• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Cara Agar Bisa Cepat Tidur untuk Pengidap Insomnia
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Cara Agar Bisa Cepat Tidur untuk Pengidap Insomnia

8 Cara Agar Bisa Cepat Tidur untuk Pengidap Insomnia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 25 November 2021
8 Cara Agar Bisa Cepat Tidur untuk Pengidap Insomnia

“Insomnia dapat diatasi sesuai dengan penyebabnya. Namun perubahan gaya hidup, mengatur pola tidur, kebiasaan makan, jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi, kebersihan kamar, apa yang dilakukan sebelum tidur, serta persepsi akan makna tidur itu sendiri dapat membantu.”

Halodoc, Jakarta – Insomnia adalah gangguan tidur yang dapat membuat pengidapnya sulit untuk tertidur. Kalaupun tidur, pengidapnya akan merasa tidak nyenyak dan kerap terbangun. Selain itu, pengidapnya mungkin masih merasa lelah saat bangun tidur, tidak bersemangat, sampai memengaruhi mood dan kualitas hidup.

Insomnia kronis biasanya merupakan akibat dari stres, peristiwa kehidupan, atau kebiasaan tertentu yang bisa mengganggu waktu tidur. Mengobati penyebab yang mendasarinya dapat membantu mengatasi insomnia. Lantas, bagaimana cara agar bisa cepat tidur untuk pengidap insomnia?

Cara Agar Cepat Tidur untuk Pengidap Insomnia

Tadi sudah disinggung sebelumnya insomnia bisa ditangani dengan mengatasi penyebabnya. Namun, kamu bisa mencoba beberapa tips ini untuk meredakan insomnia:

1. Tetapkan Rutinitas Waktu Tidur yang Tenang dan Santai

Misalnya, minum secangkir teh bebas kafein, mandi air hangat atau mendengarkan musik lembut. Hindari penggunaan perangkat elektronik seperti laptop, smartphone, dan ebook sebelum tidur.

2. Merilekskan Tubuh 

Latihan yoga atau aktivitas fisik lainnya yang dapat memberikan relaksasi otot progresif dapat meredakan ketegangan dan membantu otot yang tegang menjadi rileks.

3. Jadikan Kamar Tidur sebagai Tempat yang Kondusif untuk Istirahat

Kamu bisa mengatur pencahayaan, menghindari suara bising, serta mengatur suhu pada tingkat yang nyaman, sehingga kamu bisa beristirahat dengan lebih nyaman. Jangan melakukan aktivitas lain selain tidur atau beristirahat di kamar tidur. Ini akan membantu tubuh beradaptasi dengan kamar tidur sebagai tempat untuk beristirahat dan bukan kegiatan yang lain. 

4. Posisikan Jam di Kamar Tidur supaya Tidak Terlihat 

Menontoni jam menyebabkan stres dan membuat kamu lebih sulit untuk kembali tidur jika terbangun di malam hari.

5. Hindari Minuman dan Makanan yang Memicu Sulit Tidur 

Baik kafein maupun alkohol dapat mengganggu tidur. Begitu juga dengan makanan pedas dan makanan berat yang dikonsumsi sebelum tidur.

6. Bangun pada Waktu yang Sama Setiap Hari

Membiasakan diri untuk tidur dan bangun di jam yang sama akan membantu mengembangkan sinyal tubuh untuk tahu kapan waktu beristirahat. 

7. Latihan Relaksasi

Terapi atau latihan relaksasi dapat membantu pengidap insomnia untuk mengurangi ketegangan otot. Ini termasuk teknik relaksasi otot progresif, meditasi, latihan pernapasan, dan jenis latihan relaksasi lainnya. Kalau kamu butuh informasi lebih jelas mengenai latihan relaksasi untuk mengatasi insomnia, kamu bisa menanyakannya pada dokter di Halodoc. Lewat aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat tanpa harus keluar rumah. 

8. Mengistirahatkan Pikiran

Ketika waktunya tidur dan sudah meletakkan kepala di atas bantal, cobalah untuk mengistirahatkan pikiran dengan mengenyampingkan masalah, pekerjaan, dan fokus pada keinginan untuk tidur. Mungkin butuh beberapa kali percobaan untuk bisa benar-benar bisa berhasil tidur dengan cara yang demikian.

Kalau setelah mempraktikkan delapan hal ini kamu masih belum bisa mengatasi insomnia, bisa jadi kamu mengalami gangguan kesehatan tertentu, segera konsultasikan ke dokter. Yuk, download Halodoc untuk mendapatkan informasi kesehatan lainnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Insomnia: How do I stay asleep?
Penn Medicine. Diakses pada 2021. How to Conquer Insomnia: Tips to Get You Sleeping Again.
WebMD. Diakses pada 2021. 10 Tips to Beat Insomnia.