• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Tips Mudah untuk Membangun Keluarga Harmonis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Tips Mudah untuk Membangun Keluarga Harmonis

8 Tips Mudah untuk Membangun Keluarga Harmonis

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Mei 2022

“Membangun keluarga harmonis sebenarnya mudah. Bisa dimulai dengan berbagi cerita, hingga menghabiskan waktu bersama.”

8 Tips Mudah untuk Membangun Keluarga Harmonis

Halodoc, Jakarta – Ada banyak hal yang diperlukan untuk membangun keluarga harmonis dan bahagia. Kebanyakan di antaranya sebenarnya adalah hal yang mudah, kok.  

Kunci utamanya adalah komunikasi dan meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan bersama. Setidaknya sekadar sarapan bersama setiap pagi. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak!

Tips Membangun Keluarga Harmonis

Bahkan di tengah banyaknya kesibukan, membangun keluarga harmonis bukanlah hal yang mustahil. Berikut ini tipsnya:

  1. Berbagi Hubungan Emosional

Anggota keluarga yang bahagia biasanya saling berbagi hubungan emosional yang mendalam. Mereka merasa dicintai, diperhatikan, dan dipahami satu sama lain. 

Mereka menyadari kekuatan dan keterbatasan satu sama lain dan selalu ada untuk memberikan dorongan dan dukungan. Mereka berkomunikasi lebih banyak, yang memungkinkan anggota keluarga untuk menafsirkan isyarat dan perilaku nonverbal satu sama lain dengan sangat baik. 

  1. Lakukan Aktivitas Bersama

Untuk membangun keluarga yang harmonis, penting untuk menghabiskan waktu bersama yang menyenangkan. Ini dapat menciptakan pengalaman positif dan kenangan indah. 

  1. Tukar Cerita

Ketika anak-anak pulang, tanyakan kepada mereka apa yang terjadi di sekolah dan berceritalah juga pada mereka mengenai aktivitas harianmu. Begitu pula dengan pasangan dan anggota keluarga yang lain.

Hal ini dapat memberi anggota keluarga sesuatu untuk dinanti-nantikan. Ini juga bisa membuat kamu dan anggota keluarga lain jadi lebih mengenal satu sama lain, dan saling menguatkan.

  1. Batasi Screen Time

Meski teknologi telah membuat hidup jadi lebih mudah, ini bisa membuat terlena dan hanyut dalam dunia sendiri. Jadi, jika ingin ikatan dalam keluarga menjadi kuat dan harmonis, batasilah screen time atau penggunaan gadget. Setidaknya saat sedang menghabiskan waktu bersama keluarga.

  1. Mengambil Keputusan Kolektif

Melibatkan semua orang, termasuk anak-anak, dalam proses pengambilan keputusan sangat membantu dalam membangun keluarga yang harmonis dan bahagia. 

Ketika anak-anak tahu bahwa keinginan dan pendapat mereka dihormati dan dipertimbangkan, harga diri dan rasa komitmen mereka terhadap keluarga, akan terbangun. Mengambil keputusan bersama juga menciptakan rasa memiliki di antara anggota keluarga.

  1. Nikmati Liburan Keluarga

Liburan adalah waktu terbaik untuk berkumpul dan bersenang-senang. Keluarga yang menikmati liburan bersama biasanya lebih bahagia dan dekat daripada yang lain. 

Sebab, liburan dapat menciptakan momen indah dan menyenangkan yang bisa dikenang hingga akhir hayat. Bepergian bersama juga merupakan cara yang bagus untuk menjalin ikatan dan saling mengenal kekuatan dan kelemahan satu sama lain.

  1. Tetap Bersama Melalui Masa-Masa Sulit

Bukan berarti bahwa kemalangan harus menimpa semua anggota keluarga pada saat yang bersamaan. Bisa jadi salah satu anggota keluarga sedang stres dan mengalami masa sulit. 

Selama masa-masa seperti itu, keluarga sebaiknya hadir untuk memberikan dukungan dan bantuan. Selain bisa membangun keluarga yang harmonis, hal ini juga bisa membuat sebuah keluarga tangguh secara emosional.

  1. Makan Bersama

Meski sederhana, duduk dan makan bersama dapat memberikan kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama dan menjalin ikatan yang kuat. Ini juga membantu mengembangkan kebiasaan makan yang baik, terutama pada anak-anak.

Nah, itulah beberapa tips untuk membangun keluarga yang harmonis. Keluarga yang bahagia adalah kunci untuk membesarkan anak-anak yang bahagia dan kuat menghadapi berbagai tantangan dalam hidup. 

Setelah mengetahui tips-tips tadi, lanjutkan dan tanamkan kebiasaan tersebut di rumah, ya. Jika kamu atau anggota keluarga ada yang mengalami masalah kesehatan, segera download Halodoc untuk berbicara pada dokter kapan saja.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. 15 Secrets of Happy Families.
Fatherly. Diakses pada 2022.  How To Raise A Happy, Successful Family According To Science.
Parent Circle. Diakses pada 2022.  Want To Know The Secret To a Happy Family? Here Are 9 Habits That Can Help You Build a Happy Family.
Reader’s Digest. Diakses pada 2022. 17 Secrets of the Happiest Families.