• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Cara Mengatasi Varises selama Masa Kehamilan

8 Cara Mengatasi Varises selama Masa Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Varises adalah salah satu keluhan umum yang dialami banyak ibu hamil selama masa kehamilan. Meskipun umumnya tidak berbahaya, varises bisa membuat tidak nyaman. Kabar baiknya, varises biasanya dapat berkurang dalam tiga bulan sampai satu tahun setelah melahirkan.  

Varises terjadi ketika pembuluh darah vena membengkak dan melebar. Ibu hamil rentan mengalami varises, karena selama masa kehamilan, volume darah dalam tubuh ibu meningkat yang dapat memberi tekanan pada pembuluh darah vena.

Selain itu, perubahan hormon juga berpengaruh terhadap munculnya varises selama masa kehamilan, karena peningkatan kadar progesteron melebarkan atau membuka pembuluh darah. Rahim yang semakin berkembang juga memberikan tekanan pada vena kava inferior (pembuluh darah yang membawa darah dari tungkai dan kaki ke jantung) yang berkontribusi pada varises.

Varises selama masa kehamilan biasanya terjadi di kaki, tapi juga bisa muncul di bokong dan area vagina. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Ini ulasannya.

Baca juga: Waspada Munculnya Varises Vagina pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Varises Selama Masa Kehamilan

Tidak semua ibu hamil mengalami varises. Namun, apabila ibu mengalaminya, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk membantu mengurangi varises:

1.Jaga Aliran Darah Tetap Lancar

Hindari duduk atau berdiri dengan posisi yang sama dalam waktu yang lama. Pastikan ibu beristirahat atau mengubah posisi. Saat duduk, jaga agar kaki ibu tetap terangkat. Lenturkan juga pergelangan kaki ibu sesering mungkin dan hentikan kebiasaan duduk dengan menyilangkan kaki.

2.Aktif Bergerak

Olahraga adalah kunci untuk mencegah varises. Jadi, usahakan untuk berjalan kaki atau melakukan olahraga santai lainnya yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ibu. Berenang juga dapat membantu untuk mengatasi varises. Jadi, cobalah untuk rutin berenang selama masa kehamilan. 

Jika ingin mencoba olahraga lainnya, ibu juga bisa bertanya pada dokter Halodoc mengenai olahraga yang aman untuk ibu lakukan selama masa kehamilan.

3.Berpakaian yang Nyaman

Pastikan ibu mengenakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat, termasuk pakaian dalam. Hindari memakai ikat pinggang atau kaus kaki ketat, dan jauhi sepatu yang terlalu ketat dan high heels stiletto.

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Munculnya Varises

4.Mengenakan Stoking Kompresi

Stoking kompresi dapat melawan tekanan dari perut ke bagian bawah tubuh dan meningkatkan aliran darah ke kaki menuju jantung. Sebenarnya, tidak ada penelitian yang mendukung stoking kompresi ini sebagai cara untuk mengatasi varises. Namun, stoking tersebut dapat membantu meredakan varises untuk sementara. Memakai stoking kompresi sebelum bangun dari tempat tidur di pagi hari membantu mencegah penumpukan darah.

5.Menjaga Berat Badan

Usahakan agar kenaikan berat badan ibu selama masa kehamilan sesuai dengan yang direkomendasikan oleh dokter kandungan, biasanya sekitar 11-16 kilogram. Pasalnya, mengalami kenaikan berat badan yang lebih banyak hanya akan menambah beban kerja pada sistem peredarah darah ibu yang sudah terlalu keras bekerja.

6.Tidur Miring Ke Kiri

Ibu mungkin pernah mendengar nasihat bahwa tidur miring ke kiri dapat membantu mengatasi varises. Hal ini karena vena kava inferior berada di sisi kanan tubuh ibu. Berbaring di sisi kiri dapat mengurangi beban rahim dari vena dan tekanan pada vena di tungkai dan pergelangan kaki ibu. 

7.Hindari Tekanan yang Berat

Hindari mengangkat barang berat selama masa kehamilan, karena dapat membuat pembuluh darah semakin terlihat. Sering mengejan di toilet saat mengalami sembelit juga bisa meningkatkan risiko varises. Karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk minum banyak air dan mengonsumsi cukup serat untuk mencegah sembeli.

8.Pastikan untuk Memenuhi Vitamin Harian

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang juga dapat membantu ibu hamil menjaga kesehatan pembuluh darah. Pastikan ibu mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C yang dapat digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan kolagen dan elastin, jaringan ikat yang memperbaiki dan memelihara pembuluh darah.

Baca juga: Inilah 4 Vitamin Penting yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Itulah 8 cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi varises selama masa kehamilan. Jangan lupa download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play yang dapat menjadi teman penolong untuk membantu menjaga ibu selama masa kehamilan.

Referensi:
American Pregnancy Association. Diakses pada 2020. Treat Varicose Veins Naturally During Pregnancy.
What to Expect. Diakses pada 2020. Varicose Veins During Pregnancy.
Baby Centre. Diakses pada 2020. Varicose veins during pregnancy