• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Aktivitas Seru bersama Keluarga di Akhir Pekan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Aktivitas Seru bersama Keluarga di Akhir Pekan

9 Aktivitas Seru bersama Keluarga di Akhir Pekan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 Juni 2022

“Menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan menjadi momen yang ditunggu. Ibu bisa mengunjungi kebun binatang, museum, taman hiburan, menonton pertunjukan anak dan berkemah.”

9 Aktivitas Seru bersama Keluarga di Akhir Pekan

Halodoc, Jakarta – Melakukan aktivitas seru bersama keluarga memberi manfaat baik bagi anak. Beberapa di antaranya melatih motorik, keterampilan berpikir dan mengembangkan rasa percaya diri.

Selain itu, bertemu dengan orang baru di tempat bermain juga membantu mengembangkan keterampilan sosial, bahasa dan komunikasinya. Berikut referensi aktivitas seru yang bisa ibu lakukan bersama anak di akhir pekan:

1. Kebun Binatang

Mengunjungi kebun binatang membuat anak banyak belajar mengenai beragam jenis satwa. Dengan bantuan penjelasan dari ibu, informasi ini bisa menjadi pembelajaran anak secara langsung.

Mengunjungi kebun binatang juga dapat membantu anak mengendalikan rasa takut. Ini bisa ibu lakukan dengan mengajak anak memberi makan hewan atau berfoto berdampingan dengan salah satu satwa di sana.

2. Museum

Museum adalah tempat bersejarah yang tak hanya indah, tetapi juga memiliki banyak informasi di dalamnya. Jika ibu bertempat tinggal di Jakarta, ada banyak museum yang bisa dikunjungi bersama anak. Seperti: 

  • Museum Nasional.
  • Museum Sejarah Anak.
  • Museum Wayang Jakarta.
  • Museum Bahari.
  • Museum Gajah.

3. Menonton Pertunjukan Seni

Mengajak anak menonton pertunjukan seni meningkatkan kemampuan berbahasa, empati, kesusastraan, dan toleransi. Ini dapat dipengaruhi oleh emosi pemain yang sampai pada audiens.

4. Taman Hiburan

Memainkan wahana yang memicu adrenalin anak di taman hiburan memberikan banyak manfaat. Di antaranya adalah meningkatkan memampuan berpikir, sistem imunitas tubuh dan menunjang penglihatan anak.

5. Berkemah

Berkemah di alam bebas membuat anak lebih mudah bersosialisasi dengan orang lain di tempat tersebut. Kegiatan baru ini juga dapat meningkatkan rasa percaya dirinya dan lebih aktif secara fisik.

6. Menonton Film

Menonton film jadi aktivitas seru bersama keluarga selanjutnya. Pastikan ibu memilih film yang ramah anak, ya. Film jenis ini memiliki banyak makna positif yang bisa dijadikan pelajaran bagi Si Kecil.

Aktivitas ini juga dapat menambah kosakata anak. Jika ada kata-kata yang kurang baik, di sini peran ibu untuk memberikan pengertian. Dengan begitu, anak bisa menyaring kata-kata apa yang boleh dan tidak untuk ditiru.

7. Hiking

Anak akan menghadapi medan yang menanjak, tidak rata dan pastinya menguras tenaga. Medan yang sulit akan melatih anak tidak cepat putus asa. Hiking juga dapat melatih motorik dan menunjang kesehatan mental anak. 

8. Olahraga di Luar Ruangan

Opsi ini bisa dilakukan jika tidak bepergian ke tempat wisata. Berolahraga di luar ruangan dapat membantu mencegah penyakit musiman, mengatasi rasa bosan dan menunjang kesehatan fisik anak.

Peningkatan kadar serotonin dari matahari memberikan manfaat baik bagi tubuh anak. Di antaranya adalah meningkatkan perasaan bahagia, merangsang perkembangan otak anak dan mengendalikan nafsu makan.

Itulah beberapa aktivitas seru bersama keluarga di akhir pekan. Jika ibu mengalami kendala dalam pelaksanaannya, segera buat janji rumah sakit untuk mengatasi gangguan yang dialami.

Ibu juga bisa mendapatkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola asuh anak dengan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Family Education. Diakses pada 2022. Top 10 Family Weekend Activities.
Parents. Diakses pada 2022. 20 Fun Family Activities to Do at Home.