• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Trik Agar Psoriasis Enggak Sering Kambuh

7 Trik Agar Psoriasis Enggak Sering Kambuh

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Pernah merasakan kulit tampak bersisik dengan warna perak keputihan dan kemudian menjadi bercak merah tebal yang terasa gatal? Apalagi jika area yang sakit kemudian retak hingga berdarah. Kemungkinan besar ini adalah penyakit psoriasis, yakni penyakit autoimun kronis yang akan menyebabkan penumpukan sel kulit secara cepat. Akibat penumpukan sel, maka akan terbentuk kerak pada permukaan kulit.

Psoriasis adalah hasil dari proses produksi kulit yang dipercepat. Biasanya, sel kulit tumbuh jauh di dalam kulit dan perlahan naik ke permukaan. Namun pada kondisi psoriasis, produksi sel kulit baru terjadi dalam beberapa hari, padahal siklus hidup khas sel kulit adalah satu bulan.

Tak hanya dengan pengobatan khusus, untungnya ada beberapa cara yang juga bisa dilakukan agar gejala psoriasis tidak bertambah parah dan tidak sering kambuh. Nah, begini tips merawat kulit bagi pengidap psoriasis.

Baca juga: Ini 8 Jenis Psoriasis yang Harus Diwaspadai

Perawatan Kulit untuk Pengidap Psoriasis

Ada beberapa langkah perawatan diri secara mandiri yang bisa membantu agar gejala psoriasis tidak sering kambuh. Caranya antara lain: 

  • Mandi Setiap Hari. Mandi setiap hari membantu menghilangkan sisik dan menenangkan kulit yang meradang. Tambahkan beberapa bahan tambahan seperti oatmeal koloid atau garam Epsom ke dalam air dan rendam tubuh setidaknya selama 15 menit. Gunakan air hangat dan sabun lembut untuk mandi setiap hari. 
  • Gunakan Pelembap. Usai mandi, keringkan dengan lembut dan oleskan pelembap saat kulit masih lembap. Untuk kulit yang sangat kering, minyak mungkin lebih cocok karena minyak memiliki daya tahan lebih tinggi daripada krim atau losion. Jika pelembap tampaknya bekerja dengan baik untuk kulit, aplikasikan satu sampai tiga kali sehari.
  • Tutupi Area Kulit Semalaman. Sebelum tidur, oleskan pelembap berbahan dasar salep ke kulit yang terkena dan bungkus dengan bungkus plastik. Saat kamu bangun, lepaskan plastik dan bersihkan sisik.
  • Paparkan Kulit pada Sedikit Sinar Matahari. Tanyakan kepada dokter bagaimana cara berjemur yang baik untuk mengatasi psoriasis. Pasalnya, sinar matahari yang terkontrol dapat memperbaiki psoriasis. Namun, terlalu banyak sinar matahari juga dapat memicu atau memperburuk kondisi dan meningkatkan risiko kanker kulit. Catat waktu saat berada di bawah sinar matahari, dan lindungi kulit yang tidak terkena psoriasis dengan tabir surya dengan SPF minimal 30.

Baca juga: Apakah Psoriasis Bisa Menyebabkan Rambut Rontok?

  • Oleskan Krim atau Salep Obat. Oleskan krim atau salep yang dijual bebas yang mengandung hidrokortison atau asam salisilat untuk mengurangi rasa gatal dan bersisik. Jika kamu mengidap psoriasis kulit kepala, cobalah sampo obat yang mengandung tar batubara.
  • Hindari Pemicu Psoriasis. Perhatikan apa yang memicu psoriasis dan ambil langkah untuk mencegah atau menghindarinya. Infeksi, luka pada kulit, stres, merokok, dan paparan sinar matahari yang intens semuanya dapat memperburuk psoriasis.
  • Hindari Alkohol. Jika kamu mengidap psoriasis, hindari alkohol. Pasalnya konsumsi alkohol dapat menurunkan efektivitas beberapa pengobatan psoriasis. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Penyakit Psoriasis Bisa DIpicu Alergi Telur

Hidup dengan Psoriasis

Hidup dengan psoriasis bisa menjadi tantangan, tetapi dengan pendekatan yang tepat, kamu dapat mengurangi kekambuhan dan menjalani hidup yang sehat. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk membantu meningkatkan kualitas hidup meski mengidap psoriasis: 

  1. Diet. Menurunkan berat badan dan mempertahankan pola makan yang sehat dapat membantu meringankan dan mengurangi gejala psoriasis. Ini termasuk makan makanan yang kaya asam lemak omega-3, biji-bijian, dan tumbuhan. Kamu juga harus membatasi makanan yang dapat meningkatkan peradangan seperti gula rafinasi, produk susu, dan makanan olahan.
  2. Mengelola Stres. Stres adalah pemicu kekambuhan psoriasis. Belajarlah mengelola dan mengatasi stres untuk mengurangi kekambuhan dan meredakan gejala. Cobalah lakukan beberapa hal seperti meditasi, menulis, melatih pernapasan, dan yoga untuk mengurangi stres. 
  3. Menjaga Kesehatan Emosional. Orang dengan psoriasis lebih cenderung mengalami masalah depresi dan harga diri. Mereka mungkin merasa kurang percaya diri saat muncul bintik-bintik baru. Berbicara dengan anggota keluarga tentang bagaimana psoriasis memengaruhi kamu. Siklus konstan dari kondisi tersebut mungkin juga membuat frustasi. Semua masalah emosional ini valid. Kamu juga harus menemukan tenaga profesional untuk menanganinya. Ini mungkin termasuk berbicara dengan ahli kesehatan mental profesional di Halodoc. Kamu bisa hubungi psikolog untuk mendapatkan pengobatan emosional untuk atasi kondisi ini. Psikolog di Halodoc akan selalu siaga, kapan dan di mana saja untuk membantumu. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Psoriasis.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Psoriasis.
WebMD. Diakses pada 2020. 10 Tips to Prevent Psoriasis Flare-Ups.