• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Manfaat Makan Sayur Pakcoy untuk Kesehatan

8 Manfaat Makan Sayur Pakcoy untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
8 Manfaat Makan Sayur Pakcoy untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat makan sayur pakcoy untuk kesehatan, mulai dari melawan peradangan, mencegah darah tinggi, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan tulang, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.”

Halodoc, Jakarta – Selain renyah dan lezat, pakcoy kaya akan serat, vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang membuatnya menjadi sayur super sehat bila dikonsumsi. Seperti sayuran berdaun hijau gelap lainnya, pakcoy kaya akan antioksidan dan senyawa lain yang membantu meningkatkan kesehatan yang lebih baik.

Salah satu manfaat makan sayur pakcoy adalah dapat membantu dalam hal pencegahan penyakit kanker.  Mengapa begitu? Soalnya pakcoy mengandung senyawa pelawan kanker, seperti vitamin C dan E, beta-karoten, folat, dan selenium. 

Baca juga: 15 Buah dan Sayur yang Lebih Sehat Dimakan dengan Kulitnya

Vitamin C, E, dan beta-karoten adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, dan menurunkan risiko kanker. Selenium dapat membantu memperlambat laju pertumbuhan tumor. Mau tahu lebih banyak manfaat sayur pakcoy untuk kesehatan, baca selengkapnya di sini!

1. Melawan Peradangan

Seperti sayuran berdaun hijau gelap lainnya, pakcoy adalah sumber quercetin flavonoid yang sangat baik. Quercetin dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat membantu mengurangi risiko mengembangkan berbagai masalah kesehatan kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Selain itu, pakcoy juga kaya akan serat, yang menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan dapat membantu mencegah kanker usus besar.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Pakcoy dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung karena mengandung folat dan vitamin B6. Nutrisi ini membantu menghilangkan homosistein dari darah. Terlalu banyak homosistein dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko masalah jantung. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran berdaun hijau dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Baca juga: Ketahui Nutrisi Sayuran Hijau yang Enggak Boleh Dilewatkan

3. Mempromosikan Kesehatan Tulang

Pakcoy kaya akan kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, dan vitamin K, yang semuanya penting untuk menjaga tulang yang kuat dan sehat.

4. Melindungi Kesehatan Mata

Berbicara tentang kesehatan mata, sayuran pertama yang banyak orang pikirkan adalah wortel. Wortel kaya akan beta-karoten yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata seiring bertambahnya usia dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit mata terkait usia. Nah, pakcoy juga mengandung vitamin A dan beta-karoten. Satu porsi pakcoy mengandung lebih dari setengah asupan vitamin A harian yang direkomendasikan.

Baca juga: Berbagai Jenis Kubis dan Manfaatnya Bagi Tubuh

5. Meningkatkan Kesehatan Kekebalan Tubuh

Selenium pada pakcoy dapat membantu berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang sehat, memungkinkan tubuh untuk lebih efektif melawan bakteri dan virus berbahaya.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Pakcoy mengandung vitamin C, yaitu antioksidan yang dikenal untuk melawan radikal bebas. Ini dapat membantu mengurangi risiko kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh matahari, asap, dan polusi. Vitamin C juga berperan dalam produksi kolagen alami tubuh dan dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus dan kerutan.

7. Mendukung Kehamilan Sehat

Selama kehamilan, kebutuhan akan folat mengalami peningkatan. Asupan folat yang tidak mencukupi dapat menyebabkan komplikasi, seperti spina bifida dan anencephaly. Memasukkan sayuran berdaun gelap ke dalam asupan makanan bumil, seperti pakcoy dapat membantu bumil memenuhi kebutuhan folat yang meningkat untuk memastikan kehamilan sehat.

8. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Kalium, kalsium, dan magnesium semuanya ada dalam pakcoy. Kandungan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Menurut sebuah artikel di American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi 4.700 miligram kalium setiap hari dapat menurunkan tekanan darah yang disebabkan oleh asupan natrium yang tinggi.

Bila kamu punya penyakit darah tinggi dan kebetulan obatmu habis, jangan ditunda lagi segera pesan obatmu lewat aplikasi Halodoc! Cukup order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang juga diponselmu!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Bok Choy
Medical News Today. Diakses pada 2021. The health benefits of bok choy