• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan bersama Keluarga
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan bersama Keluarga

8 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan bersama Keluarga

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 September 2022

“Olahraga bersama keluarga punya manfaat kesehatan fisik dan mental. Pilihan olahraga yang bisa dipilih contohnya bersepeda, hiking atau sekedar berjalan santai.”

8 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan bersama Keluarga8 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan bersama Keluarga

Halodoc, Jakarta – Olahraga bersama keluarga bisa memberikan banyak benefit.Beberapa di antaranya mempererat ikatan, mengembangkan kemampuan berinteraksi sosial, serta keterampilan mengelola emosi. 

Jenis olahraga yang bisa dilakukan bersama juga beragam. Badminton misalnya, kamu bisa bermain bersama kakak, adik, ayah atau ibu secara berganti-gantian. Lewat olahraga ini, kamu bisa membakar kalori dan meningkatkan mobilitas bersama-sama.

Olahraga yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga

1. Catur

Siapa bilang olahraga harus selalu berkeringat? Catur bisa menjadi pilihan olahraga tanpa keringat yang bisa kamu coba dengan keluarga. Bisa dibilang, jenis olahraga ini lebih ditujukan untuk melatih otak.

Orang yang sering bermain catur menunjukkan kemampuan memori dan pendengaran lebih baik ketimbang yang tidak. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan mengenali pola visual dengan cepat.  Sama seperti badminton, kamu bisa bermain secara bergantian dengan anggota keluarga lainnya. 

2. Bersepeda

Bersepeda bersama keluarga dapat menjalin komunikasi, mendekatkan hubungan satu sama lain, dan menjadi momen untuk membicarakan hal-hal yang sepertinya sulit untuk didiskusikan di waktu normal. 

Aktivitas fisik di luar ruangan seperti ini dapat membantu kamu dan keluarga untuk meninggalkan gadget sejenak. Bersepeda mampu memberikan kesenangan yang nyata lewat interaksi langsung dengan anggota keluarga lain dan lingkungan sekitar. 

3. Hiking

Jika kamu dan keluarga ingin berolahraga sembari menambah pengalaman baru, maka hiking adalah pilihannya. Ini merupakan cara yang bagus untuk berolahraga dengan  menjelajahi alam. Pilih jalur pendakian yang mudah sesuai kebutuhan keluarga.

4. Bejalan santai

Berjalan santai adalah pilihan yang tepat jika ada anggota keluarga kamu yang tidak ingin olahraga terlalu berat. Selain menyehatkan, aktivitas ini membuka kesempatan agar kamu dan keluarga berbicara satu sama lain. 

Berjalan santai bisa dilakukan di pagi hari atau sore hari di sekitar rumah, taman kota, lapangan atau stadion. 

5. Petak umpet

Bagi keluarga muda, bermain petak umpet bersama anak-anak bisa menjadi aktivitas yang amat menyenangkan. Di era yang serba teknologi, anak-anak umumnya lebih terpaku bermain gadget. Nah, dengan cara ini, orang tua bisa mengenalkan anak tentang permainan tradisional.

6. Menari

Menari adalah aktivitas aerobik yang menyenangkan sekaligus baik untuk kesehatan. Kamu bisa mengajak anggota keluargamu untuk menari mengikuti alunan lagu. Selain sehat, cara ini juga menyenangkan untuk membakar kalori. 

7. Bermain bola

Permainan bola bola seperti tenis lapangan, tenis meja, basket, sepak bola juga bisa dijadikan ide untuk olahraga bersama keluarga.  Meski permainannya tidak dilakukan dengan jumlah tim yang tepat, kamu tetap bisa latihan menembak, menggiring bola basket, menendang bola bersama keluarga.

8. Outbound

Kegiatan outbound seperti panjat jaring, panjat tiang, penyeberangan jembatan tinggi, flying fox cukup menantang sekaligus seru saat dilakukan bersama keluarga.  Beberapa manfaat dari kegiatan outbound adalah melatih otot, keseimbangan tubuh dan keberanian. Pastikan tinggi dan usia anak mencukupi sebelum melakukan kegiatan ini.  

Punya keluhan kesehatan? Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat. Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mana Medical Associates. Diakses pada 2022. 10 Ways to Exercise As a Family.
WebMD. Diakses pada 2022. 5 Simple, Fun Ideas for Family Fitness.