• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah saat Puasa
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah saat Puasa

8 Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah saat Puasa

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 21 April 2022

“Dehidrasi selama puasa merupakan salah satu penyebab bibir pecah-pecah. Salah satu cara mengatasi bibir pecah-pecah saat puasa bisa dengan melembapkan bibir menggunakan lip balm.”

8 Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Selama bulan puasa Ramadan, bibir pecah-pecah seringkali jadi keluhan. Bibir sangat rentan mengalami masalah karena ia berbeda dengan area kulit lainnya. Kulit bibir tidak memiliki kelenjar keringat untuk menjaga kelembapan. Salah satu cara mengatasi bibir pecah-pecah saat puasa bisa dengan melembabkan bibir dengan lip balm

Dehidrasi selama puasa merupakan salah satu penyebab bibir pecah-pecah. Perlu diketahui, kulit bibir 15 kali lebih tipis dari kulit di area tubuh lainnya. Jadi wajar jika bibir membutuhkan perawatan dan perlindungan ekstra untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Terutama selama bulan puasa ketika tingkat hidrasi sangat rendah. 

Lantas, bagaimana cara mengatasi bibir pecah-pecah saat puasa? Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah saat Puasa

Berikut ini adalah cara sederhana untuk mengatasi bibir pecah-pecah selama puasa:

  1. Banyak Minum Air Putih

Cara terbaik untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering adalah dengan meningkatkan asupan air selama berbuka puasa dan sahur. Secara umum, minum dua liter atau delapan gelas air per hari akan membuat tubuh tetap terhidrasi sekaligus memastikan bibir tetap lembap. Kamu juga bisa minum teh herbal atau teh madu, sebab minuman tersebut baik untuk hidrasi dan melembapkan bibir.

  1. Eksfoliasi Bibir

Mengeksfoliasi bibir akan membuatnya lebih lembut dan terhidrasi, tanpa menghilangkan kelembaban alaminya. Kamu bisa membuat scrub  bibir sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan dapur, seperti madu dan gula. Kamu juga dapat meramu scrub dengan menggabungkan madu, minyak kelapa, dan gula. Lalu oleskan campuran tersebut dengan lembut ke bibir.

  1. Gunakan Pelembap Udara

Menghabiskan terlalu banyak waktu di udara kering dapat menghilangkan kelembapan dari bibir. Ini adalah masalah yang sangat umum bagi kamu yang bekerja atau beraktivitas di ruang ber-AC. Kamu bisa menggunakan pelembap udara selama berada di ruang ber-AC yang dingin untuk menambahkan kelembapan yang sangat dibutuhkan. 

  1. Aplikasikan Lip Balm

Lip balm dapat digunakan untuk melembabkan bibir kering. Namun sebaiknya hindari memilih lip balm yang mengandung menthol, fenol, dan aroma tambahan. Bahan-bahan tersebut dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah dari sebelumnya. 

Sebaiknya carilah lip balm yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan dan melembabkan, seperti:

  • Minyak bumi.
  • Lanolin.
  • Madu.
  • Ceramide.
  1. Gunakan Lip mask

Lip mask bisa mencari cara mengatasi bibir pecah-pecah yang praktis. Perawatan tubuh ini biasanya mengandung asam hialuronat, shea butter, dan vitamin E yang baik untuk melembapkan bibir.

Untuk menggunakannya, letakkan lembaran lip mask di mulut selama 10 menit. Kemudian, lepaskan dan biarkan sisa serum menyerap ke dalam kulit untuk melembapkan dan menghaluskan kulit bibir. 

  1. Hindari Menjilat Bibir

Seseorang cenderung menjilat bibir untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering. Namun kebiasaan ini sebenarnya justru membuat bibir jadi semakin kering dan pecah-pecah. Air liur tidak hanya mengandung asam yang dapat mengiritasi bibir,  dan jika kamu menjilati bibir secara terus-menerus, maka ini akan menghilangkan minyak alami yang ada di bibir. 

  1. Hindari Makanan Asin dan Pedas

Cara lainnya mengatasi bibir pecah-pecah adalah dengan menghindari makanan asin dan pedas saat sahur. Makanan pedas dan asin hanya akan memberikan efek cepat haus dan juga membuat bibir dan kerongkongan panas dan kering.

  1. Mengoleskan Lidah Buaya

Mengaplikasikan lidah buaya saat malam hari bisa jadi salah satu cara mengatasi bibir pecah-pecah. Caranya sederhana saja, cukup oleskan daging lidah buaya ke bibir dan biarkan sampai semalaman. Kalau bibir kering dan pecah-pecah cukup parah sampai menyebabkan luka, lidah buaya juga bisa menyembuhkan luka pada bibir. 

Itulah cara mengatasi bibir pecah-pecah saat puasa. Jika bibir pecah-pecah tetap berlanjut meski sudah melakukan cara di atas, cobalah untuk bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Bisa jadi bibir pecah-pecah menjadi gejala masalah kesehatan lainnya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Best 6 ways to relieve chapped lips
Arab News. Diakses pada 2022. How to prevent chapped, dry lips during Ramadan