• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Cara Mudah Mengelola Stres selama WFH

8 Cara Mudah Mengelola Stres selama WFH

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
8 Cara Mudah Mengelola Stres selama WFH

“Mungkin awalnya membayangkan work from home (WFH) bisa lebih nyantai. Padahal di sisi lain WFH memiliki tantangan tersendiri, dan bisa memicu stres. Penting untuk bisa mengelola stres dengan mengatur waktu kerja, menciptakan lingkungan kerja yang nyaman di rumah, serta tetap merawat diri sendiri.” 

Halodoc, Jakarta – Bekerja dari rumah atau work from home (WFH), bisa menjadi suatu hal yang melegakan, apalagi di masa pandemi saat ini. Karena bisa menurunkan risiko terpapar virus corona, dan tidak harus menghabiskan waktu di perjalanan. Namun, di sisi lain WFH juga memiliki tantangan tersendiri. Bahkan, jika tidak mampu menghadapinya, seseorang bisa mengalami stres.

Beberapa orang mungkin tidak menyangka, bahwa WFH bisa menyebabkan stres. Jika sudah merasa kewalahan, penting untuk bisa mengelola stres. Perlu disadari bahwa meski WFH, tekanan pekerjaan mungkin bisa semakin berat. Namun, ada banyak cara untuk mengelola stres yang berkaitan dengan WFH. Berikut beberapa cara mudah mengelola stres saat WFH:

Baca juga: 6 Cara Hindari Malas saat Work From Home

  1. Buat rutinitas dengan mengatur jadwal kegiatan selama WFH. Kamu mungkin tetap perlu mengerjakan urusan rumah. Nah, dengan membuat jadwal rutinitas kamu bisa mengatur waktu mengerjakan pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah.
  2. Tidak ada salahnya menciptakan ruang kerja khusus, supaya bisa fokus pada pekerjaan. Tidak harus ruangan khusus, cukup sudut kecil yang ada di rumah. 
  3. Kurangi gangguan saat kamu siap untuk mulai bekerja. 
  4. Pastikan untuk tetap terhubung dengan teman agar kamu tidak merasa sendirian menghadapi masa-masa pandemi. Kamu bisa ngobrol dengan teman secara virtual di luar jam kerja ataupun di hari libur. 

Baca juga: Stres Karena Bekerja, Ini Cara Mengatasinya

  1. Tidak ada salahnya untuk menghadiahi diri sendiri agar motivasi bekerja tetap tinggi. Misalnya, beristirahat seharian di hari libur, membeli makanan yang lezat, atau relaksasi. 
  2. Jangan sungkan untuk mengatakan tidak saat menerima banyak permintaan yang tidak terkait dengan pekerjaan. Perlu diketahui, tidak apa-apa untuk menolak permintaan orang lain jika itu mengganggu kemampuan kamu untuk menyelesaikan pekerjaan.
  3. Jaga kualitas tidur di malam hari. Percayalah, hal ini berpengaruh langsung pada kesejahteraan fisik dan mental secara keseluruhan. 
  4. Tetap rawat diri sendiri dengan menyeimbangan kebutuhan pribadi dan kehidupan kerja. Misalnya dengan rutin berolahraga, tidur siang, membaca buku, atau tidur siang. 

Baca juga: Inilah 6 Faktor Pemicu Stres Saat Bekerja

Itulah yang perlu diketahui mengenai cara mengelola stres selama WFH. Jika kamu sudah berusaha dengan cara di atas, tapi stres belum juga berkurang, maka saatnya untuk bertanya pada psikolog melalui aplikasi Halodoc. Tujuannya untuk mengetahui  cara terbaik untuk mengatasi stres selama WFH. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Very Well Mind. Diakses pada 2021. 8 Tips to Handle the Stress of Working From Home

NHS. Diakses pada 2021. 7 simple tips to tackle working from home