• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Komplikasi yang Terjadi Jika Terkena Kanker Paru
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Komplikasi yang Terjadi Jika Terkena Kanker Paru

9 Komplikasi yang Terjadi Jika Terkena Kanker Paru

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 16 Maret 2022

“Nyeri dada dan pembekuan darah jadi komplikasi kanker paru yang perlu mendapatkan penanganan dengan tepat. Jika tidak, kehilangan nyawa jadi salah satu komplikasi paling parah yang bisa saja dialami. Lantas, apa saja gejala yang perlu ditangani untuk mencegah komplikasi?”

9 Komplikasi yang Terjadi Jika Terkena Kanker Paru

Halodoc, Jakarta – Melansir dari data yang diterbitkan Global Cancer Observatory (GLOBOCAN pada tahun 2020 lalu, terdapat 2.206.771 kasus baru kanker paru yang terhimpun dari seluruh dunia. Angka tersebut meningkat sebanyak 11.4 % dari data yang disebutkan dua tahun sebelumnya, yaitu pada 2018. 

Sedangkan kasus kematian meningkat 18 %, dengan jumlah total sebanyak 1.796.144 jiwa. Meningkatnya kasus kanker paru perlu mendapat perhatian khusus. Pasalnya tanpa penanganan yang tepat, kanker paru memicu komplikasi serius yang berujung pada kematian.

Gejala yang Perlu Mendapat Penanganan dengan Tepat

Kanker paru ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal pada paru-paru. Penyakit ini menjadi penyebab utama kematian akibat kanker di seluruh dunia. Meski bisa terjadi pada siapa saja, risikonya lebih tinggi dialami oleh perokok aktif. Risikonya semakin meningkat seiring dengan durasi dan jumlah rokok yang dihisap.

Ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai dan ditangani dengan tepat, agar risiko komplikasi dapat diminimalkan. Beberapa gejala tersebut, termasuk:

  1. Batuk yang tidak kunjung hilang atau semakin parah.
  2. Batuk berdarah.
  3. Nyeri dada yang bertambah parah saat bernapas dalam, batuk, atau tertawa.
  4. Suara serak.
  5. Kehilangan selera makan.
  6. Penurunan berat badan.
  7. Sesak napas.
  8. Merasa lelah atau lemah.

Ketika sejumlah gejala dihiraukan begitu saja, perlahan-lahan kondisi tersebut akan menjadi semakin berkembang. Jika sudah begitu, risiko komplikasi kanker paru tidak dapat dihindari. Lantas, apa saja komplikasi kanker paru yang bisa dialami pengidapnya?

Komplikasi Kanker Paru Ini Dapat Membahayakan Nyawa

Disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter saat memiliki sejumlah gejala yang disebutkan sebelumnya. Jika kamu adalah perokok yang susah untuk berhenti, dokter biasanya akan merekomendasikan strategi untuk berhenti merokok. Contohnya seperti konseling, obat-obatan, dan produk pengganti nikotin.

Namun, jika gejala dibiarkan begitu saja, berikut ini sejumlah komplikasi kanker paru yang bisa saja kamu alami:

1. Rasa Sakit

Komplikasi kanker paru yang pertama adalah rasa sakit pada dada. Pengidap akan mengalami nyeri pada tulang rusuk atau otot dada. Dalam kasus yang parah, rasa nyeri juga dapat dialami pada bagian lain tubuh lain, di mana kanker sudah menyebar. Kondisi ini biasanya terjadi pada tahap penyakit yang lebih lanjut.

2. Sesak Napas

Pengidap kanker paru dapat mengalami sesak napas jika kanker tumbuh di saluran udara. Akibatnya, kanker akan memblokir udara saat bernapas. Kanker paru juga dapat menyebabkan penumpukan cairan di sekitar paru-paru, sehingga paru-paru sulit mengembang sepenuhnya saat menarik napas.

3. Efusi Pleura

Kanker paru memicu penyumbatan di rongga pleura, sehingga menyebabkan penumpukan cairan di sekitar paru-paru (disebut efusi pleura). Rongga tersebut terletak di antara lapisan pembungkus paru-paru yang menempel pada dinding rongga dada.

4. Pneumonia

Efusi pleura berpotensi menekan paru-paru, menurunkan fungsi paru-paru, dan meningkatkan risiko pneumonia. Gejala pneumonia termasuk batuk, nyeri dada, dan demam. Kasus pneumonia memiliki konsekuensi yang mengancam jiwa jika tidak diobati.

5. Batuk Berdarah

Pengidap kanker paru bisa mengalami hemoptisis (batuk berdarah) akibat pendarahan di saluran udara. Ciri batuk darah bisa bermacam-macam. Ada yang berwarna merah muda atau merah terang, tapi ada juga yang memiliki tekstur berbusa atau bahkan bercampur dengan lendir.

6. Neuropati

Neuropati adalah kelainan yang memengaruhi saraf, terutama di tangan atau kaki. Kanker paru yang tumbuh di dekat saraf lengan atau bahu berpotensi menekan saraf, menyebabkan rasa sakit dan kelemahan. Gejalanya berupa mati rasa, kelemahan, rasa sakit, dan rasa geli.

7. Komplikasi Jantung

Tumor yang tumbuh di dekat jantung bisa menekan atau menyumbat pembuluh darah dan arteri, sehingga memicu pembengkakan di bagian atas tubuh, seperti dada, leher, dan wajah. Kondisi ini rentan mengganggu irama jantung normal dan menyebabkan penumpukan cairan di sekitar jantung. Jika tidak segera mendapat penanganan, komplikasi ini memicu masalah penglihatan, sakit kepala, pusing, dan kelelahan.

8. Komplikasi Esofagus

Terjadi ketika kanker tumbuh dan menyebar di dekat kerongkongan. Gejalanya berupa kesulitan menelan dan nyeri ketika makanan melewati kerongkongan menuju perut. 

9. Penyebaran Kanker ke Bagian Tubuh Lain

Kanker paru-paru bisa menyebar ke bagian lain dari tubuh, khususnya otak, hati, tulang, dan kelenjar, dikenal sebagai fase metastasis. Gejala yang muncul berbeda-beda, tergantung pada lokasi penyebarannya.

Itulah gejala beserta komplikasi kanker paru yang bisa saja dialami oleh pengidapnya. Sejauh ini tidak ada cara pasti untuk mencegah kanker paru. Namun, kamu dapat menurunkan risikonya dengan melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Berhenti merokok.
  2. Hindari asap rokok.
  3. Perhatikan kesehatan lingkungan rumah dengan baik.
  4. Hindari karsinogen di tempat kerja.
  5. Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang.
  6. Rutin berolahraga.

Jika bingung harus berbuat apa, kamu bisa tanya dokter lewat aplikasi Halodoc terlebih dulu. Download Halodoc sekarang juga jika ingin mendapatkan informasi kesehatan menarik lainnya!

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Lung cancer.
Very Well Health. Diakses pada 2022. Lung Cancer Complications.
Everyday Health. Diakses pada 2022. Lung Cancer: Complications.
Global Cancer Observatory. Diakses pada 2020. Lung cancer.
American Cancer Society. Diakses pada 2022. Signs and Symptoms of Lung Cancer.