• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Jenis Makanan yang Bisa Memicu Diare

8 Jenis Makanan yang Bisa Memicu Diare

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Pada kebanyakan kasus, diare disebabkan oleh virus atau bakteri yang coba dikeluarkan oleh tubuh. Namun, mengonsumsi makanan tertentu juga dapat memicu diare, lho. Makanan yang memicu diare berbeda-beda pada setiap orang, tetapi umumnya termasuk susu, makanan pedas, dan kelompok sayuran tertentu.

Intinya, jika kamu memiliki intoleransi makanan, mengonsumsi makanan tertentu itu dapat menyebabkan diare. Selain intoleransi, diare akibat makanan juga bisa terjadi karena kondisi malabsorpsi, yaitu ketika usus kecil kurang mampu menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. 

Baca juga: Alami Diare saat Puasa, Ini Penyebabnya

Apa Saja Makanan yang Bisa Memicu Diare?

Konon, makanan tertentu dapat menyebabkan diare bahkan pada orang yang tidak memiliki intoleransi makanan. Umumnya, makanan tersebut berupa makanan yang mengandung banyak bumbu, bahan buatan, minyak, atau stimulan usus besar. 

Berikut ini beberapa makanan yang memicu diare, yang perlu diketahui:

1.Makanan Pedas

Makanan pedas adalah salah satu penyebab paling umum dari diare akibat makanan. Ini terutama terjadi karena makanan dengan bumbu kuat yang tidak biasa digunakan tubuh. Cabai rawit dan campuran kari adalah penyebab umum, karena mengandung capsaicin, bahan kimia yang memberikan rasa panas pada cabai.

Meski capsaicin bermanfaat bagi kesehatan, seperti mengobati nyeri dan radang sendi, ia juga berpotensi menyebabkan iritasi. Capsaicin dapat mengiritasi lapisan lambung selama proses pencernaan. Terutama saat dikonsumsi dalam jumlah banyak, capsaicin dapat menyebabkan gejala seperti diare, mual, muntah, dan sakit perut.

2.Susu dan Olahannya

Jika kamu mengalami diare setelah minum susu atau makan produk olahannya, kamu mungkin mengalami intoleransi laktosa. Banyak orang tidak tahu bahwa mereka memiliki intoleransi laktosa. 

Kondisi ini berarti tubuh tidak memiliki enzim untuk memecah gula tertentu dalam produk susu. Alih-alih memecahnya, tubuh justru membuang gula ini dengan sangat cepat, sering kali dalam bentuk diare.

Baca juga: Ini Jenis Diare yang Bikin Dehidrasi dan BAB Encer

3.Kopi

Kafein dalam kopi adalah stimulan, yang membuat kamu merasa waspada secara mental, serta merangsang sistem pencernaan. Banyak orang buang air besar segera setelah minum kopi. Menurut International Foundation for Gastrointestinal Disorders (IFFGD), minum 2-3 cangkir kopi atau teh dalam sehari seringkali dapat menyebabkan diare.

Banyak orang juga menambahkan stimulan pencernaan lain ke dalam kopi mereka, seperti susu, pengganti gula, atau krim, yang meningkatkan efek pencahar minuman tersebut. Bagi sebagian orang, bahkan kopi tanpa kafein dapat merangsang usus karena bahan kimia lain yang ada dalam kopi.

4.Makanan yang Mengandung Kafein

Selain kopi, makanan dan minuman lain yang mengandung kafein juga dapat menyebabkan diare. Kafein secara alami juga terkandung dalam cokelat, jadi produk cokelat apa pun dapat mengandung kafein tersembunyi. Selain itu, kafein juga tersembunyi dalam minuman bersoda, teh hitam, teh hijau, dan minuman berenergi.

5.Bawang Putih dan Bawang Bombay

Bawang putih dan bawang merah mengandung jus yang, jika diurai oleh asam di perut, dapat melepaskan gas dan mengiritasi usus besar. Bawang putih dan bawang bombay mengandung fruktan, yang merupakan karbohidrat yang sulit dicerna tubuh. Zat ini juga mengandung serat tidak larut, yang bisa membuat makanan lebih cepat melewati sistem pencernaan.

6.Brokoli dan Kembang Kol

Brokoli dan kembang kol adalah sayuran silangan, yang kaya nutrisi dan serat. Sayuran ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi saluran pencernaan dapat mengalami kesulitan dalam memprosesnya.

Jika kamu tidak terbiasa makan serat dalam jumlah besar, mengonsumsi brokoli dan kembang kol dalam porsi besar dapat menyebabkan sembelit, gas, atau diare. Cobalah mulai dengan porsi kecil dan tingkatkan asupan serat secara perlahan.

Baca juga: Cegah Diare Kronis dengan Menjaga Pola Makan

7.Makanan Cepat Saji

Makanan berlemak, berminyak, atau digoreng mengandung lemak jenuh dan lemak trans, juga dapat memicu diare atau memperburuk gejalanya. Hal ini karena tubuh kesulitan memecahnya.

Makanan ini seringkali mengandung sedikit nilai gizi, sehingga tubuh hanya memiliki sedikit yang dapat diambil darinya. Akibatnya, makanan ini cenderung melewati tubuh dan keluar dengan cepat.

8.Alkohol

Minum alkohol dapat menyebabkan diare keesokan harinya. Terutama alkohol jenis bir atau anggur. Cobalah hentikan konsumsi alkohol dan perhatikan apakah diare hilang. Jika iya, pertimbangkan untuk mengurangi asupan alkohol untuk mengurangi gangguan pencernaan ini.

Itulah beberapa makanan yang memicu diare. Jika diare yang kamu alami tak kunjung membaik, sebaiknya gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What Common Foods Can Cause Diarrhea?
Very Well Health. Diakses pada 2021. 5 Foods That Can Cause Diarrhea.