• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Cara Sembuhkan Gondok Secara Alami

8 Cara Sembuhkan Gondok Secara Alami

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Sudah tidak asing lagi kan dengan penyakit gondok? Penyakit yang menimbulkan benjolan di leher karena kelenjar tiroid yang membesar ini, bisa menyerang siapa saja, lho. Padahal, kelenjar tiroid ini memiliki fungsi vital bagi tubuh. Mulai dari mengatur denyut jantung, suhu tubuh, hingga kekuatan otot.

Penyebab gondok beragam, tetapi umumnya disebabkan karena kekurangan yodium. Kok bisa? Alasannya kelenjar tiroid memerlukan yodium untuk memproduksi hormon tiroid. Ketika tubuh kekurangan yodium, maka kelenjar tiroid harus bekerja ekstra sehingga membesar. Lalu, bagaimana cara menyembuhkan gondok?

Baca juga: Benjolan di Leher Belum Tentu Tumor, Bisa Jadi Gondok

Ada beragam cara yang bisa dicoba. Mulai dari konsumsi obat-obatan, operasi pengangkatan tiroid, atau terapi nuklir tiroid. Selain ketiga metode tersebut, ada cara alami yang bisa dicoba untuk membantu menyembuhkan gondok.

Nah, berikut ini cara menyembuhkan gondok secara alami, yaitu:

1. Konsumsi Cukup Yodium

Penyakit gondok sering dipicu kekurangan yodium. Oleh sebab itu, cobalah konsumsi makanan yang mengandung banyak yodium. Cara ini diharapkan mampu memperkecil gondok atau pembengkakan pada kelenjar tiroid.

Cara paling simpel mendapatkan yodium lewat garam meja. Namun, perhatikan asupannya, jangan sampai berlebihan. Asupan garam yang tinggi bisa memicu berbagai keluhan, salah satunya hipertensi. Selain garam meja, kamu bisa mendapatkan asupan yodium lewat ikan, kerang, keju, yoghurt, hingga berbagai sayuran.

Yodium bermanfaat banyak untuk kesehatan. Jika kamu ingin mengetahui informasinya lebih banyak, tidak ada salahnya bertanya langsung dengan dokter melalui Halodoc. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter kapan saja dan di mana saja.

2. Tambah Asupan Buah-buahan

Cara menyembuhkan gondok secara alami bisa melalui asupan buah-buahan. Namun, bukan sembarang buah-buahan yang membantu menyembuhkan gondok. Pilihlah buah-buahan yang mengandung beta karoten untuk mengurangi pembengkakan pada kelenjar tiroid, salah satunya pepaya.

Selain beta karoten, ada pula zat ampisilin yang meringankan dan menyembuhkan penyakit gondok. Zat ini banyak terkandung dalam rambutan dan sirsak.

3. Manfaatkan Bawang Putih

Selain dua hal di atas, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan gondok. Bawang putih bersifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Cara menyembuhkan gondok dengan bawang putih simpel saja. Cucilah bawang hingga bersih, lalu kunyah bawang putih sebanyak 3 hingga 4 siung dalam satu hari.

4. Istirahat yang Cukup

Awas, penyebaran virus penyebab gondongan bisa ditularkan lewat kontak langsung, urine, atau percikan ludah pengidapnya. Oleh sebab itu, pengidap gondongan sebaiknya hindari kontak langsung dengan orang lain hingga sembuh.

Di samping itu, istirahat yang cukup juga dibutuhkan untuk mempercepat pemulihan. Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), istirahat mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menghentikan penyebaran virus. Pengidap gondok sebaiknya mengistirahatkan diri di rumah, kira-kira lima hari setelah kelenjar parotis mulai membengkak.

Baca juga: Ini 5 Risiko Gondok yang Memengaruhi Kesehatan

5. Kompres Leher yang Membengkak

Mengompres leher yang bengkak dengan es atau air dingin dapat membantu menyembuhkan gondok. Menariknya lagi, cara ini mampu meredakan pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Mengompres dingin leher yang bengkak juga bisa meredakan peradangan sehingga memberikan rasa nyaman pada area leher yang sakit. Kok bisa?

Alasannya, suhu yang rendah dapat memperlambat aliran darah dan mempersempit pembuluh darah pada lokasi yang terasa sakit. Nah, kondisi ini yang bisa mengurangi zat-zat perangsang peradangan bergerak menuju area yang sakit gondok.

Hal yang mesti diperhatikan, jangan menempelkan es langsung pada kulit. Hal ini bisa menyebabkan kulit terasa terbakar, atau kerusakan jaringan kulit. Alternatifnya, rendamlah handuk dalam baskom berisi air dan es batu. Lalu, peraslah handuk tersebut dan kompres area yang terasa sakit.

6. Hindari Mengonsumsi Makanan Asam

Saat mengalami penyakit gondok, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki rasa asam. Kandungan acid nyatanya dapat menyebabkan rasa nyeri yang semakin parah pada kelenjar ludah.

7. Manfaatkan Lidah Buaya

Selain menggunakan bawang putih, kamu juga bisa mencoba untuk membalurkan bagian daging lidah buaya pada bagian yang mengalami pembengkakan. Sensasi dingin yang dihasilkan oleh lidah buaya akan memberikan rasa nyaman pada bagian nyeri. Selain itu, kandungan antibiotik lidah buaya juga membantu gejala nyeri atau pembengkakan lebih mudah diatasi oleh pengidap gondok.

8. Pastikan Area Leher dan Wajah Merasa Nyaman

Setelah melakukan beberapa cara di atas, tidak ada salahnya untuk memastikan area leher dan wajah dalam kondisi nyaman. Jika ingin berbaring, pastikan gunakan alas tidur yang nyaman dan cegah tekanan pada area leher agar rasa nyeri bisa dihindari. 

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Gondok dan Gondongan

Ingat, andaikan cara-cara di atas tidak membuat perubahan berarti, atau gejala penyakitnya makin berkembang, segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat. Agar pemeriksaan lebih mudah, kamu bisa buat janji dengan rumah sakit melalui Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Selain itu, untuk melindungi orang lain dari paparan virus penyebab gondok, sebaiknya tetap di rumah selama perawatan dan pengobatan melalui medis. Dengan begitu, kamu juga bisa melindungi orang lain agar terhindar dari penyakit gondok.

Referensi:
Healthline. Diakses pada November 2021. Mumps: Prevention, Symptoms, and Treatment
NHS. Diakses pada November 2021.Treatment. Mumps
MedlinePlus.Diakses pada November 2021. Mumps
Very Well Health. Diakses pada 2021. How Mumps in Treated?
Firstcry Parenting. Diakses pada 2021. Mumps in Kids.