• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Perawatan untuk Mencegah Jerawat Batu di Pipi

8 Perawatan untuk Mencegah Jerawat Batu di Pipi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
8 Perawatan untuk Mencegah Jerawat Batu di Pipi

“Selama masa pandemi, kita semua dianjurkan untuk menggunakan masker demi mencegah penularan virus corona. Namun, hal itu bisa menyebabkan munculnya jerawat batu di pipi. Tidak hanya bisa mengganggu penampilan, jerawat batu juga menimbulkan rasa nyeri atau gatal. Untungnya ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat batu di pipi.”

Halodoc, Jakarta – Salah satu hal yang sering dikeluhkan banyak orang selama masa pandemi ini adalah wajah yang mudah berjerawat akibat penggunaan masker. Ya, menggunakan masker memang bisa membuat bakteri terperangkap di wajah, sehingga akhirnya menyebabkan munculnya jerawat. Apalagi bila wajah kamu dalam kondisi berminyak dan kotor.

Jerawat akibat penggunaan masker paling sering muncul di pipi. Bila jerawat yang muncul adalah jerawat biasa, hal itu mungkin masih bisa diatasi dengan mudah. Namun, bagaimana bila yang muncul jerawat batu? 

Jerawat batu tidak hanya bisa mengganggu penampilan, tapi juga menimbulkan rasa nyeri atau gatal. Jenis jerawat ini juga lebih sulit dihilangkan. Bila pecah, infeksi bisa menyebar dan menyebabkan lebih banyak jerawat. Oleh karena itu, jangan sampai jenis jerawat ini muncul. Ketahui perawatan untuk mencegah jerawat batu di pipi di sini.

Baca juga: Perlu Tahu, Jenis Jerawat Batu Genetis

Mengenal Jerawat Batu

Jerawat batu adalah jenis jerawat yang paling serius. Masalah kulit ini terjadi ketika infeksi bakteri masuk jauh ke dalam kulit dan menciptakan benjolan yang penuh dengan nanah.

Tidak hanya menjadi jenis yang paling serius, jerawat batu juga cenderung berukuran paling besar dan bisa tertanam jauh di dalam kulit. Sementara jenis jerawat yang lain biasanya hanya muncul di atas permukaan kulit.

Jerawat batu sekilas mirip dengan bisul pada kulit. Jenis jerawat ini juga memiliki ciri-ciri khas antara lain:

  • Berupa benjolan besar berwarna putih.
  • Terdapat kista besar berisi nanah.
  • Kemerahan.
  • Lembut dan terasa nyeri saat disentuh.

Meskipun paling sering muncul di wajah, jerawat batu juga bisa muncul di leher, dada, punggung dan lengan. Bahkan jerawat ini juga bisa berkembang di bahu dan di belakang telinga.

Apa Penyebabnya?

Penyebab pasti jerawat batu tidak diketahui. Namun, hormon yang disebut androgen dipercaya berperan besar dalam munculnya jerawat ini. Itulah mengapa jerawat batu lebih sering dialami oleh anak remaja, karena kadar androgen meningkat pada masa remaja.

Selain itu, hal-hal lain yang juga bisa menyebabkan jerawat, antara lain:

  • Siklus menstruasi wanita.
  • Kehamilan.
  • Menopause.
  • Sindrom ovarium polikistik.
  • Obat-obatan tertentu.
  • Beberapa produk kulit.
  • Pakaian yang terlalu ketat.
  • Keringat yang berlebihan.

Baca juga: Apa Penyebab Jerawat yang Membandel di Wajah?

Tips Merawat Kulit untuk Mencegah Jerawat Batu

Merawat kulit adalah cara terbaik membantu mencegah jerawat batu di pipi. Berikut ini perawatan yang bisa kamu lakukan:

  1. Cuci Muka Dua Kali Sehari dan Saat Berkeringat

Selain pada pagi dan malam hari, cucilah wajah kamu saat berkeringat, seperti sehabis berolahraga, untuk menghilangkan minyak dan bakteri. Gunakanlah pembersih berbahan ringan yang bisa menghilangkan kotoran dan minyak berlebih, lalu, bilas dengan menggunakan air hangat.

  1. Hindari Menggunakan Scrub

Penggunaan scrub bisa mengiritasi jerawat yang meradang dan memperburuknya. Hindari juga menggunakan produk yang mengiritasi, seperti exfoliant.

  1. Jangan Menyentuh Wajah

Sering menyentuh wajah bisa membuat bakteri dari tangan berpindah ke wajah yang kemudian bisa menyebabkan jerawat. Bahkan menyentuh jerawat yang ringan saja bisa menyebabkan jerawat batu. Jadi, hindari menyentuh wajah sebisa mungkin.

  1. Pilih Produk Makeup Berlabel Non-comedogenic dan Oil Free

Produk dengan label tersebut cenderung tidak menyumbat pori-pori.

  1. Jangan Pernah Tidur Tanpa Membersihkan Makeup

Tahukah kamu, makeup yang kamu kenakan bukan hanya sudah bercampur keringat dan minyak wajah, tapi juga debu dan polusi yang bisa menyumbat pori-pori kamu. Bila dibiarkan saja selama tidur, hal itu bisa menyebabkan jerawat, bahkan merusak kulit.

  1. Gunakan Tabir Surya

Pakailah tabir surya setiap hari untuk membantu mencegah sengatan matahari yang bisa merusak kulit kamu. Pilihlah tabir surya bebas minyak yang tidak menyumbat pori-pori.

  1. Cobalah untuk Rileks

Stres bisa membuat tubuh melepaskan lebih banyak hormon yang bisa memperburuk jerawat. Jadi, cobalah temukan cara untuk mengurangi stres.

  1. Jaga Pola Hidup Sehat

Sebaiknya rutin berolahraga dan tidur yang cukup. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa diet rendah glikemik yang membatasi asupan gula bisa membantu meredakan jerawat.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Tanpa Bekas

Itulah perawatan untuk mencegah jerawat batu di pipi. Untuk mengatasi jerawat yang sudah terlanjur muncul di wajah, kamu bisa menggunakan obat jerawat yang dijual bebas. Kamu bisa membeli obat jerawat dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Jadi, tidak perlu keluar rumah, tinggal order saja lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di App Store dan Google Play.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Cystic Acne.
Healthline. Diakses pada 2021. What Is Cystic Acne and How Is It Treated?