• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Ampuh Move On dari Mantan Kekasih

Tips Ampuh Move On dari Mantan Kekasih

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Putus cinta bisa dialami siapa saja yang sedang menjalani hubungan asmara. Namun terkadang, proses penyembuhan diri akibat patah hati itu tidaklah mudah. Ada saat kamu merasa bersedih dan merasa sulit menjalani hidup atau sering disebut gagal move on. Hal ini wajar tejadi, tapi sebaiknya tidak dibiarkan berlarut.

Pasalnya, penyesalan dan rasa bersalah akibat kandasnya hubungan yang dibiarkan begitu saja malah bisa memengaruhi kesehatan dan kestabilan emosi. Bukan tidak mungkin kesedihan yang berlarut-larut ini bisa berubah menjadi depresi berkepanjangan. Melepaskan dan menyadari bahwa semua sudah berakhir adalah hal paling tepat. Meski praktik tidak semudah bicara, setidaknya ada beberapa tips move on yang bisa kamu coba. Apa saja? Berikut ulasannya!

Baca juga: Hubungan Asmara Juga Butuh Ilmu Psikologi

Tips Berdamai dengan Masa Lalu...

Merasa sedih dan kehilangan setelah putus dengan pasangan adalah hal yang wajar. Namun perlu diketahui, kamu tetap harus mencintai diri sendiri dan hindari berlarut dalam rasa sedih yang menyiksa. Ada beberapa tips yang bisa dicoba agar proses move on bisa lebih cepat, di antaranya:

  1. Singkirkan Kenangan

Mulai singkirkan segala hal yang berhubungan dengan mantan kekasih. Bukan karena kamu tidak bisa menerima kenyataan karena sudah berpisah, tetapi ini cara termudah agar kamu bisa cepat melupakan kenangan bersama si dia. Berhenti menyiksa diri dengan penyesalan dan ingatan tentang hal-hal yang pernah dilalui. Hidup harus terus berjalan. Kamu juga bisa meringankan proses move on dengan membuang barang-barang yang berkaitan dengan masa lalu.

  1. Putuskan Komunikasi

Move on tidak akan pernah berhasil jika kamu masih selalu berusaha mencari tahu tentang hidup si dia, misalnya melalui sosial media alias sosmed. Tak ada salahnya untuk menghapus koneksi media sosial atau chat pribadi. Ini cara paling mudah untuk cepat move on. Selain itu, sebaiknya hindari menghubungi mantan kekasih kembali sekalipun kamu sudah merasa baik-baik saja. Kalian sudah selesai dan hal itu harus dipahami.

Baca juga: 6 Kesalahan Pasangan di Media Sosial

  1. Waktu Berkualitas

Proses move on dari mantan kekasih bisa sukses salah satunya dengan mengisi waktu secara berkualitas. Lakukan hal-hal yang membuat perasaan senang atau habiskan waktu bersama orang-orang tersayang, seperti orangtua, keluarga, atau sahabat. Kamu juga bisa mengisi waktu dengan melakukan hobi dan bermain dengan hewan peliharaan. Hal ini penting agar diri bisa “beristirahat” serta bisa diisi dengan mengenali diri sendiri dan apa saja yang disukai.

  1. Love Yourself

Hubungan asmara yang kandas bisa disebabkan banyak hal. Jangan menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi pada hubunganmu dan mantan. Kamu tidak perlu merasa bersalah, tetapi sebaliknya katakan pada diri sendiri bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik dalam sebuah hubungan ini. Katakan pada diri sendiri bahwa kamu bisa mendapatkan orang lain yang lebih baik. Dan sebelum kamu mulai mencintai orang lain, mulailah mencintai diri sendiri.

  1. Pergi Liburan

Cari tiket pesawat dan pesan hotel, kemudian lakukan perjalanan liburan yang menyenangkan sendiri. Buat rencana perjalanan sendiri dan nikmati waktu untuk self healing jauh dari rutinitas sehari-hari. Kamu akan fokus dengan cara untuk menikmati keindahan destinasi wisata dan melupakan rasa sedih karena patah hati.

Baca juga: 5 Hal Ini Baik untuk Pasangan yang Bertengkar

Ingat untuk selalu membuat diri kamu bahagia agar bisa melewati kesedihan karena putus cinta. Jika kamu butuh bicara dengan dokter mengenai kondisi emosional, bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Ada banyak dokter pilihan yang bisa kamu ajak bicara dan mintai saran seputar kondisi psikologis kamu. Melalui Video/Voice Call dan Chat kamu bisa kapan dan di mana saja bicara langsung dengan dokter Halodoc. Yuk, download aplikasinya di App Store dan Google App sekarang!

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. 5 Ways to Move on From an Ex You Still Love.
Relate UK. Diakses pada 2020. Moving on when you’re still in love with your ex.
Everyday Health. Diakses pada 2020. Get Over It! It’s Time To Let Go Of Your Ex Boyfriend.