• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Olahraga yang Cocok Mengatasi Stres pada Lansia

8 Olahraga yang Cocok Mengatasi Stres pada Lansia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Penuaan tak bisa jadi alasan untuk mengurangi semangat dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. Terlebih, di usia senja, risiko berbagai penyakit fisik maupun mental, dapat meningkat. Oleh karena itu, lansia perlu melakukan olahraga rutin untuk mengatasi stres dan tetap bugar.

Ya, selain menyehatkan secara fisik, olahraga juga dapat mengatasi stres dan mencegah gangguan kesehatan mental. Namun, olahraga apa saja yang cocok dilakukan oleh lansia untuk mengatasi stres? Yuk, simak ulasannya!

Baca juga: Saat Dilanda Stres Berat, Tubuh akan Mengalami Hal Ini

Pilihan Olahraga untuk Mengatasi Stres pada Lansia

Agar tetap bugar dan terhindar dari stres, lansia perlu rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap harinya. Namun, tidak semua jenis olahraga cocok untuk lansia. Berikut ini beberapa pilihan olahraga yang direkomendasikan:

1.Jalan Santai

Meski sederhana, jalan santai merupakan olahraga yang bermanfaat untuk lansia. Selain meningkatkan stamina dan menyehatkan jantung, jalan santai juga dapat mengatasi stres. Terlebih jika dilakukan di taman, sembari menghirup udara segar. Namun, jalan santai bisa dilakukan di mana saja, kok.

2.Bersepeda

Bersepeda juga menjadi salah satu pilihan olahraga yang cocok untuk lansia. Selain dapat mengatasi stres, bersepeda juga dapat meningkatkan kekuatan tulang dan sendi, serta memelihara kesehatan jantung lansia. Namun, pastikan gunakan pelindung dan atur sadel serta pegangan agar sesuai dengan postur tubuh, ya. 

3.Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang minim risiko cedera, sehingga cocok untuk dilakukan oleh lansia yang ingin mengatasi stres dan tetap bugar. Olahraga ini juga dapat melancarkan sirkulasi darah, menyehatkan jantung, serta meningkatkan kekuatan otot dan sendi.

Baca juga: Jangan Sepelekan Stres, Ini Cara Mengatasinya

4.Latihan Keseimbangan

Seiring bertambahnya usia, keseimbangan dapat menurun sehingga risiko cedera karena terjatuh pun meningkat. Oleh karena itu, lansia perlu melakukan latihan keseimbangan, agar bisa beraktivitas dengan aman. Latihan ini dapat dilakukan dengan berjalan jinjit atau berdiri di atas satu kaki.

5.Yoga

Bicara soal olahraga yang mampu mengatasi stres, tentu yoga perlu dimasukkan ke dalam daftar. Olahraga ini dapat melatih fokus pikiran dan pernapasan, sehingga membuat lansia jadi lebih rileks dan stres pun mereda. 

6.Pilates

Meski lebih populer di kalangan anak muda, saat ini beberapa kelas pilates juga menyediakan program latihan khusus untuk lansia, lho. Bukan tanpa alasan, karena olahraga ini bermanfaat tak hanya untuk mengatasi stres, tetapi juga meningkatkan keseimbangan tubuh, serta kekuatan otot. 

7.Tai Chi

Olahraga yang berasal dari Tiongkok ini jua cocok dilakukan untuk mengatasi stres pada lansia. Gerakannya sekilas mirip dengan senam biasa, tetapi ritmenya lebih lambat. Selain mengatasi stres, tai chi juga bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan dan keseimbangan tubuh. 

Baca juga: Stres Dapat Menyebabkan Makan Berlebihan, Ini Cara Mencegahnya

8.Dansa

Olahraga yang diiringi dengan musik selalu ampuh mengatasi stres. Itulah sebabnya, dansa menjadi salah satu olahraga yang cocok untuk lansia. Selain menyenangkan dan mengusir stres, berdansa dapat meningkatkan kebugaran dan keseimbangan tubuh. 

Itulah beberapa pilihan olahraga yang cocok untuk mengatasi stres pada lansia. Agar tetap aman, sebaiknya lakukan olahraga dengan didampingi oleh anggota keluarga atau pelatih profesional. Terlebih jika lansia memiliki masalah kesehatan tertentu. 

Ada baiknya juga sebelum memilih jenis olahraga, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter dapat menyarankan jenis olahraga terbaik yang dapat dilakukan oleh lansia, sesuai kondisi kesehatannya. Pastikan juga untuk tidak memaksakan diri saat berolahraga dan minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. How Much Physical Activity Do Older Adults Need?
NHS Choices UK. Diakses pada 2021. Physical Activity Guidelines for Older Adults.
Medline Plus. Diakses pada 2021. Exercise for Older Adults.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2021. Exercise after age 70.
Everyday Health. Diakses pada 2021. Study Shows Tai Chi and Dance Benefits the Brain in Older Adults.
Healthline. Diakses pada 2021. 11 Balance Exercise for Seniors.
Healthline. Diakses pada 2021. What Are the Top 12 Benefits of Swimming?
Verywell Fit. Diakses pada 2021. Is Pilates Good Exercise for Seniors?