8 Tips Supaya Lebih Konsisten Olahraga

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Konsisten Olahraga,olahraga

Halodoc, Jakarta – Kamu tentu menyadari bahwa sesungguhnya berolahraga itu penting. Namun, memang memotivasi diri untuk konsisten berolahraga sangatlah sulit dan berat dilakukan. Cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah terus memotivasi diri dengan membiasakan diri dengan jadwal olahraga rutin.

Ketika kamu berpikir bahwa kamu akan berolahraga mulai besok hari, kamu perlu untuk keluar dan melakukannya saat itu juga. Berikut tips agar lebih konsisten olahraga:

1. Niatkan Tujuan yang Realistis

Jangan terlalu menaruh target yang tinggi, misalnya berat badan turun 10 kilogram dalam 1 bulan. Mungkin itu susah dan mustahil dilakukan saat kamu baru saja memulai untuk konsisten berolahraga. Jangan pula memaksakan diri untuk berolahraga selama 1 jam per hari. Sebaiknya buatlah tujuan yang lebih masuk akal dan terjangkau oleh kemampuan kamu, seperti berolahraga 2 sampai 3 kali seminggu selama 20-30 menit.

2. Update Kemajuan

Buatlah catatan olahraga kamu, bisa dalam jurnal online maupun dalam sebuah buku catatan. Melihat kemajuan seperti berlari lebih cepat, melakukan pengulangan lebih banyak, atau pun peningkatan intensitas dalam olahraga, dapat membuat kamu semakin ingin melanjutkannya.

3. Fokus pada Diri Kamu Sendiri

Tentu akan selalu ada seseorang yang lebih bugar, cepat, atau fleksibel dibanding kamu. Jangan bandingkan diri kamu dengan mereka. Jangan biarkan mereka menghalangi kamu dari tujuan utama. Waktu olahraga kamu adalah untuk kamu dan tentang kamu.

4. Cari Komunitas Penyemangat

Carilah orang-orang, baik teman, keluarga, pasangan, rekan kerja, tetangga, bahkan komunitas, yang akan menyemangati kamu untuk terus maju. Minta mereka untuk terus melakukan olahraga, bahkan lakukan olahraga secara Bersama-sama.

5. Cari Hal yang Menyenangkan

Apabila kamu masih tidak termotivasi, mungkin kamu bisa melakukan aktivitas yang salah. Mungkin dulu kamu menyukainya, tetapi sekarang menjadi membosankan. Pilihlah aktivitas yang paling kamu senangi, dan olahraga akan menjadi sesuai dengan yang kamu tunggu-tunggu. Ingatlah, bahwa olahraga tidak harus selalu di gym. Kamu bisa saja pergi mendaki gunung atau berenang, bahkan mengikuti kelas dance.

6. Mulai dari Waktu yang Paling Sebentar

Paksalah diri kamu untuk melakukan olahraga, mulai dari waktu yang paling sebentar yang kamu sanggupi. Misalnya 5 atau 7 menit. Setelah selesai, ukurlah diri apakah masih kuat  untuk lanjut. Jika tidak, kamu dapat melakukannya beberapa sesi kecil sepanjang hari. Lebih baik sebentar tapi konsisten daripada lama tetapi jarang.

7. Fleksibel dengan Waktu

Ketika kamu terlalu sibuk, jangan habiskan 30 menit untuk bermacet-macet di jalan menuju gym. Gunakan video latihan di YouTube dari rumah saja. Jika kamu terlalu lelah untuk olahraga pada malam hari, gunakan alarm kamu untuk bangun dan olahraga lebih pagi.

8. Beri Reward pada Diri Sendiri

Jika diri kamu sudah berhasil melakukan olahraga sesuai tujuan. Berilah penghargaan pada dirimu sendiri, seperti membeli hadiah baju, pijatan, lagu baru, video games, atau apa pun yang kamu senangi.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya konsisten olahraga. Ketika kamu mulai rajin olahraga, rutin berkeringat, serta mulai mendapatkan perasaan puas memperlakukan tubuh dengan baik, otomatis kamu akan sayang jika merusak jerih payah kamu. Apalagi setelah menikmati hasil berat badan turun. Tentu semakin termotivasi untuk konsisten menjalankan kebiasaan olahraga.

Jangan lupa juga untuk selalu mendampingi kegiatan olahraga dengan melakukan diskusi dengan dokter di Halodoc. Olahraga dan pola hidup sehat kamu menjadi semakin terarah jika mendapatkan saran dari dokter di Halodoc. Bertanya pada dokter pun lebih praktis melalui aplikasi Halodoc yang bisa kamu download di Google Play atau App Store. Komunikasi bisa dilakukan via Chat atau Voice Call/Video Call kapan dan di mana pun. Yuk, download aplikasinya sekarang!

Baca juga: