19 February 2019

Ini 8 Perawatan Gigi yang Ditanggung BPJS

Ini 8 Perawatan Gigi yang Ditanggung BPJS

Halodoc, Jakarta - BPJS Kesehatan adalah salah satu program pemerintah yang memberikan banyak manfaat. Asuransi Kesehatan dari negara ini dapat memberi jaminan kesehatan bagi warganya untuk pengobatan yang murah bahkan gratis. Selain itu, banyak pengobatan dan perawatan yang dapat diklaim oleh banyak orang, salah satunya adalah perawatan gigi.

Perawatan gigi di rumah sakit tanpa menggunakan BPJS Kesehatan pasti membutuhkan dana yang tidak sedikit. Selain itu, kesehatan gigi dan gusi itu memang harus mendapatkan perhatian khusus. Sebab, bagian dari mulut tersebut mempunyai peran aktif dalam kegiatan sehari-hari, salah satunya mengunyah makanan. Pun, gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat memengaruhi penampilan.

Menurut peraturan BPJS Kesehatan nomor 1 Tahun 2014 Pasal 52 ayat 1, perawatan gigi yang dapat dijaminkan oleh BPJS Kesehatan adalah administrasi pelayanan. Layanan tersebut terdiri dari biaya pendaftaran seseorang dan biaya administrasi lainnya yang mungkin timbul selama proses perawatan gigi yang dilakukan oleh seorang peserta BPJS.

Baca Juga : 5 Tips Cara Atasi Masalah Gigi Sensitif

Beberapa perawatan gigi yang ditanggung BPJS adalah:

  1. Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis yang berhubungan dengan kesehatan gigi di rekanan BPJS Kesehatan.

  2. Pramedikasi, yaitu pemberian obat yang dilakukan sebelum dilakukan anesthesia atau pembiusan untuk melakukan operasi.

  3. Kegawatdaruratan oro-dental.

  4. Pencabutan untuk gigi sulung dan gigi permanen yang mudah dilakukan.

  5. Pengobatan pasca ekstraksi.

  6. Tambalan GIC, yaitu tambal gigi menggunakan Semen IC/Glaslonomer Cement.

  7. Tumpat komposit, yaitu tambal gigi komposit menggunakan bahan yang warnanya serupa, terbuat dari resin komposit dan proses pengerasannya menggunakan sinar light cure.

  8. Pembersihan karang gigi (scaling)

Selain itu, terdapat layanan tambahan untuk seseorang yang melakukan perawatan gigi menggunakan BPJS Kesehatan, yaitu pemasangan gigi palsu. Dikarenakan hanya layanan tambahan, maka terdapat batas yang dapat diklaim oleh orang yang ingin melakukan pemasangan gigi palsu. Dengan adanya batas tersebut, maka dana yang digunakan dalam bentuk subsidi.

Baca Juga : Perlu Tahu Bahayanya Radang Gusi pada Gigi

Besaran subsidi yang diberikan untuk seseorang yang ingin melakukan pemasangan gigi palsu adalah:

  • Untuk pemasangan 1 hingga 8 gigi palsu, maka subsidi yang diterima adalah Rp 250.000 per rahang.

  • Untuk pemasangan 1 rahang sekaligus, maka subsidi yang diterima adalah Rp 500.000.

  • Untuk pemasangan 2 rahang sekaligus, maka subsidi yang diterima adalah Rp 1.000.000.

Setelah mengetahui apa saja yang dapat diklaim dengan menggunakan BPJS Kesehatan, berikut adalah langkah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan layanan perawatan gigi adalah:

  1. Mendatangi Fasilitas Kesehatan Pertama

Untuk dapat melakukan perawatan gigi, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendatangi fasilitas kesehatan (faskes) pertama. Setelah itu, kamu akan mendapatkan layanan untuk perawatan gigi berupa perawatan, pengobatan, hingga konsultasi dokter. Apabila faskes tersebut tidak mempunyai layanan untuk mengatasi masalah yang kamu miliki, rujukan akan diberikan ke rumah sakit atau dokter spesialis gigi terdekat yang lebih lengkap.

  1. Perawatan Lanjutan

Apabila ternyata kamu membutuhkan perawatan lanjutan, kamu membutuhkan rujukan yang diberikan dari dokter di faskes tersebut untuk dapat mendatangi rumah sakit. Surat rujukan, kartu identitas, serta kartu BPJS Kesehatan harus dibawa serta. Langkah yang dilakukan di sana sama seperti pada faskes, yaitu melakukan pendaftaran dan menunggu giliran untuk dilakukan pemeriksaan. Terakhir, pastikan menandatangani bukti pelayanan yang disediakan apabila sudah menerima pelayanan.

Baca Juga :  Miliki Gigi Sehat dengan Konsumsi 4 Makanan Berikut

Itulah perawatan gigi yang dapat ditanggung oleh BPJS. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal kesehatan gigi atau kesehatan lainnya, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter bisa dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa beli obat di Halodoc. Praktis tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantarkan sampai tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!