• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Paru-Paru
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Paru-Paru

8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Paru-Paru

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 24 Desember 2021
8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Paru-Paru

“Kesehatan paru-paru perlu dijaga demi kelangsungan hidup. Selain menghindari paparan polusi, makanan sehat juga penting untuk menjaga kesehatan paru-paru. Makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru, di antaranya sayuran bit, tomat, labu, hingga blueberry.”

Halodoc, Jakarta – Menjaga paru-paru tetap sehat sangat penting untuk keberlangsungan hidup. Namun, faktor-faktor lainnya, seperti paparan asap rokok dan polusi lainnya, serta mengonsumsi makanan inflamasi, dapat merusak paru-paru. Terlebih lagi, kondisi umum, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan fibrosis paru, dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang. 

Namun menurut berbagai penelitian, memodifikasi pola makan dapat membantu melindungi kesehatan paru-paru. Bahkan mengurangi kerusakan paru-paru dan gejala penyakit. Untuk menjaga kesehatan paru-paru dalam kondisi prima, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru:

  1. Sayuran Bit

Akar dan sayuran berwarna cerah dari tanaman bit mengandung senyawa yang dapat mengoptimalkan fungsi paru-paru. Tanaman bit kaya akan nitrat, yang terbukti bermanfaat bagi fungsi paru-paru. Nitrat membantu mengendurkan pembuluh darah, mengurangi tekanan darah, dan mengoptimalkan penyerapan oksigen. 

  1. Paprika

Paprika adalah salah satu sumber vitamin C, nutrisi yang larut dalam air yang bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh. Mencukupi asupan vitamin C sangat penting bagi orang yang merokok. Faktanya, karena efek merusak dari asap rokok pada tubuh, disarankan agar perokok mengonsumsi tambahan 35 mg vitamin C per hari. Namun, yang terbaik tentu berhenti merokok dan mulai mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru, seperti paprika. 

  1. Apel

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi apel secara rutin dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Mengonsumsi apel dapat memperlambat penurunan fungsi paru-paru pada mantan perokok. Selain itu, mengonsumsi lima buah apel atau lebih per minggu dapat menjaga fungsi paru-paru lebih baik dan menurunkan risiko terkena COPD.

Jika kamu rajin makan apel, maka risiko asma dan kanker paru-paru juga lebih rendah. Ini mungkin karena tingginya konsentrasi antioksidan dalam apel, termasuk flavonoid dan vitamin C.

  1. Labu

Daging labu yang berwarna cerah mengandung berbagai senyawa tanaman yang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Labu juga sangat kaya akan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Semua zat tersebut memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

  1. Kunyit

Kamu tentu familiar dengan kunyit, karena sering digunakan untuk pengobatan herbal. Kunyit memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Curcumin dalam kunyit merupakan komponen aktif utama yang bermanfaat untuk mendukung fungsi paru-paru. 

  1. Tomat dan Produk Toma

Tomat merupakan salah satu sumber makanan yang kaya likopen, antioksidan karotenoid di dalamnya juga dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Mengonsumsi tomat dan produknya terbukti dapat mengurangi peradangan saluran napas pada pengidap asma. Selain itu, meningkatkan fungsi paru-paru pada pengidap PPOK.

  1. Blueberry

Blueberry sarat dengan nutrisi. Mengkonsumsi blueberry baik untuk sejumlah manfaat kesehatan. Termasuk melindungi dan melestarikan fungsi paru-paru. Blueberry merupakan sumber yang kaya anthocyanin, termasuk malvidin, cyanidin, peonidin, delphinidin, dan petunidin. Antosianin adalah pigmen kuat yang terbukti melindungi jaringan paru-paru dari kerusakan oksidatif.

  1. Teh Hijau

Teh hijau merupakan minuman yang memiliki efek yang baik untuk kesehatan. Epigallocatechin gallate (EGCG) adalah katekin yang terkonsentrasi dalam teh hijau. Zat tersebut memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, serta terbukti menghambat fibrosis paru atau jaringan parut. 

Nah, itulah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Mungkin masih banyak makanan sehat lainnya yang baik untuk fungsi paru-paru. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. The 20 Best Foods for Lung Health
WebMD. Diakses pada 2021. Best and Worst Foods for Lung Health