumber vitamin C yang baik untuk dikonsumsi. Termasuk buah jambu biji, kiwi, hingga brokoli dan paprika.”

7 Sumber Vitamin C yang Baik untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh7 Sumber Vitamin C yang Baik untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi makanan sumber vitamin C sangat penting. Sebab, vitamin ini memainkan banyak peran penting dalam tubuh. Secara khusus, ini adalah kunci untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah infeksi, dan melawan penyakit.

Sayangnya, tubuh tidak menyimpan vitamin C. Jadi, kamu perlu mendapatkan nutrisi ini dari makanan setiap hari. Apa saja makanan sumber vitamin ini? Yuk simak lebih lanjut!

Pilihan Makanan Sumber Vitamin C

Berikut ini adalah beberapa sumber vitamin C yang bisa kamu pilih:

1. Jambu Biji

jambu biji

Buah berwarna merah ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Bahkan lebih tinggi dari jeruk. Satu buah jambu biji dengan berat 100 gram, memiliki lebih dari 200 mg vitamin C.

2. Nanas 

nanas

Nanas adalah buah sumber vitamin C yang rasanya enak dan menyegarkan. Setiap porsi 100 gram buah nanas mengandung 47.8 mg vitamin C. Mineral yang jarang ditemukan dalam makanan alami, mangan, juga ditemukan dalam nanas sehingga menjadi tambahan nutrisi yang bagus.

3. Kiwi

kiwi

Punya rasa asam manis yang lezat, kiwi juga merupakan buah yang mengandung vitamin C. Dalam seporsi buah kiwi 100 gram mengandung 92.7 mg vitamin C. Buah ini juga mengandung vitamin K dan E.

4. Mangga

mangga

Mangga secara alami tinggi vitamin C dan beta-karoten, sehingga bisa membantu dalam meningkatkan kekebalan. Dalam 100 gram mangga, terkandung sekitar 36.4 mg vitamin C.

5. Pepaya

pepaya

Pepaya juga merupakan sumber vitamin C. Per 100 gram pepaya mengandung sekitar 62 mg vitamin C.

6. Brokoli

brokoli

Selain tinggi serat, brokoli juga kaya akan vitamin C. Dalam 100 gram brokoli, mengandung vitamin C sekitar 89 mg.

7. Paprika

paprika

Paprika merah dan kuning sangat kaya akan antioksidan, yang membantu menjaga kesehatan mata dan jantung. Ini juga mengandung vitamin C sebesar 0.9 mg dalam 100 gramnya. 

Itulah beberapa makanan sumber vitamin C yang bisa bantu jaga kekebalan tubuh. Pastikan kamu memasukkannya dalam menu makan sehari-hari, ya. Jika kamu mengalami masalah kesehatan, download Halodoc saja untuk bicara pada dokter melalui chat.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. What Are Foods High In Vitamin C?
NDTV Food. Diakses pada 2022. 9 Fruits And Vegetables That Have More Vitamin C Than Orange.