• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Makanan Sehat yang Dapat Membantu Mencegah Kanker

8 Makanan Sehat yang Dapat Membantu Mencegah Kanker

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Kamu tentu sering dengar pepatah “you are what you eat”, bukan? Pepatah itu memang ada benarnya, karena setiap makanan yang dikonsumsi dapat memengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan. Jika apa yang dimakan sehat dan bergizi seimbang, tentu risiko berbagai penyakit akan bisa berkurang. Begitu pula sebaliknya. Lantas, adakah makanan sehat yang bisa mencegah kanker?

Jawabannya, ada. Namun alih-alih dibilang “mencegah”, ada beberapa makanan sehat yang jika dikonsumsi rutin dan diimbangi dengan gaya hidup sehat lainnya, dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Apa saja makanan yang termasuk? Simak dalam pembahasan setelah ini, ya!

Baca juga: Agung Hercules Kena Kanker Glioblastoma, Ini Penjelasannya

Makanan Sehat Ini Dapat Mencegah Kanker?

Makanan sehat itu ada banyak sekali jenisnya. Namun, untuk mendapatkan manfaat baik dari makanan sehat tersebut, kamu perlu mengonsumsinya secara rutin. Tentunya juga diimbangi dengan penerapan gaya hidup sehat lainnya. 

Nah, berikut beberapa makanan sehat yang dipercaya bisa membantu mencegah kanker:

1.Buah-buahan Tinggi Antioksidan

Menurut American Institute for Cancer Research, antioksidan alami yang terkandung dalam buah-buahan dapat jadi makanan sehat yang bisa menurunkan risiko kanker. Buah-buahan yang dimaksud adalah beri-berian (blueberry, strawberry, raspberry, dan blackberry), jeruk, lemon, apel, cherry, dan anggur.

2.Sayuran Jenis Cruciferous

Sayuran cruciferous seperti brokoli, kubis, dan kembang kol, telah lama diyakini sebagai sayuran sehat antikanker. Alasannya, karena sayuran jenis ini mengandung sulforaphane, yaitu substansi yang dapat mengecilkan ukuran tumor. Selain itu, sayuran berdaun hijau gelap seperti kale, bayam, dan selada, juga bisa menurunkan risiko kanker usus besar. 

Baca juga: 6 Jenis Kanker Paling Populer di Indonesia

3.Rempah-Rempah

Beruntunglah tinggal di Indonesia yang kaya akan rempah-rempah. Selain membuat cita rasa makanan tambah nikmat, rempah-rempah juga punya banyak manfaat bagi kesehatan, lho. Salah satunya adalah menurunkan risiko kanker. Seperti kunyit misalnya, kandungan curcumin di dalamnya bisa mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar. 

4.Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat membantu mencegah kanker karena kandungan baik di dalamnya, seperti antioksidan, flavonoid, polifenol, dan squalane. Kandungan squalene dalam minyak zaitun juga diyakini dapat memberi efek baik bagi kulit, dengan mengurangi melanoma, yaitu zat kanker pada sel pigmen kulit. 

5.Biji Rami (Flaxseed)

Biji rami atau flaxseed juga masuk ke dalam kategori makanan pencegah kanker. Manfaat lain yang bisa didapatkan dari makanan ini adalah mencegah penyebaran sel kanker. 

6.Bawang Putih

Salah satu bumbu inti dalam masakan Indonesia ini memiliki kandungan allicin, yang dapat membantu mencegah kanker. Manfaat ini biasanya dikaitkan dengan kanker prostat dan kanker di bagian pencernaan.

Baca juga: Penting, Begini Cara Mendeteksi Kanker pada Anak Sejak Dini

7.Produk Olahan Susu

Produk olahan susu juga dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Terutama pada olahan susu fermentasi, karena memiliki kandungan asam lemak yang baik bagi tubuh, vitamin, dan linoleic acid.

8.Teh dan Kopi

Minuman sehari-hari masyarakat Indonesia ini juga dapat membantu mencegah kanker, lho. Sebab, kandungan antioksidan dan phytochemical di dalamnya, diyakini bisa menangkal efek buruk radikal bebas. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang hal ini. 

Itulah beberapa makanan yang bisa membantu mencegah kanker. Perlu diingat bahwa sebenarnya tidak ada makanan tertentu yang benar-benar bisa mencegah penyakit ini. Mengonsumsi salah satu jenis makanan tersebut banyak-banyak pun tidak menjamin kamu akan terbebas dari kanker. Sebab, diperlukan keseimbangan gizi dari setiap menu makanan yang dikonsumsi sehari-hari, jika ingin risiko kanker menurun. 

Selain makan makanan sehat, kamu juga perlu menjalankan gaya hidup sehat lainnya, seperti olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan menghindari stres. Kalau merasa ada keluhan kesehatan sekecil apapun, jangan diremehkan, ya. Segera download aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
American Institute for Cancer Research. Diakses pada 2020. Foods That Fight Cancer.
Healthline. Diakses pada 2020. Cancer and Diet.
Help Guide. Diakses pada 2020. Cancer Prevention Diet.