• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Makanan yang Perlu Dihindari Pengidap Hepatitis

8 Makanan yang Perlu Dihindari Pengidap Hepatitis

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
8 Makanan yang Perlu Dihindari Pengidap Hepatitis

“Penyakit hepatitis bisa menyebar dengan cepat dan bisa berakibat fatal. Mengingat, penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan hati secara permanen. Pengidap hepatitis perlu mengelola penyakit dengan menghindari makanan tertentu. Makanan olahan dan junk food adalah beberapa makanan yang harus dihindari pengidap hepatitis.”

Halodoc, Jakarta – Hepatitis disebabkan oleh virus dan diklasifikasikan menjadi lima jenis yang berbeda, yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E. Hepatitis B, C, dan D terjadi karena kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi. Sedangkan penyebab utama hepatitis A dan E adalah konsumsi air dan makanan yang terkontaminasi. 

Hepatitis bisa menyebar dengan sangat cepat dan bisa berakibat fatal. Penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan hati secara permanen. Maka itu penting bagi pengidap hepatitis untuk mengonsumsi jenis makanan yang tepat. Pola makan harus mencakup makanan yang mudah diterima oleh hati dan menghindari makanan yang bisa menyebabkan hati bekerja lebih keras. 

Baca juga: Inilah Cara Penularan Hepatitis ke Tubuh

Makanan Pantangan Pengidap Hepatitis

Perlu diingat bahwa pola makan yang tidak sehat bisa menyebabkan kerusakan hati. Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak, berlemak, manis, atau berkalori tinggi, berat badan akan bertambah dan lemak akan mulai menumpuk di hati.

Hati yang berlemak berkontribusi mengembangkan sirosis atau jaringan parut hati. Lemak di hati juga bisa mengganggu efektivitas hati yang menargetkan virus hepatitis. Berikut ini makanan yang perlu dihindari pengidap hepatitis:

1. Gandum dan Gluten

Gluten bisa menyebabkan radang. Ketidakmampuan hati untuk mencerna dan memproses gluten dengan baik bisa mengakibatkan peradangan kronis yang menyebabkan sindrom “usus bocor”. Hal ini memungkinkan racun dan organisme patogen menyusup ke dalam darah dan hati. Dampak jangka panjang dari hal ini adalah penyakit hati berlemak, gangguan yang bisa berkembang menjadi penyakit hati lain yang lebih serius.

2. Junk Food

Tubuh tidak mendapatkan sumber nutrisi yang baik dari junk food. Makanan junk food mengandung semua zat yang harus dihindari, termasuk lemak, gula, kalori kosong, bahan kimia, dan zat aditif. 

3. Tepung Putih

Tepung putih yang diputihkan sudah diproses secara kimia. Banyak vitamin dan mineral yang hilang selama proses tersebut (sekitar 78 persen). Ketika kamu mengonsumsi produk yang diubah secara kimiawi, tubuh membutuhkan vitamin dan mineral tambahan untuk memproses dan memanfaatkannya. Sebagai gantinya, cobalah gunakan tepung serbaguna bebas gluten atau tepung gandum utuh bebas gluten. 

Baca juga: Fakta Tentang Penyakit Hepatitis

4. Makanan yang Diolah dengan Minyak Terhidrogenasi

Minyak terhidrogenasi (dimurnikan) adalah produk lain yang sulit ditangani oleh hati. Ini termasuk semua jenis minyak atau lemak yang mengeras saat dingin. Pilihan yang baik adalah minyak biji rami atau minyak zaitun murni. 

5. Makanan Mengandung Susu

Makanan susu atau produk susu sangat sulit dicerna. Pengidap hepatitis lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri usus kecil yang berlebihan dibandingkan orang yang memiliki hati yang sehat. Perlu diketahui, semakin banyak dokter mengakui bahwa produk susu bisa menyebabkan pertumbuhan berlebih bakteri usus kecil yang memperburuk masalah pencernaan pada pengidap hepatitis. 

6. Jus Buah

Minuman ini mengandung gula pekat yang tinggi. Gula adalah pengganggu bagi hati, menekan proses pencernaan, menekan pankreas, dan memberi makanan untuk virus hepatitis C. Jika minum jus, pastikan untuk membuatnya sendiri tanpa pemanis tambahan. Namun akan lebih baik untuk memakan buah secara langsung. 

Baca juga: Pengobatan dan Pencegahan Hepatitis A

7. Makanan Mengandung Pemanis Buatan

Pemanis buatan sangat sulit untuk diproses oleh hati, menambah beban tambahan pada hati. Selain pemanis buatan, sirup jagung fruktosa tidak baik untuk hati, begitu juga dengan gula. Jika kamu memakannya, sebaiknya batasi jumlahnya. 

8. Makanan Olahan

Seperti diketahui, makanan olahan mengandung zat yang tidak alami, pengawet, dan zat yang diolah secara kimia. Tentu saja makanan ini tidak sehat untuk siapapun, apalagi pengidap hepatitis. 

Itulah makanan yang harus dihindari pengidap hepatitis. Masih banyak informasi tentang pola makan sehat yang baik untuk dijalani pengidap hepatitis. Kamu bisa mendiskusikannya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Hepatitis Central. Diakses pada 2021. A Basic Diet for Hepatitis
Med India. Diakses pada 2021. Hepatitis Diet Recommendations – Foods to Eat and Avoid 
Everyday Health. Diakses pada 2021. Tips to Avoid Liver Damage From Hepatitis