7 Tips untuk Atasi Kelelahan sehabis Mudik

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
7 Tips untuk Atasi Kelelahan sehabis Mudik

Halodoc, Jakarta – Mudik memang sesuatu yang ditunggu-tunggu, tapi tidak bisa dipungkiri, pulang mudik akan membuat kamu mengalami kelelahan yang luar biasa. Belum lagi kemacetan di jalan atau kendala selama mudik yang membuat mood menjadi jelek.

Campur-aduk perasaan ini bisa membuat kamu mengakhiri liburan dengan tidak menyenangkan. Karenanya, Ikuti langkah-langkah ini untuk mengembalikan mood menjadi lebih bersemangat pasca mudik yang melelahkan.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Lelah Berlebihan

  1. Merawat Diri

Setelah mudik, kamu kembali mempraktikkan kebiasaan sehat. Tetap terhidrasi, makan makanan bergizi, kembali berolahraga, dan cobalah untuk santai dengan alkohol dan kafein, yang dapat menghambat kemampuan tubuh kembali normal setelah kesibukan mudik.

Di malam pertama kamu kembali ke rutinitas, pastikan tempat tidurmu nyaman dengan selimut hangat, ranjang bersih, mematikan gadget, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Dengan memperhatikan detail-detail kecil ini, kamu bisa meningkatkan relaksasi yang dapat membantu memulihkan kondisi tubuh.

Baca juga: 6 Alasan Kenapa Tubuh Selalu Merasa Lelah

  1. Sesuatu yang Memberi Semangat Kembali ke Rutinitas

Bisa jadi rasa lelah mudik didominasi akan kesadaran kalau kamu kembali ke rutinitas. Kemerosotan emosional dapat meningkatkan perasaan kelelahan. Kamu dapat meningkatkan antusias kembali ke rutinitas dengan cara mengingat sesuatu yang kamu nanti-nantikan. Seperti hewan peliharaan yang menunggu, keinginan mencoba hobi baru, ataupun mempersiapkan liburan selanjutnya.

  1. Tidur Siang

Sangat sederhana, tapi menyembuhkan begitu banyak masalah. Penyebab terbesar kelelahan saat mudik adalah banyaknya jadwal dan rencana yang harus dilakukan dalam waktu singkat. Belum lagi pertemuan demi pertemuan dengan keluarga besar, sehingga hal ini membuat kamu lelah secara fisik dan mental. Salah satu cara untuk mengembalikan vitalitasmu adalah dengan mendapatkan tidur siang yang berkualitas.

Baca juga: Lari, Olahraga yang Bisa Mengatasi Stres

  1. Duduk Santai di Kafe

Jika kamu ingin benar-benar me time, tarik kursi, pesan kopi atau kue, dan nikmati kesendirianmu duduk santai di kafe favorit. Kamu bahkan dapat membawa buku catatan dan menulis tentang kesan selama melakukan perjalanan dan apa yang ingin kamu lakukan setelah mudik ini.

  1. Mendapatkan Pijatan

Ini tidak selalu merupakan opsi termurah, tapi ini bisa sangat efektif. Berjalan berjam-jam, menaiki banyak tangga dan membawa kamera yang berat dapat menyebabkan ketegangan otot dan kelelahan yang serius. Pijat selama satu jam atau bahkan hanya pijat kaki adalah cara yang bagus untuk bersantai dari tekanan fisik jalan-jalan.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Lelah Setelah Bekerja

  1. Olahraga

Berbicara tentang kelelahan bisa juga disebabkan oleh otot-otot yang kaku. Untuk itu kamu butuh peregangan, cobalah berolahraga! Olahraga sangat baik untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Tidak hanya membakar lemak dan membangun kekuatan, olahraga dapat membuat tubuh jadi rileks. Pastikan untuk berolahraga di pagi atau sore hari, semakin dekat waktu tidur, semakin bermanfaat latihan tersebut untuk merilekskan diri.

  1. Atur Kembali Jam Biologismu

Bisa jadi ketika mudik, kamu memiliki waktu yang berantakan. Tidur larut malam, bangun terlalu siang atau malah melewatkan tidur malam. Sudah saatnya kembali pada waktu normal. Ambil tindakan untuk mengatur ulang jam biologis. Di pagi hari, dorong otak untuk bangun dengan jendela terbuka, lampu terang, ataupun berjalan-jalan di bawah sinar matahari. Dan ketika malam tiba, tutup laptop, matikan gadget, dan redupkan lampu supaya tidur lebih lelap.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak tips mengatasi kelelahan sehabis mudik, serta masalah kesehatan yang biasanya timbul saat mudik, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Talk to A Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.