• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Tips Merawat Softlense

7 Tips Merawat Softlense

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Lensa kontak atau softlense kini semakin diminati banyak orang sebagai alat bantu penglihatan pengganti kacamata. Enggak hanya orang yang punya gangguan penglihatan saja. Orang yang matanya sehat pun ikut-ikutan mengenakan softlense, khususnya softlense berwarna, yang bisa mempercantik wajah. Nah, kalau kamu termasuk orang yang sering menggunakan softlense, ini 7 tips merawat softlense yang perlu kamu tahu agar matamu senantiasa sehat dan segar.

  1. Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Agar softlense tetap dalam keadaan bersih dan bebas dari kuman, biasakanlah untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasang atau melepas softlens. Permukaan softlense sangat tipis dan biasanya orang mengambil softlense langsung dengan menggunakan tangan. Jika kamu tidak mencuci tangan terlebih dahulu, maka bukan tidak mungkin debu dan kuman yang terdapat di tangan bisa pindah ke matamu sehingga terjadi iritasi.

  1. Rutin Ganti Cairan Softlense

Jangan malas untuk mengganti cairan yang digunakan untuk merendam softlense. Saat kamu mengambil softlense untuk dipakai, buanglah cairan yang lama, lalu ganti dengan cairan yang baru saat kamu ingin merendam softlense kembali. Jangan lupa juga untuk mencuci lensa kontakmu dengan air pembersih khusus softlens. Cuci softlense di atas telapak tanganmu dengan menggunakan ujung jari selama satu menit, agar kuman pada softlense hilang.

  1. Jaga Kelembapan Softlense

Kalau kamu ingin menggunakan softlense dalam waktu yang lama, jaga softlense agar jangan sampai kering. Selain akan membuat mata terasa enggak enak, softlens yang kering juga berisiko jatuh, robek, hingga menyebabkan iritasi. Jadi, jangan lupa untuk selalu membawa cairan khusus softlens dan teteskan ke mata sekitar dua jam sekali.  

  1. Bersihkan Softlens Dengan Cairan Softlens

Bersihkan softlense hanya dengan cairan softlense, karena cairan tersebut mengandung disinfektan yang berguna untuk membunuh kuman dan bakteri. Hindari membersihkan softlense dengan air keran, karena belum tentu bersih dan mungkin mengandung acanthamoeba, yaitu parasit penyebab infeksi mata.

  1. Pakai Kacamata Saat Naik Motor

Ketika kamu naik motor, matamu berpotensi terkena debu dan polusi yang sering ditemui di jalanan. Jadi, untuk mencegah debu masuk ke dalam mata, kenakanlah kacamata saat menggunakan softlense ketika naik motor. Kemudian langsung teteskan cairan lensa kontak ketika tiba tiba tujuan.

  1. Lepas Softlense Saat Berenang

Kamu juga dianjurkan untuk melepas softlense saat ingin berenang atau mandi, karena air yang terdapat di kolam renang atau air mandi bisa mengandung acanthamoeba. Kalau repot untuk melepas softlense, kamu bisa melindungi matamu saat berenang dengan menggunakan kacamata renang.

  1. Jangan Dipakai Tidur

Setelah menggunakan softlense seharian, jangan lupa untuk melepas softlense saat ingin tidur. Karena saat kamu tertidur, asupan oksigen ke mata akan semakin menurun, sehingga permukaan mata semakin rentan terhadap infeksi. Tidur dengan mengenakan softlense yang sudah penuh dengan kuman setelah seharian kamu kenakan, bisa membuat mata berisiko lebih tinggi mengalami infeksi bahkan kerusakan mata.

Nah, itulah 7 tips merawat softlense buat kamu yang sering menggunakan softlense (Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Pengguna Lensa Kontak). Jika kamu mengalami gangguan mata setelah menggunakan lensa kontak, segera cari dan temui dokter mata. Kamu juga bisa mendiskusikan dengan dokter mata terbaik mengenai keluhan mata yang kamu alami lewat aplikasi Halodoc. Bisa dengan Video/Voice call dan Chat kapan saja dan dimana saja kamu berada. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.