• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Cara Ampuh untuk Mengatasi Malas Berolahraga

8 Cara Ampuh untuk Mengatasi Malas Berolahraga

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Olahraga sebenarnya adalah bagian penting dari gaya hidup sehat, yang perlu dilakukan secara rutin. Namun, beberapa orang mungkin merasa malas melakukannya, meskipun tahu pentingnya olahraga bagi kesehatan. 

Sebenarnya, cara ampuh untuk mengatasi malas berolahraga adalah dengan menjadikannya sebagai kebiasaan. Jika sudah jadi kebiasaan, kamu pasti akan melakukan dengan senang hati, tanpa merasa terpaksa, bahkan menikmatinya. Namun, bagaimana caranya, ya?

Baca Juga: Inilah yang Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Olahraga

Cara untuk Mengatasi Malas Berolahraga

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangkitkan semangat berolahraga. Berikut beberapa di antaranya:

1.Tentukan Tujuan yang Masuk Akal

Jika kamu malas berolahraga dan tidak terbiasa melakukannya sebelumnya, kamu perlu menentukan tujuan terlebih dahulu. Namun, tujuan yang ditetapkan sebaiknya jangan terlalu muluk, seperti ingin turun berat badan 10 kilogram dalam waktu satu bulan. Tentu rasanya tak masuk akal dan terlalu muluk, bukan?

Gerald Endress, psikolog olahraga di Duke Center for Living di Carolina Utara, seperti mengutip WebMD, mengatakan bahwa pemula biasanya ingin hasil instan yang maksimal. Itu wajar, tetapi biasanya mereka cenderung kewalahan karena memaksakan diri untuk berolahraga berjam-jam setiap harinya. 

Padahal sebenarnya, memaksakan olahraga seperti itu hanya akan membuat semangat berolahraga semakin melemah, karena tubuh merasa terlalu lelah dan tersiksa. Jadi, cobalah tentukan tujuan yang lebih masuk akal dan sesuai dengan kemampuan. Misalnya, berolahraga 2-3 kali dalam seminggu, selama 20-30 menit saja. 

Jika ingin menentukan target penurunan berat badan, cobalah beri waktu yang tidak terlalu ketat. Misalnya, jika ingin turun 10 kilogram, tentukan target waktu 3-4 bulan, agar kamu tetap sehat dan bisa menikmati olahraga sebagai kebiasaan baik. Kalau turun berat badan adalah tujuanmu, lebih baik lagi jika kamu berkonsultasi dengan dokter gizi di aplikasi Halodoc, yang bisa memberi saran terbaik soal pola makan sehat juga. 

Baca Juga: Lakukan 3 Tips Olahraga Ini agar Tidak Cedera

2.Mulailah dengan Durasi yang Singkat

Memaksakan diri langsung berolahraga berat, padahal belum pernah berolahraga sebelumnya hanya akan membuat tubuhmu sakit. Esoknya, mungkin saja kamu jadi merasa kapok. Jadi, cobalah mulai olahraga dengan durasi yang singkat, misalnya 7 menit saja setiap harinya. 

Jangan langsung pilih olahraga yang berintensitas tinggi juga. Kamu bisa mulai dengan yang ringan, seperti jogging, jalan santai, atau bersepeda. Setelah beberapa hari melakukan olahraga dengan durasi 7 menit, dan kamu merasa sanggup jika durasi olahraga ditambah, maka kamu bisa menambahnya sedikit demi sedikit.

3.Pilih Olahraga yang Menyenangkan

Ada banyak sekali jenis olahraga. Nah, kamu bisa memilih jenis olahraga yang disukai. Jika kamu menyukainya, pasti akan lebih semangat melakukannya. Beberapa jenis olahraga menyenangkan yang bisa dipilih adalah zumba, atau olahraga permainan seperti basket dan sepakbola.

4.Fokuslah pada Diri Sendiri

Terkadang, rasa iri bisa saja muncul ketika melihat orang lain lebih bugar atau lebih cepat turun berat badannya. Padahal, hal ini hanya akan membuat semangat berolahraga kamu menurun. Coba fokus pada diri sendiri dan jangan membandingkan diri dengan orang lain. Fokuslah pada apa yang jadi tujuan kamu berolahraga dan selalu berpikir positif akan kemajuan yang dihasilkan.

5.Tidak Apa-Apa Jika Sesekali Bolos Olahraga

Pada beberapa kondisi, kamu mungkin merasa tidak ingin atau tidak bisa memenuhi jadwal olahraga yang telah dibuat. Janganlah merasa bersalah karena hal ini. Bolos olahraga sesekali tidak masalah kok, selama kamu bisa meneruskan kebiasaan ini esok harinya. Cobalah untuk lebih fleksibel dan jangan terlalu keras pada diri sendiri, ya!

Baca Juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat

6.Jadikan Rutinitas

Untuk menjadikan olahraga sebagai suatu kebiasaan baik, kamu perlu menjadikannya sebagai rutinitas sehari-hari, seperti halnya makan, tidur, atau pergi bekerja. Sempatkan waktu beberapa menit setiap harinya untuk berolahraga. Bisa pagi hari sebelum berangkat ke kantor, atau di sore harinya. Sesuaikan dengan kesibukan lain yang kamu miliki, ya!

7.Sambil Dengarkan Musik

Jika kamu hobi mendengarkan musik, cobalah lakukan sambil berolahraga. Niscaya kegiatan olahraga menjadi lebih menyenangkan dan tidak terasa terlalu menyiksa. 

8.Beri Reward pada Diri Sendiri

Selalu catat kemajuan yang kamu peroleh setelah berolahraga secara rutin. Jika target yang ditetapkan sudah terpenuhi, jangan lupa beri reward pada diri sendiri, ya. Dengan begitu, kamu jadi bisa lebih semangat lagi dalam menjalani olahraga, dengan target baru lainnya. 

Itulah beberapa tips untuk mengatasi malas berolahraga. Cobalah lakukan dengan tekun dan disiplin. Ingatlah bahwa olahraga adalah kebutuhan tubuh agar bisa tetap sehat, seperti halnya makan, minum, dan tidur. Jadi, singkirkan rasa malas dan mulailah jadikan olahraga sebagai kebiasaan baik.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. 10 Ways to Boost Your Exercise Motivation.
Healthline. Diakses pada 2020. How to Start Exercising: A Beginner's Guide to Working Out.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Fitness: Tips for Staying Motivated.
Verywell Fit. Diakses pada 2020. How to Get Motivated to Exercise When You're Off Track.