7 Tips Mencegah Mabuk Kendaraan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
7 Tips Mencegah Mabuk Kendaraan

Halodoc, Jakarta – Ada sebagian orang yang sering mengalami mabuk perjalanan. Kondisi ini sebenarnya wajar saja terjadi. Mabuk bisa dilatarbelakangi karena kebiasaan atau bisa juga dipengaruhi faktor kesehatan. Misalnya, kamu sedang masuk angin atau perut dalam keadaan kosong sehingga berpotensi menyebabkan mabuk perjalanan.

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

Bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan dan sering mengalami mabuk kendaraan, kamu perlu mengikuti tujuh cara mencegah mabuk kendaraan berikut ini.

1. Makan Sebelum Melakukan Perjalanan

Mencegah mabuk kendaraan yang pertama, yakni mengisi perut sebelum melakukan perjalanan. Hal ini dikarenakan, rasa mual ketika diperjalanan berasal dari perut yang kosong. Ketika perut kosong bisa meningkatkan asam lambung untuk naik ke atas dan menyebabkan rasa mual. Hal ini bisa lebih parah bila kamu memang memiliki riwayat masalah kesehatan lambung.

Maka dari itu, sebaiknya makan 1-1,5 jam sebelum bepergian. Usahakan hindari makanan pedas, makanan berminyak, dan minuman bersoda yang bisa memperparah mual dan pusing di perjalanan. Selain itu, makan berlebihan atau terlalu kenyang bisa memicu mabuk perjalanan, jadi jangan terlalu kenyang.

2. Mengonsumsi Obat Anti Mabuk Perjalanan

Cara mencegah mabuk kendaraan selanjutnya yakni dengan mengonsumsi obat anti mabuk perjalanan. Biasanya, obat anti mabuk bisa menimbulkan rasa kantuk. Maka dari itu, mata dan telinga kamu bisa “beristirahat”. Hal ini bisa menghindari rasa mual di perjalanan.

3. Membawa Minyak Angin atau Aromaterapi

Mencegah mabuk kendaraan bisa juga disiasati dengan cara menghirup aroma minyak angin atau aromaterapi yang bisa kamu manfaatkan untuk mengendalikan mual. Sebaiknya, kamu bawa jika berpergian jauh. Hal ini berguna untuk berjaga-jaga bila mendadak mual atau kedinginan karena hawa AC.

4. Hindari Memainkan Gadget Selama Perjalanan

Ketika dalam perjalanan, jangan bermain gadget atau membaca buku. Ini karena aktivitas tersebut membuat mata, telinga, dan otak menjadi kacau dalam mencerna informasi, sehingga berisiko memicu rasa mual dan pusing. Maka dari itu, sebaiknya istirahatkan tubuh selama perjalanan agar saat tiba di tempat tujuan tubuhmu kembali segar dan bugar.

5. Carilah Teman Ngobrol

Tidak ada salahnya jika kamu mencari teman ngobrol selama melakukan perjalanan jauh. Cara ini bisa mencegah mabuk kendaraan saat menaiki transportasi umum. Selain itu, kamu mungkin saja bisa mendapat kenalan baru yang menyenangkan.

6. Bawa Camilan Sehat

Bila jarak tempuh perjalanan cukup jauh dan memerlukan waktu yang lama, kamu sebaiknya membawa camilan sehat untuk menemani kamu selama perjalanan. Misalnya, permen mint dan pejamkan mata untuk mencegah gejala mual. Bila kamu suka mengalami mabuk perjalanan, sebaiknya makan makanan berat seperti roti. Selain itu, kamu juga harus membawa minuman yang segar seperti air putih.

7. Membuka Jendela Mobil

Jika selama perjalanan kamu tidak menemukan teman ngobrol, kamu bisa mencoba melihat ke luar sambil mengamati pemandangan sepanjang perjalanan. Hal ini juga bisa membantu kamu mencegah mabuk selama perjalanan.

Jika tujuh cara di atas belum ampuh, kamu bisa meminta bantuan dokter untuk mendapatkan solusi yang lebih baik. Kamu bisa bertanya pada dokter yang ada di Halodoc melalui pilihan komunikasi Chat, dan Voice/ Video call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.

Baca juga: