• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Obat Flu Alami untuk Ibu yang Menyusui

8 Obat Flu Alami untuk Ibu yang Menyusui

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
8 Obat Flu Alami untuk Ibu yang Menyusui

"Sebaiknya, ibu menyusui jangan mengonsumsi obat secara sembarangan. Termasuk jika ibu mengalami gangguan kesehatan, seperti flu. Tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsi beberapa jenis obat flu alami yang bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui. Dengan begitu, ibu akan menurunkan risiko efek samping penggunaan obat pada Si Kecil."

Halodoc, Jakarta – Banyak hal yang perlu diperhitungkan saat menjadi ibu. Apalagi jika Si Kecil masih dalam proses menyusui. Sebaiknya, ibu juga jangan sembarangan mengonsumsi obat saat mengalami gangguan kesehatan, seperti flu.

Flu memang menjadi salah satu penyakit yang sangat umum dialami oleh siapa saja. Kondisi ini juga membuat ibu merasa tidak nyaman sehingga membutuhkan pengobatan. Namun, sebelum mengonsumsi obat, tidak ada salahnya ketahui beberapa obat flu alami untuk ibu menyusui yang bisa digunakan.

Baca juga: Sudah Tahu Perbedaan dari Pilek dan Flu? Cari Tahu Di sini!

1. Air Hangat

Minum air hangat ketika flu menyerang adalah salah satu obat alami termudah yang bisa dicoba. Air hangat dapat membuat berbagai gejala tidak enak yang disebabkan oleh flu mereda. Dengan minum air hangat, tenggorokan dan hidung tersumbat dapat menjadi lebih lega. Minumlah air hangat secara rutin selama terserang flu, agar asupan cairan tubuh terpenuhi.

2. Air Jahe

Kandungan gingerol, minyak atsiri, dan antioksidan alami dalam jahe dapat menjadi obat flu alami bagi ibu menyusui, karena dapat meredakan demam dan gejala flu lainnya. Air jahe dapat memunculkan rasa hangat pada tenggorokan yang juga dapat mengatasi hidung tersumbat. Selain itu, kandungan asam amino dan mineral pada air jahe juga bermanfaat untuk melancarkan aliran darah.

3. Teh

Teh hijau dan teh hitam merupakan jenis teh yang baik untuk dikonsumsi ketika ibu menyusui terserang flu. Hal ini karena kedua jenis teh tersebut memiliki kandungan antioksidan theanine, yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Alami Flu, Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengobatinya

4. Bawang Putih

Merupakan salah satu bumbu masak yang pasti ada di dapur, bawang putih juga ternyata bisa menjadi obat flu alami bagi ibu menyusui. Cara menggunakan bawang putih sebagai obat flu alami adalah dengan memakannya mentah-mentah, sebanyak 1 butir saja per hari.

Namun, perlu diketahui bahwa bawang putih juga dapat memberi efek negatif pada tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Selain itu, pada beberapa orang, mengonsumsi bawang putih mentah dapat menyebabkan sakit perut dan pusing.

5. Madu

Telah lama dikenal sebagai obat dari berbagai macam penyakit, madu juga bisa menjadi salah satu pilihan obat flu alami untuk ibu menyusui. Konsumsilah 1–2 sendok madu setiap pagi, atau campurkan dalam teh hangat. Selain meredakan gejala flu, madu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melancarkan ASI.

6. Yoghurt

Kandungan probiotik dalam yoghurt bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memperlancar ASI. Namun, makanan berperisa asam ini juga ternyata bisa menjadi obat flu alami untuk ibu menyusui, lho.

7. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Konsumsilah jeruk agar kebutuhan vitamin C dapat terpenuhi dengan baik. Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang bisa membantu kamu meningkatkan imun tubuh sehingga menurunkan gejala flu dan kesehatan dapat pulih dengan optimal.

8. Brokoli

Brokoli menjadi jenis sayuran yang sangat baik dikonsumsi saat ibu mengalami gangguan kesehatan, seperti flu. Kandungan vitamin C dan E dalam brokoli bisa membantu ibu meningkatkan imun tubuh. Kamu bisa mengonsumsi brokoli yang direbus atau dibuat olahan sup untuk membuat tubuh menjadi lebih segar.

Baca juga: Ini 7 Cara Mengatasi Gejala Awal Flu

Itulah beberapa obat flu alami untuk ibu menyusui. Perlu diketahui bahwa flu umumnya dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, jika gejala flu tidak membaik dalam beberapa hari, tidak ada salahnya gunakan Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter mengenai obat flu yang cocok digunakan oleh ibu menyusui.

Tidak perlu repot, kamu bisa gunakan Halodoc dan beli obat di apotek dari rumah. Obat yang dibeli akan diantar dalam waktu sekitar 60 menit. Mudahkan? Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
NHS Choices UK. Diakses pada 2019. Can I take cough and cold remedies while I'm breastfeeding?
Livestrong. Diakses pada 2019. Natural Cold Remedies While Breastfeeding.
Web MD. Diakses pada 2021. 10 Food To Eat When You Have The Flu.
Healthline. Diakses pada 2021. Flu Diet: 9 Foods to Eat When You Have The Flu and 4 Things to Avoid.